Comscore Tracker

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannya

Ibumu sering mengingatkanmu tentang hal ini kan?

Saat ingin fokus mendengarkan semua hal tanpa ingin diganggu lingkungan sekitar, earphone menjadi alat yang paling dibutuhkan. Entah itu mendengarkan musik, atau rekaman pembicaraan lainnya.

Dilansir dari Vice, orang yang tinggal di kota besar bisa menghabiskan 75 persen harinya dengan earphone menyangkut di telinga. Entah untuk mendengarkan musik, podcast, atau nonton serial favorit. Tidak hanya itu, kebiasaan ini bisa terjadi di mana saja, mulai dari kantor hingga kereta. 

Dengan gaya hidup seperti ini, pernahkah kamu mengkhawatirkan pendengaranmu? Kira-kira kita akan tuli tidak ya karena terlalu sering memakai earphone? Simak penjelasan berikut ini.

1. Suara seperti apa yang bisa merusak pendengaran?

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyaoprah.com

World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa suara dengan tingkat noise atau kebisingan lebih dari 85 desibel hanya boleh didengarkan dalam durasi delapan jam. Batas kebisingan yang boleh didengarkan secara konstan adalah 80 desibel. Contoh sumber suara yang mencapai 80 desibel adalah suara dari blender, kereta api sejauh 15 meter, dan suara mesin secara general. 

2. Seberapa tinggi gelombang suara yang dihasilkan oleh earphone kita?

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyaself.com

Banyak earphone yang bisa melebihi batas gelombang suara tersebut. Misalnya saat kamu ingin mengalihkan diri dari kegaduhan di sekitarmu, kamu pasti akan menaikkan volumenya.

Sebagai patokan, file MP3 yang disetel dengan volume paling tinggi bisa mencapai 105 desibel. Tentunya ini jauh melampaui batas desibel yang bisa didengarkan secara konstan.

3. Kedekatan sumber suara dengan pendengaran juga menjadi masalah

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyaabcnews.com

Masalah lain yang dimiliki oleh earphone adalah kedekatannya dengan sistem pendengaran kita. Dengan jarak yang begitu dekat, tingkat noise yang dihasilkan kurang lebih akan sama dengan suara keras. Walaupun pada kenyataannya hanya kamu yang bisa mendengarkan suara earphone-mu. 

Baca Juga: 5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjaga

4. Tanda-tanda suara earphone yang kamu dengarkan terlalu kencang

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyamedicalnewstoday.com

Terkadang kita tidak sadar jika ternyata volume earphone kita terlalu kencang. Sampai-sampai orang di sebelah yang harus mengingatkan kita. Ada beberapa tanda yang bisa menjadi patokanmu mengenai hal ini. 

Yang pertama, saat kamu harus mengeraskan suaramu agar terdengar oleh dirimu sendiri. Kemudian, jika kamu tidak bisa mendengar suara orang yang sedang berbicara dengan jarak satu meter. Tanda lainnya adalah ketika kamu merasakan telinga berdenging dan tidak bisa mendengar dengan baik sesaat setelah melepaskan earphone.

5. Earphone memang bisa merusak pendengaran manusia

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyasquarespace.com

Dilansir dari The Week, WHO memperingatkan 1,1 miliar anak muda berpotensi kehilangan pendengaran karena suara keras dari earphone dan menghabiskan banyak waktu di tempat berisik. Ada banyak bahaya yang mengintai dari pemakaian speaker mini tersebut. Mulai dari kerusakan permanen pada telinga, kehilangan pendengaran di usia muda, serta meningkatkan infeksi telinga.

6. Kebiasaan mendengarkan musik dari earphone juga membahayakan otak

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyaleadtail.com

Tidak hanya itu, terlalu sering mendengarkan musik lewat earphone juga bisa meningkatkan risiko kerusakan otak. Ini karena gelombang elektromagnetik dari perangkat tersebut bisa mengganggu gelombang listrik dalam otak.

Tidak hanya itu, musik keras dari earphone juga bisa mengganggu sistem saraf. Dilansir dari Hear-It, penelitian menujukkan bahwa suara di atas 110 desibel bisa memutuskan serabut saraf yang membawa sinyal dari telinga ke otak.

7. Bagaimana cara mencegah dampak negatif earphone?

Pakai Earphone Tak Boleh Terlalu Sering Lho! Ini 7 Alasan Kesehatannyawearableinear.com

Sebenarnya mendengarkan musik lewat earphone itu aman-aman saja dengan beberapa catatan. Pertama jangan menggunakannya dalam kondisi sekitar yang benar-benar berisik karena kamu akan menaikkan volume musik yang kamu dengarkan. Kebisingan lingkungan ditambah dengan suara musik akan melampaui batas aman desibel untuk pendengaran.

Kamu juga bisa menggunakan headphone yang memiliki fitur noise-cancelling untuk menghindari kebisingan. Kamu akan terhindar dari suara eksternal sehingga tidak perlu menyetel volume yang kencang. 

Terakhir, berikan istirahat pada telingamu. Semakin lama kamu mendengarkan musik keras-keras, semakin tinggi risiko untuk kehilangan pendengaran. Lepaskan earphone setiap jam atau lebih agar telinga bisa beristirahat sejenak.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya