Comscore Tracker

5 Tips Pilih & Pakai Parfum Biar Wangi Seharian, Jarang Diketahui Lho!

Biar wanginya lebih awet

Biasanya, pria atau wanita itu kerap kali salah dalam memilih wangi parfum yang bisa menutupi aroma dari bau badan mereka. Padahal, harga parfum yang dipilih itu lumayan mahal lho.

Sekadar informasi, bahwa parfum menjadi salah satu favorite item paling diminati bagi mereka yang punya selera tinggi dalam penampilan. Pasalnya, penampilan gak hanya ditunjang dari apa yang terlihat tapi juga hal kecil seperti aroma tubuh yang kita punya. Wangi dari parfum yang dipakai juga bisa menunjukkan kepribadian yang dimiliki seseorang lho!

Kita di sini gak membahas bagaimana kepribadian seseorang dilihat dari parfum yang dipakai, namun akan mengupas tuntas cara memilih dan memakai parfum yang tepat biar bisa menghasilkan harum yang signifikan dan tahan lama. Tanpa perlu lama-lama, yuk simak ulasannya berikut!

1. Kenali karakteristik parfum yang kamu inginkan

5 Tips Pilih & Pakai Parfum Biar Wangi Seharian, Jarang Diketahui Lho!sephira.dk

Banyak orang terpaksa membeli parfum karena diskon, penawaran bermacam-macam produk dan bujukan berbagai event serta promosi yang ada. Dari sini kamu jadi tahu bahwa langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menemukan jenis parfum apa yang kamu mau. Kamu bisa mengunjungi situs fragnatica.com atau basenotes.net untuk mengetahui karakteristik dan variasi parfum secara umum.

Parfum dengan aroma floral seperti mawar, melati, lilac, lili, sedap malam, magnolia cocok bagi kamu yang berkarakter tenang, feminim, dan penyuka hal-hal klasik dan romantis. Buat kamu dengan pribadi ceria, energik, penuh semangat bisa memilih tema fruity atau buah-buahan segar, jenis ini bisa menunjukkan modernitas dan orisinalitas pemakainya.

Jika kamu tipikal orang yang ingin tampil elegan dan berkelas, parfum dengan aroma woody dan rempah-rempah yang tenang bisa diandalkan. Sedangkan mereka dengan karakter rapi yang penuh detail bisa pilih parfum beraroma mint.

2. Pakai jenis parfum sesuai tempat dan suasana

5 Tips Pilih & Pakai Parfum Biar Wangi Seharian, Jarang Diketahui Lho!greatist.com

Jika ditilik dari warnanya, parfum berwarna emas akan memberikan kesan mewah dan eksotis jika dipakai di malam hari. Hijau menunjukkan keterkaitan terhadap imajinasi dan aroma alam, sedangkan biru menggambarkan kejernihan seperti aroma citrus. Merah identik dengan parfum dengan aroma oriental.

Cara penggunaanya pun perlu diperhatikan biar gak terjadi salah pakai parfum. Jika tujuan kamu untuk menarik perhatian, kamu bisa pilih jenis yang menimbulkan wangi lebih signifikan. Namun, jika kamu tengah menghadiri rapat bersama kolega, kamu perlu memilih kelompok wewangian yang netral dengan aroma yang gak terlalu menyengat.

3. Harga menunjukkan kualitas parfum

5 Tips Pilih & Pakai Parfum Biar Wangi Seharian, Jarang Diketahui Lho!prettyinpistachio.com

Kalau kamu sering mendengar istilah "ada harga ada rupa", barangkali memang benar adanya. Kamu perlu memperhatikan budget yang dimiliki saat akan membeli. Jika tujuanmu mendapatkan parfum dengan aroma yang tahan lama, parfum dengan harga di atas rata-rata bisa jadi pilihan. Pasalnya, parfum yang lebih mahal besar kemungkinan juga memiliki kandungan tertentu yang lebih berkualitas dari jenis parfum yang lain.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Parfum Berdasarkan Tingkat Ketahanan Aroma

4. Perhatikan kandungan di dalamnya

5 Tips Pilih & Pakai Parfum Biar Wangi Seharian, Jarang Diketahui Lho!Unsplash/Jessica Weiller

Setiap parfum memiliki daya konsentrat yang berbeda. Ada beberapa jenis yang bisa kamu kenali terlebih dahulu. Pertama adalah extrait de parfum. Parfum jenis ini memiliki daya konsentrat paling tinggi yaitu sekitar 20-40%, lebih original, dan tanpa minyak tambahan. Ketahanannya bisa mencapai 8-16 jam. Jenis ini juga memiliki keunggulan dengan kandungan alkohol yang sedikit sehingga tidak membuat kulit kering, cocok untuk kulit sensitif. Kemasannya tampak eksklusif karena memang lebih mahal daripada yang lain.

Kedua ada yang namanya Eau De Parfum yang memiliki kadar konsentrat sebanyak 7-5%. Wanginya bisa bertahan sampai 4-6 jam. Jenis ini cocok buat dipakai sehari-hari, baik indoor maupun ourdoor.

Ketiga adalah Eau De Toillette yang memiliki kadar konsentrat sekitar 4-6% dan mampu bertahan hingga 3-4 jam. Harganya lebih terjangkau dari kedua jenis sebelumnya dan cocok dipakai untuk momen-momen singkat seperti nge-date atau sekadar jalan bareng teman.

Keempat adalah jenis Eau De Cologne yang merupakan parfum paling ringan dan memiliki daya konsentrat sekitar 2-4%. Jenis ini sering kamu jumpai di drugstore dan cocok untuk pemakaian sehari-hari. Aromanya bisa bertahan 1-2 jam.

5. Cara pemakaian

5 Tips Pilih & Pakai Parfum Biar Wangi Seharian, Jarang Diketahui Lho!julianachow.com

Kamu bisa membuat aroma parfum yang kamu pakai itu lebih maksimal dengan beberapa tips berikut. Pertama adalah pakai di waktu dan tempat yang tepat. Kamu bisa gunakan parfum setelah mandi, karena waktu ini akan membuat pori-pori lebih terbuka sehingga kulit lebih maksimal menyerapnya. Bagian yang bisa kamu semprotkan adalah bagian dalam tangan, belakang telinga, leher, dan siku bagian dalam. Semprotkan dengan jarak sekitar 20 cm.

Trik berikutnya adalah memakai body cream terlebih dahulu untuk membuat kulit jadi lebih lembab, dengan kulit yang lembab parfum juga lebih lama meresap dan menempel di kulit. Kemudian taruh parfum di tempat yang safety dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, ini cukup penting jika ingin parfum tetap berfungsi maksimal dengan kandungan di dalamnya.

Dari penjelasan singkat tadi, kamu sudah lebih terinspirasi belum nih girls?

Baca Juga: 7 Parfum Wanita Terfavorit Sepanjang Masa, Wanginya Terkenang!

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya