Comscore Tracker

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  

Basah iya, sehat iya

Aku selalu suka sehabis hujan di bulan Desember” – Efek Rumah Kaca

Hujan-hujanan memang menyenangkan dan kamu tidak perlu menunggu Desember untuk hal tersebut. Akan tetapi perlu kamu ingat, hujan-hujanan tanpa menjaga tubuhmu fit dapat menyebabkan penyakit yang akan mengganggu keseharianmu.

Kamu tidak akan mau terkena hal seperti itu, khususnya jika kamu anak kos-kosan yang sendirian. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti tujuh tip sederhana ini agar tetap sehat walaupun berhujan-hujanan.

1. Tetap terlindungi

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/jayd

Pernahkah kamu bertanya kenapa banyak orang yang terkena demam ketika mereka basah karena hujan? Menurut para ilmuwan, mendinginkan tubuh khususnya bagian kaki, dapat menyebabkan seseorang terkena gejala demam lantaran orang tersebut telah terkena virus demam.

Secara teori tubuh menahan aliran darah untuk menjaga kehangatan tubuh, menyebabkan hidung meler yang sangat disukai virus demam. Karena itu gunakan pelindung macam jas hujan agar tubuhmu tidak basah kena hujan.

2. Mengonsumsi asupan vitamin C

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/gala

Vitamin C membantu mempercepat penyembuhan diri terhadap virus. Masih banyak perdebatan apakah vitamin C merupakan obat untuk demam, namun tidak ada salahnya mengonsumsinya karena dapat membantu kinerja antibodi. Coba masukkan lada merah dan hijau, pepaya, dan nanas dalam menu keseharianmu guna menambah asupan vitamin C.

3. Mandi

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/brucemars

Tampak berlawanan bukan? Kenapa harus mandi jika sudah basah? Itu karena mandi, terlebih menggunakan air hangat setelah hujan-hujanan meningkatkan suhu tubuhmu.

Di sisi lain, mandi juga membersihkanmu dari kuman-kuman yang menempel di tubuh dan melindungimu dari infeksi. Jika tidak merasa ingin mandi, paling tidak cobalah merendam kakimu dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara Ilmiah Mengendalikan Hujan, Tanpa Pakai Pawang atau Ritual Gaib

4. Makan makanan berkuah panas

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/henriquefelix

Tidak salah kok untuk minum minuman panas di musim hujan mengingat udaranya yang cukup dingin. Kamu bisa mencoba teh hijau atau cokelat panas sebagai menunya.

Semangkok sup panas juga baik bagi tubuhmu. Hal ini dapat mencegah demam atau infeksi karena adanya perubahan suhu yang terjadi pada tubuhmu.

5. Menjaga kebersihan dan kerapian

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/rawpixel

Mungkin ini terkesan tidak penting, tetapi menjaga kebersihan membuatmu selalu higienis. Perlu diingat kuman menyebar di tempat-tempat kotor, jadi menjaga kebersihan telah menghindari kamu dari kuman-kuman tersebut. Selain itu kamar yang rapi mampu membuatmu beristirahat lebih nyaman.

6. Banyak minum air

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/belart84

Jangan pernah menunggu haus sebelum meminum air. Haus merupakan pertanda tubuhmu mengalami dehidrasi. Dengan tetap terhidrasi walaupun dalam kondisi rendah temperatur membuatmu terus menerus mengeluarkan racun-racun di luar tubuhmu lewat kencing yang kamu keluarkan.

7. Perhatikan apa yang kamu makan

Musim Hujan Tetep Sehat! Yuk Cobaa Tips Dasar Ini, Gak Ribet Lho  unsplash.com/pablomerchanm

Menjaga nutrisi adalah hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Sering-seringlah memasak makanan rumah ketimbang jajan di luar. Itu untuk menjaga higienitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu agar tidak ada kuman yang ikut.

Masih banyak lagi tip yang bisa ditulis tentang menjaga kesehatan di musim hujan, tapi itu tidak akan selesai jika ditulis semua. Lagi pula cukup dengan mengikuti tujuh tip di atas saja sudah cukup menjamin kesehatanmu kok.

Baca Juga: Musim Hujan Riskan Drop, Ini 7 Penyakit Umum yang Langganan Diderita

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You