Comscore Tracker

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Matahari

Kulit belang umum ditemui di negara tropis seperti Indonesia

Cuaca terik bukan hanya menjadikan kulit menjadi kering dan kusam, tapi paparan sinar matahari setiap hari bisa membuat kulit jadi belang. Kondisi itu sering terjadi di telapak tangan, lengan, kaki dan leher.

Tapi paparan sinar matahari bukan satu-satunya alasan kulit belang. Yuk cari tahu penyebab lain hingga warna kulit tidak merata.

1. Disebabkan pancaran sinar UV

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharivisionease.com

Faktor utama menimulkan warna kulit belang adalah sinar UV. Kerusakan akibat sinar matahari menyebabkan bercak cokelat dan warna kulit tidak merata, karena terlalu banyak melanin yang diproduksi untuk membantu melindungi kulit dari sinar UV.

Kulit yang tak dilindungi dengan tabir surya juga bisa menyebabkan kulit terbakar, berpotensi mengalami kanker hingga menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada kulit. Terlebih, pada area yang sering terpapar sinar matahari, seperti telapak tangan, wajah, leher, kaki dan lengan, lebih berisiko mengalami kulit belang.

2. Ternyata hormon juga berpengaruh pada kulit

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharihuffpost.com

Hormon berkontribusi dalam warna kulit yang tidak merata. Melasma, atau masalah kulit yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon, terjadi karena kehamilan atau penggunaan kontrasepsi hormonal. Begitu kata laman Live Strong

Melasma terjadi ketika melanosit distimulasi oleh kadar progesteron dan estrogen yang abnormal. Ini menyebabkan sel-sel menghasilkan kadar melanin ekstra dan menyebabkan perubahan warna kulit. Melasma dapat memengaruhi epidermis (lapisan atas kulit) dan dermis (lapisan kedua kulit).

Melasma dermis cenderung menyebabkan bintik-bintik dengan warna cokelat gelap dan memiliki batas jelas dengan warna kulit asli. Sementara, melasma dermis menyebabkan bintik-bintik lebih terang dan tidak terdefinisi dengan baik. Jika melasma memengaruhi dua lapisan kulit, akan menyebabkan campuran bintik terang dan gelap.

3. Usia menyebabkan warna kulit berubah

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharistylecraze.com

Rupanya, semakin bertambahnya usia, warna kulit bisa menggelap dengan sendirinya! Bintik-bintik penuaan adalah jenis pigmentasi paling umum dan merupakan akibat dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, jelas laman Style Craze. Bintik-bintik ini ditemukan di area yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah misalnya.

Bintik-bintik penuaan ini umum ditemukan pada orang berusia di atas 50 tahun. Namun, orang-orang berusia lebih muda juga bisa mengalaminya, terlebih mereka yang sering menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari. Ciri-cirinya adalah berwarna cokelat atau kehitaman dan terjadi di bagian kulit yang banyak terpapar sinar mentari.

4. Beberapa luka yang berbekas menimbulkan perbedaan warna kulit

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharibristolphysio.com

Luka yang mengering membuat warna kulit berubah. Area bekas luka akan menggelap dibanding warna kulit sebenarnya. Istilah ini disebut dengan hiperpigmentasi pasca inflamasi, sebut medis yang digunakan untuk menggambarkan perubahan warna kulit yang disebabkan luka, jelas laman Very Well Health.

Hiperpigmentasi pasca inflamasi berkembang ketika luka atau iritasi seperti gesekan, ruam atau jerawat menyebabkan kulit jadi meradang. Saat kulit sembuh, ia akan menghasilkan banyak melanin. Melanin berlebih yang menggelapkan dan mengubah warna kulit. Perubahan ini menetap, bahkan ketika luka sudah benar-benar sembuh.

Baca Juga: Yuk Kenali Vitiligo, Ini 8 Fakta Kelainan Penyebab Warna Kulit Memudar

5. Penyebab lainnya adalah solar lentiginosis

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharihealthline.com

Familier dengan istilah ini? Solar lentiginosis adalah kondisi dermatologis umum yang terjadi pada sebagian besar orang dari ras Kaukasia di atas usia 40 tahun. Kondisi ini menyebabkan munculnya bintik-bintik cokelat pucat ke cokelat gelap.

Bintik ini paling banyak muncul di area wajah, tangan, lengan, bahu hingga punggung bagian atas, jelas laman Health Line. Ada beberapa cara untuk mengurangi bintik hitam akibat solar lentiginosis, di antaranya perawatan laser, chemical peeling dan lainnya.

6. Jerawat bikin warna kulit tidak merata

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharimamamia.com.a

Bagi kamu yang pernah berjerawat, pasti mengalami hal satu ini. Bekas jerawat akan memunculkan flek dan noda hitam di kulit wajah. Namun, tak perlu khawatir karena warna kulit yang tidak merata itu sifatnya tidak permanen dan akan menghilang dalam kurun waktu antara 3-6 bulan, ungkap laman Dermatology Alliance.

Perubahan warna kulit merupakan efek samping paling umum dari jerawat. Ada beberapa opsi untuk mengatasinya, misalnya perawatan laser dan cahaya, hidroquinone, atau retinoid topikal untuk mengurangi produksi melanin sehingga pigmen berkurang.

7. Penyebab lainnya adalah tinea versicolor

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Belang Selain Sinar Mataharisuperpharmacy.com.au

Terakhir adalah tinea versicolor yang bisa menyebabkan warna kulit jadi tidak merata. Tinea versicolor muncul karena infeksi jamur pada kulit dan mengganggu pigmentasi. Akibatnya, akan timbul bercak-bercak kecil yang warnanya lebih gelap dari warna kulit sebenarnya, ungkap laman Mayo Clinic

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan tinea versicolor, seperti mengoleskan krim anti jamur. Penyakit ini sering kambuh, terutama pada cuaca yang hangat dan lembap. Tapi bercak ini biasa ditemukan di punggung, dada, leher dan lengan bagian atas.

 

Demikian tujuh penyebab warna kulit tidak merata yang perlu diketahui. Kenali dahulu biar kamu tahu cara pencegahan dan pengobatannya. Semoga berguna, ya!

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitif

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya