TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjaga Rambut dari Risiko Kerusakan, Rawat Dengan Baik!

Rambut bisa mengalami kerusakan jika jarang dirawat

ilustrasi rambut (pexels.com/Creative Vix)

Intinya Sih...

  • Rambut bisa mudah rusak jika jarang dirawat dengan baik, menyebabkan rontok dan kerapuhan.
  • Penggunaan catokan yang terlalu sering dapat merusak rambut, tambahkan pelembap agar tidak kering dan rapuh.
  • Jarang atau terlalu sering keramas dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut, sebaiknya lakukan secara teratur.

Rambut merupakan mahkota bagi banyak orang, sehingga memang keberadaannya akan benar-benar dijaga dengan baik. Meski tentu saja rambut bisa mengalami adanya kerusakan apabila memang tidak dirawat dengan baik, sehingga membuat kondisinya jadi mudah sekali rontok atau pun mengalami kerapuhan yang berpengaruh pada penampilan diri.

Untuk mejaga rambut dari risiko kerusakan sebetulnya sangat mudah dilakukan agar kamu bisa tampil lebih percaya diri dan merasa nyaman dengan rambut yang kamu punya. Oleh sebab itu, coba kamu terapkan beberapa tips berikut ini dalam menjaga rambut dari risiko kerusakan agar tetap sehat dan terawat dengan baik.

Baca Juga: 7 Potret Gaya Rambut ala Avatar Aang, Punya Kekuatan 4 Elemen?

1. Hindari paparan panas berlebih pada rambut

Rambut menjadi bagian tubuh yang cukup sering terpapar panas dan memengaruhi kondisinya secara keseluruhan. Hal ini karena memang rambut sering sekali dicatok atau pun dibentuk dengan menggunakan catokan yang suhunya tentu saja panas, sehingga membuat kondisi rambut jadi mudah mengalami kerapuhan dan kepanasan secara menyeluruh.

Jika memang kamu benar-benar harus membentuk rambut, maka lakukanlah dengan frekuensi yang sangat jarang agar rambutmu tak mudah rusak. Selain itu, tambahkan pelembap pada rambut agar tidak sampai mengalami kering yang justru berpotensi membuat rambut jadi mudah rapuh dan rontok. Ini juga berlaku pada saat kamu melakukan aktivitas di luar ruangan yang membuat rambutmu jadi mudah terpapar panas Matahari.

Baca Juga: 10 Jenis Pewarnaan Rambut, Pernah Coba?

2. Rutin keramas

Keramas merupakan aktivitas mencuci dan membersihkan rambut dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak orang yang mungkin melakukan kekeliruan dalam membersihkan rambut dengan baik, termasuk aktivitas keramas yang dilakukannya sehari-hari dan ini bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan rambut.

Kamu harus tahu bahwa jarang keramas akan meningkatkan risiko penumpukan ketombe yang dapat mengakibatkan gatal pada kulit kepala, sehingga akan terasa sangat mengganggu dan menimbulkan risiko kerontokan. Sementara jika kamu terlalu sering keramas justru akan membuat rambut jadi mudah rapuh dan mengurangi minyak alami yang dimiliki, sehingga rambut pun jadi mudah sekali rusak.

3. Memotong bagian ujung rambut yang bercabang

Banyak orang yang mungkin belum tahu bahwa sebetulnya memotong bagian ujung rambut bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari risiko kerusakan. Hal ini bisa terjadi karena memang rambut seseorang biasanya akan sangat rentan mengalami kerusakan atau pun kerapuhan, apalagi jika kamu memiliki rambut yang cukup panjang.

Setidaknya memotong bagian ujung rambut dapat dilakukan secara teratur setiap 6 hingga 8 minggu sekali untuk menghilangkan bagian ujung yang bercabang. Ini juga penting untuk mencegah adanya risiko kerusakan lebih lanjut apabila tidak memotongnya, apalagi jika memang kondisi bercabang pada rambut dinilai sudah cukup parah.

4. Hindari penggunaan bahan kimia berlebih

Banyak orang yang mungkin secara aktif menggunakan bahan kimia untuk rambutnya, entah itu pewarna rambut atau pun produk lainnya. Kamu harus benar-benar selektif dalam memilih produk-produk untuk rambut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, sehingga jangan sampai memilih produk dengan bahan kimia yang terlalu berlebih.

Paparan bahan kimia yang terlalu banyak ternyata dapat meningkatkan risiko kerusakan menjadi semakin parah, apalagi jika memang kondisi rambutmu memang tidak bagus. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah pewarna rambut yang menggunakan bahan alami saja agar lebih aman untuk digunakan sehari-hari.

Verified Writer

Deska Chalis

Berusaha memperbanyak membaca dan menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya