Comscore Tracker

Ukuran Kecerdasan Manusia Itu Ada Beragam Lho, Bukan Hanya IQ Saja!

Ternyata banyak, ya

Kita sering mengetahui IQ (Intelligence quotient) sebagai indikator untuk mengukur kecerdasan manusia. Padahal, ternyata kecerdasan manusia itu bermacam-macam. Kalau kamu punya IQ rendah, bukan berarti kamu gak cerdas, tapi kecerdasanmu ada di bidang lain.

Lalu kira-kira apa saja ya bentuk-bentuk kecerdasan manusia selain IQ? Yuk kita cek!

1. EQ, kecerdasan emosional

Ukuran Kecerdasan Manusia Itu Ada Beragam Lho, Bukan Hanya IQ Saja!unsplash.com/@connerching

EQ (emotional quotient) adalah kecerdasan secara emosional. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan kita menyadari dan mengelola emosi kita sendiri. EQ juga berhubungan dengan kemampuan untuk merespons emosi seseorang dan menggunakan emosi sebagai motivasi diri.

Bagi kamu yang memiliki EQ tinggi, biasanya kamu akan mudah relate dengan emosi seseorang. Tapi bukan berarti emosi tersebut mengendalikan diri kamu ya.

2. SQ, kecerdasan spiritual

Ukuran Kecerdasan Manusia Itu Ada Beragam Lho, Bukan Hanya IQ Saja!Unsplash/quanlightwriter

SQ (spiritual quotient) adalah kecerdasan yang berhubungan dengan spiritual. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan memahami hidup dan membangun hidupnya dengan kegiatan positif.

Mereka yang punya SQ tinggi cenderung mampu menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapinya. Mereka mampu melihat hal positif di balik semua permasalahannya. Dia mampu menemukan makna dari semua peristiwa.

3. CQ, kecerdasan kreativitas

Ukuran Kecerdasan Manusia Itu Ada Beragam Lho, Bukan Hanya IQ Saja!pexels/ Sharon McCutcheon

CQ (creativity quotient) adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kreativitas. Di sini, kreativitas yang dimaksud berhubungan dengan potensi untuk menciptakan penemuan baru di bidang ilmu atau teknologi.

Orang dengan CQ tinggi umumnya memiliki kemampuan memproduksi banyak ide. Mereka mampu berpikir out of the box dan menghasilkan penemuan baru. Gak hanya memproduksi ide, mereka juga mampu menguraikan ide dengan rinci.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Ternyata Kamu Cerdas

4. AQ, kecerdasan menghadapi kesulitan

Ukuran Kecerdasan Manusia Itu Ada Beragam Lho, Bukan Hanya IQ Saja!pexels/pixabay

AQ (Adversitas Quotient) adalah kemampuan yang berhubungan dengan cara seseorang menghadapi kesulitan. Dalam hidup kita pasti sering menghadapi tantangan. Namun, orang-orang dengan AQ tinggi gak mudah patah semangat dan mampu bertahan dalam tantangan yang mereka hadapi.

Paul G Stolz menjelaskan tiga macam AQ dalam manusia. Orang dengan AQ rendah adalah Quiters, mereka memilih kabur daripada menghadapi tantangan. Orang dengan AQ sedang adalah Campers, mereka cukup puas dengan apa yang dicapai dan tidak berniat untuk maju. Sedangkan yang paling tinggi adalah Climbers, mereka memiliki kemampuan untuk mengubah tantangan menjadi alat untuk maju.

5. TQ, kemampuan memaknai hidup berdasarkan agama

Ukuran Kecerdasan Manusia Itu Ada Beragam Lho, Bukan Hanya IQ Saja!pexels/Artem

TQ (trancendental quotient) adalah kecerdasan yang berhubungan dengan pemaknaan hidup berdasarkan agama. Kecerdasan ini mirip dengan SQ, namun TQ lebih melihat makna berdasarkan rohani dan agama. 

Orang-orang dengan TQ tinggi cenderung sangat dekat dengan Tuhan yang dipercayainya. Mereka juga memiliki pandangan jauh yang bertujuan kepada kehidupan setelah kematian. Surga adalah tujuan utama orang-orang dengan TQ tinggi.

Di antara semua kecerdasan ini, kira-kira mana yang kecerdasan paling tinggi dalam diri kamu?

Baca Juga: Ketahuilah, Ini 9 Macam Kecerdasan yang Dimiliki Manusia Selain IQ

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You