Comscore Tracker

Sebelum Menangggung 5 Risiko 'Kesundulan' Ini, Cermati Jarak Kehamilan

Baru melahirkan sudah hamil lagi

"Cepet banget hamil lagi, padahal kan kemarin baru lahiran,". Pernahkan mendengar pertanyaan seperti itu. Bahkan, kamu yang ikut mendengar mungkin bingung juga, kok bisa?

Nah, itulah yang disebut dengan Kesundulan. Masih juga belum tahu? 

Kesundulan itu merupakan kondisi dimana ibu telah hamil kembali, padahal baru saja melahirkan beberapa bulan yang lalu. Istilah kesundulan kian populer di kalangan masyarakat karena bermakna yang sebenarnya.

Banyak perempuan masa kini yang menganggap bahwa kegiatan menyusui bisa dijadikan sebagai Lactational Amenorrhea Method atau bagian dari program KB, padahal tidak demikian. Karena menyusui tidak bisa mencegah terjadinya pembuahan pada sel telur. Dan, inilah risiko yang bisa saja terjadi bila mengalami kesundulan.

1. Menyusui boleh gak sih?

Sebelum Menangggung 5 Risiko 'Kesundulan' Ini, Cermati Jarak Kehamilanpexels.com/Dominica Roseclay

Ada yang mengatakan bahwa kondisi kesundulan memaksakan kamu untuk stop memberikan ASI pada anak sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon progesteron yang mampu menurunkan hormon menyusui sehingga ASI yang keluar tidak semaksimal sebelum hamil kesundulan.

Hisapan bayi pada puting ibu akan membuat kontraksi pada rahim, hal ini tentu sangat membahayakan kondisi janin dalam kandungan. Jika tetap ingin memberikan ASI eksklusif dan dirasa mampu, cobalah konsultasikan ke dokter serta tanyakan kondisi kamu yang sebenarnya.

2. Hilangnya waktu kebersamaan dengan bayi

Sebelum Menangggung 5 Risiko 'Kesundulan' Ini, Cermati Jarak KehamilanPexels/Daniel Reche

Entah harus senang atau sedih, itulah yang biasanya dirasakan oleh para ibu yang mengalami kesundulan. Hal ini wajar, karena kondisi ibu belum pulih sepenuhnya, namun sudah harus kembali mengandung ditambah mengurus bayi. Oleh sebab itu, inilah momen kekompakan yang harus ditunjukkan bersama suami, dengan begitu beban kamu tidak akan seberat bayanganmu.

3. Risiko mengalami plasenta previa

Sebelum Menangggung 5 Risiko 'Kesundulan' Ini, Cermati Jarak Kehamilaninstagram/cuneytevruke

Kondisi sangat membahayakan ibu dan janin. Plasenta previa merupakan posisi plasenta berada pada posisi tidak normal. Plasenta tidak menempel melainkan berada pada bagian bawah rahim.

Terdapat empat plasenta previa yakni, plasenta previa totalis, plasenta previa sentralis, plasenta previa partialis dan plasenta previa marginalis. Biasanya gejala pertamanya sakit dan kram pada bagian perut. Akibatnya, bayi mengalami berat badan lahir rendah atau BBLR, bahkan risiko keguguran juga tidak bisa dihindari.

Baca Juga: 10 Artis yang Sempat Keguguran sebelum Akhirnya Hamil Lagi

4. Mengganggu hubungan intim dengan suami

Sebelum Menangggung 5 Risiko 'Kesundulan' Ini, Cermati Jarak Kehamilanpexels.com/rawpixel

Melakukan hubungan intim di usia kehamilan muda sangat rentan terhadap risiko. Dibutuhkan kehati-hatian demi menjaga kenyamanan ibu dan janin. Sebenarnya boleh-boleh saja, diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan agar aktivitas yang dilakukan tidak mengganggu janin dalam kandungan. Karena kesalahan sedikit saja bisa berujung fatal, misalnya pendarahan, keguguran dan bayi lahir cacat.

5. Terjadinya pendarahan usai operasi caesar

Sebelum Menangggung 5 Risiko 'Kesundulan' Ini, Cermati Jarak Kehamilanpexels.com/rawpixel.com

Bagi kamu yang baru saja menjalani operasi caesar, sebaiknya berhati-hati saat mengalami kesundulan. Karena bekas operasi akan meregang, rahim juga bisa saja sobek akibat kantong kehamilan yang terus membesar. Kamu bisa saja mengalami pendarahan yang berujung fatal, misalnya keguguran. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai hal apa saja yang harus diwaspadai oleh ibu hamil yang baru saja operasi caesar.

Itulah, risiko-risiko yang bisa saja terjadi pada ibu yang mengalami kesundulan. Tetaplah semangat, percayalah ini adalah titipan-NYA yang harus kamu syukuri.

Baca Juga: Hamil Lagi, Ini 7 Pelajaran Cinta yang Dipetik dari Ruben & Sarwendah

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya