Comscore Tracker

Cuma Modal Rp500 Ribu, Millennial Bisa Bangun Usahanya Sendiri

Selamat mencoba!

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang menghantam ekonomi dan bisnis dunia maupun Indonesia, mendorong millennial berlomba-lomba menciptakan peluang baru. Apalagi pandemik juga membuat banyak orang kehilangan pekerjaan.

Namun yang menjadi kendala adalah modal. Banyak kaum millennial muda yang terhambat membangun bisnis mereka hanya karena tidak memiliki modal yang cukup. Padahal, banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan tanpa harus bermodal besar. Bahkan, hanya dengan bermodal Rp500 ribu, siapa saja bisa memulai berbisnis.

1. Bisnis puding kekinian

Cuma Modal Rp500 Ribu, Millennial Bisa Bangun Usahanya SendiriIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak perlu modal yang banyak jika membuat usaha puding kekinian. Apalagi sudah memiliki loyang untuk membuat puding. Jika ingin membuat satu cup besar puding Regal, hanya perlu membeli satu bungkus Marie Regal, satu bungkus agar bening, lima kuning telur, susu kental manis, satu agar swalow cokelat, satu bungkus cokelat bubuk, satu bungkus mentega, dan juga gula.

Berdasarkan penghitungan IDN Times, pengeluarannya hanya sekitar Rp50 ribu untuk membuat satu loyang puding Marie Regal. Apalagi jika dalam satu loyang puding tersebut dibagi ke ukuran yang lebih kecil, sehingga bisa menjual puding lebih banyak dan meraih keuntungan lebih besar.

Baca Juga: Modal hanya Ratusan Ribu, Bisnis Sedotan Bambu ini Raih Omzet Jutaan

2. Face Shield

Cuma Modal Rp500 Ribu, Millennial Bisa Bangun Usahanya SendiriDua orang sedang membantu produksi face shield milik Sugianto, Senin (2/6). (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Face Shield bisa menjadi sektor usaha baru dengan modal murah dan menjanjikan di pandemik COVID-19. Face shield bisa dibeli dengan harga termurah, caranya dengan membandingkan harga di pasaran. Kemudian face shield tersebut bisa dijual kembali, dengan harga yang tetap masuk akal.

Tapi ingat, pastikan bahwa face shield yang bakal dijual lagi memiliki kualitas cukup bagus. Juga harus dipastikan, barang tersebut didapat dari orang yang terpercaya. Dengan modal Rp250 ribu, kamu bisa menjual 10 face shield loh.

3. Masker kain

Cuma Modal Rp500 Ribu, Millennial Bisa Bangun Usahanya SendiriANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Bisnis satu ini juga sama dengan face shield, sama-sama menjanjikan di era pandemik COVID-19. Biasanya masker kain di pasaran dijual sekitar Rp5 ribu per satuan. Jika kamu memiliki modal Rp250 ribu saja, sudah bisa menjadi pengusaha masker kain.

Dengan bermodal Rp250 ribu, kamu bisa mendapat 50 buah masker dan bisa dijual lagi.

4. Minuman jus buah

Cuma Modal Rp500 Ribu, Millennial Bisa Bangun Usahanya SendiriUnsplash/Denis Tuksar

Kamu tidak perlu mengeluarkan model cukup besar untuk menjual jus buah. Dengan bermodal Rp500 ribu, kamu sudah bisa menjadi pengusaha jus buah. Berdasarkan pengalaman Ogie, modal tersebut bisa menjual lima jenis jus buah dengan 50 cup.

Pada zaman sekarang, kamu tidak perlu memiliki toko untuk berjualan. Kamu bisa membawa ice bag agar jus buah kamu tetap dingin.

5. Pulsa

Cuma Modal Rp500 Ribu, Millennial Bisa Bangun Usahanya SendiriIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan modal Rp500 ribu kamu juga sudah bisa menjadi penjual pulsa. Pada awal mula, tidak perlu mengisi saldo yang besar untuk satu operator.

Pilih operator yang paling banyak peminatnya, atau bisa memilih dua operator saja untuk awal memulai bisnis ini. Manfaatkan jaringan pertemanan untuk menjual pulsa agar laris.

Gimana, lumayan menguntungkan melakoni bisnis di atas kan? Selain dibutuhkan modal, menjadi pebisnis pemula juga harus memiliki tekad dan konsistensi. Selama mencoba!

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Sendiri? Pisahkan Dulu Tabungan Bisnis dan Pribadi 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya