Comscore Tracker

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan Kikir

Pelit bukan cuma dalam hal materi lho

Banyak orang mendefinisikan pelit atau kikir sebagai orang yang tak mau mengeluarkan uang untuk kebutuhan pribadinya. Tak jarang kita mencap orang lain bersifat pelit. Tapi sebelum menilai seseorang kikir, apakah kita tidak demikian. Coba sekali lagi dicek, jangan-jangan kita sendiri salah satu yang masuk sebagai golongan kikir.

1. Menikmati sesuan dengan sendiri

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan Kikirpexels.com/Bruce mars

Contoh paling jelas adalah makan sendiri. Makan makanan enak sendirian, berusaha sebisa mungkin tidak mengajak siapa-siapa karena takut dimintai traktir. Padahal, mengajak makan lebih dulu bukan berarti harus menanggung semua.

Jika kita cenderung makan sendiri hanya karena tak ingin dimintai traktir oleh teman, oke fix berarti kita bersifat pelit. Hati-hati ya.

2. Menyimpan rapi barang-barangmu

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan Kikirpexels.com/Bruce mars

Apalagi barang bagus yang gak mau kamu share sama orang lain. Duh, siapa nih yang suka begini? Kalau cewek biasanya seputar makeup atau skincare paling pelit bagi-bagi sama orang lain. Jangan gitu lah, kan harusnya ikut senang kalau orang lain merasa suka mencoba barang pilihan kita.

3. Kalau nabung suka berlebihan, sampai gak ada sisa buat jajan sendiri

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan Kikirpexels.com/Pixabay

Wah, sama diri sendiri saja pelit apalagi sama orang lain. Biasakan sesekali dalam sebulan, kita menghadiahi diri sendiri. Hal ini menjadi bentuk penghargaan terhadap usaha yang sudah kita lakukan lho. Dengan belajar menghargai diri sendiri, kita juga menjadi bisa menghargai orang lain.

Baca Juga: Sederhana, Lakukan 5 Hal Ini Biar Kamu Gak Dicap Pelit

4. Kalau ada ilmu atau pengetahuan baru, lebih senang menyimpan sendiri

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan Kikirpexels.com/Bruce mars

Pengetahuan juga jangan disimpan sendiri, pelit amat sih. Berbagi itu indah banget lho. Apalagi kalau soal pengetahuan yang bermanfaat. Hal-hal yang kita pelajari, baik di sekolah, kampus, atau di kehidupan sehari-hari, bisa menjadi sesuatu yang berharga jika di-share ke orang lain.

5. Sering cemberut dan bermuka masam

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan KikirPexels.com/GrahamWizardo

Eits, senyum juga sedekah. Kok begitu saja pelit. Selain wajahmu jadi tidak enak dilihat, cemberut juga bikin kamu tidak punya banyak teman. Kalau suka bersedekah senyum, aura positif juga akan memancar sehingga banyak orang akan merasa nyaman berteman dengan kita.

6. Tidak suka merekomendasikan hal yang bagus buat orang lain

6 Ciri Tak Kasat Mata Bukti Kamu Termasuk Golongan KikirPexels,com/Tookapic

Kalau ditanya sesuati, ya jangan pelit menjawab dong. Ketika temanmu menanyakan rekomendasi tempat favorit, kita wajib kasih tahu. Jangan karena takut tersaingi dalam hal posting Instagram, lantas info recommended jadi disimpan sendiri.

Nah, itulah beberapa sifat pelit yang biasa kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Pelit atau kikir tidak akan memberi kebaikan apapun. Ingat lho, pelit tidak hanya sebatas materi.

Baca Juga: Selain Soal Uang, Ini 5 Jenis Pelit yang "Haram" Kamu Biasakan 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Desy Damayanti di IDN Times Community dengan judul 6 Tanda Tersembunyi Bukti Kamu Masuk Golongan Orang Pelit

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya