Comscore Tracker

5 Tradisi Papua Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Sangat Unik!

Papua memang punya adat istiadat yang beragam! #LokalIDN

Papua identik dengan pemandangan dan kekayaan alam yang sangat indah. Namun, Papua juga menyimpan kekayaan budaya dan seni hingga tak banyak diketahui banyak orang.

Berbicara tentang adat istiadat, Papua mempunyai berbagai keunikan yang menjadi ciri khas masyarakat di sana. Berikut lima tradisi unik Papua yang harus kamu tahu. 

1. Tradisi Iki Palek

5 Tradisi Papua Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Sangat Unik!goodnewsfromindonesia.id

Papua memiliki tradisi yang bisa disebut ekstrem, atau dengan istilah Iki Palek. Sebuah tradisi memotong jari yang dilakukan oleh anggota Suku Dani.

Meski  bagi kebanyakan orang terdengar menyeramkan, namun tradisi ini mempunyai makna dan filosofi mendalam. Tradisi ini untuk menunjukkan rasa setia dan rasa kehilangan karena ditinggal anggota keluarga yang baru saja wafat.

2. Tradisi Mumi Papua

5 Tradisi Papua Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Sangat Unik!beritapapua.id

Siapa bilang jika keahlian membuat mumi hanya dimiliki bangsa Mesir. Beberapa suku di Papua juga mempunyai tradisi mengawetkan jenazah. Tradisi ini dilakukan oleh beberapa suku seperti Suku Moni, Suku Yali, Suku Mee, dan Suku Dani.

Memang tak seluruh anggota suku di setiap wilayah menerapkan tradisi ini. Salah satu hal yang menarik dari tradisi ini adalah jenazah yang dijadikan mumi bukan orang sembarangan, melainkan seseorang yang sangat berjasa bagi suku mereka. 

Baca Juga: 10 Artis Populer Ini Ternyata Berasal dari Papua

3. Tradisi Ararem

5 Tradisi Papua Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Sangat Unik!rcktrip.com

Suku Biak di Papua mempunyai sebuah tradisi yang menarik untuk mengantar mas kawin atau Ararem dari calon suami kepada keluarga calon istri. Dalam tradisi ini, keluarga laki-laki yang ditemani iringan Tarian Wor akan membawa peralatan rumah tangga, piring adat, dan makanan ke rumah keluarga calon istri.

Tradisi ini masih bisa ditemukan hingga saat ini. Sungguh menarik, bukan? 

4. Tifa Darah

5 Tradisi Papua Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Sangat Unik!tipswisatamurah.com

Seperti yang kita ketahui bahwa tifa merupakan salah satu alat musik tradisional masyarakat Papua. Kulit alat musik ini cukup menarik karena terbuat dari kulit biawak. Namun, apakah kamu tahu bahan yang dilakukan untuk menempelkan kulit ke ujung gendang kayu?

Untuk menempelkan kulit ke ujung gendang kayu, Suku Kamora memakai darah mereka sendiri yang berasal dari kucuran darah di bagian paha. Mereka biasanya menggunakan silet untuk membuat luka di paha mereka.

5. Tradisi Barapen

5 Tradisi Papua Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Sangat Unik!goodnewsfromindonesia.id

Beberapa masyarakat di wilayah Wamena mempunyai tradisi yang cukup unik disebut Barapen atau bakar batu. Barapen meruapakan tradisi memasak seluruh warga kampung menggunakan batu yang dibakar hingga membara.

Kegiatan ini dipimpin oleh kepala suku yang menggunakan pakaian adat dan berkeliling untuk mengundang para anggota kampungnya. Setelah berkumpul, para warga kampung berburu hewan di hutan atau sekitar kampung mereka untuk dijadikan bahan makanan utama.

Beberapa masyarakat yang menerima hewan tersebut segera memasak, dan sebagian lainnya menata batu untuk disiapkan menjadi bara dengan tarian khas mereka.

Itu lah lima tradisi unik dari Papua yang wajib diketahui. Selain kaya akan pemandangan dan sumber alam, Papua juga memiliki tradisi yang sangat unik.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Masyarakat Lampung Kamu Perlu Tahu

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Anoraga Ilafi di IDN Times Community dengan judul 5 Tradisi Unik dari Papua yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya