Comscore Tracker

Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  

Jangan malas sarapan ya

Bagi yang lagi diet, mungkin setiap pagi akan selalu memilih makanan jenis yang harus dikonsumsi dan yang tak boleh.

Selain itu, banyak anggapan kalau sarapan pagi itu bisa membuat aktivitas kerja kamu bisa terganggu, lantaran membuat kamu jadi ngantuk.

Nah, beberapa hal itu kerap dipercaya banyak orang. Mau tahu benar atau tidaknya, ternyata ada beberapa mitos tentang sarapan lho. Percaya atau tidak, beginilah mitos-mitos tersebut:

1. Sarapan malah bikin ngantuk

Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  newhealthadvisor.com

Kamu pasti sering mendengar kalau sarapan bisa bikin ngantuk. Faktanya, bukan sarapan yang bikin ngantuk, tapi pemilihan menu yang salah bisa membuatmu justru lemas.

Jika kamu sarapan dengan menu yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, jelas saja membuat ngantuk. Selain ngantuk, kamu juga merasa lemas karena tubuhmu sudah melakukan aktivitas pencernaan dengan keras. 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein tinggi. Dijamin kamu makin produktif dalam beraktivitas.

2. Kan lagi diet, nanti kalau sarapan bikin badan gemuk

Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  muscleandfitness.com

Menurunkan berat badan itu boleh aja sih, tapi harus dengan cara yang benar dan jangan merugikan diri sendiri. Faktanya, sarapan justru membantu tubuh untuk mencegah makan dengan porsi banyak di siang hari.

Kalau kamu melewatkan sarapan, biasanya porsi makan siang akan lebih banyak. Sebab, tubuhmu memberi sinyal kelaparan dan membutuhkan kalori yang lebih banyak.

3. "Kalau sarapan, aku takut perut jadi mules."

Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  amazonaws.com

Nah, buat kamu yang merasa mules setelah makan pagi, sebenarnya bukan karena sarapannya lho. Bisa jadi asam lambung kamu tinggi. Ada baiknya kamu beraktivitas ringan dulu supaya asam lambung juga bekerja. Jangan lupa minum air putih sebelum sarapan.

Baca juga: Ternyata, Ini 3 Alasan Pisang Kurang Baik Dikonsumsi saat Sarapan

4. Banyakin nasinya ketika sarapan, biar kenyangnya awet, gak perlu makan siang 

Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  muscle-mission.com

Nasi mengandung karbohidrat rendah tapi tinggi gula. Kalau konsumsinya berlebihan, justru berpotensi menimbun lemak, terutama di perut. Sehingga kamu justru akan merasa mudah lapar. Dan porsimu gak akan berkurang saat makan siang.

5. Sarapan gak sarapan, gak ngaruh juga kan?

Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  twiniversity.com

Mitos yang satu ini salah banget ya. Tubuh sangat memerlukan sarapan. Selain untuk mengisi tenaga, sarapan juga membantu proses pengembalian gula darah untuk memulai aktivitas.

Nah, sudah tahu kan antara mitos dan fakta tentang sarapan? Jadi, jangan sampai meninggalkan sarapan ya. Pilih menu yang benar biar tubuhmu makin berenergi dan semangat.

Baca juga: Menu Sarapan 11 Orang Terkenal di Dunia, Tiru Yuk Biar Ikutan Sukses!

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya