Comscore Tracker

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya 

Tidur selepas subuh, penyebab penyakit lemah syahwat

Umat muslim diajarkan bangun sebelum matahari terbit untuk mempersiapkan diri melaksanakan salat Subuh. Karena masih dalam kondisi mengantuk, kebanyakan dari umat muslim kembali melanjutkan tidur.

Namun ternyata tidur usai salat Subuh dianggap tak baik hingga dilarang di dalam agama Islam. Berikut enam alasan mengapa agama Islam melarang seseorang tidur setelah melaksanakan salat subuh.

1. Tidur setelah subuh tidak mendapatkan keberkahan

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya Unsplash.com/Levi Clancy

Pagi merupakan waktu awal yang baik untuk melakukan segala aktivitas, karena masih dalam keadaan segar dan memiliki banyak energi. Pagi hari menjadi awal turunnya rezeki dan keberkahan karena menjadi permulaan semua aktivitas berlangsung. 

Maka tidur setelah subuh pun tak akan mendapat keberkahan. Nabi Muhammad Saw mendoakan agar pagi menjadi waktu yang penuh dengan keberkahan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

"Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi.)

2. Tidur setelah subuh menghambat datangnya rezeki  

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya Unsplash.com/Sharon McCutcheon

Tidur setelah subuh atau pagi hari memang enak untuk dilakukan, tetapi ini bisa menjadi salah satu penyebab rezeki kita terhambat. Di pagi hari menjadi segala awal aktifitas berlangsung, jika kita memutuskan untuk tidur kembali selepas subuh tentu saja kita kurang maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.

Sebagaimana Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata,

“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu makhluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang (makruh) kecuali ada penyebab atau keperluan.” 

Baca Juga: Ini 7 Tips Mencari Jodoh yang Baik Menurut Islam, Perlu Dicoba

3. Sulit memperoleh kebaikan

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya Unsplash.com/Javier Molina

Waktu pagi seharusnya banyak di isi dengan hal-hal yang positif, agar menjadi batu loncatan di waktu siang hingga sore nanti. Dengan mengisi kegiatan pagi yang positif pikiran kita akan tertata dan rencana-rencana yang akan dilakukan selama satu hari pun akan menjadi lebih jelas dan akan berjalan dengan baik.

Mengisi kegiatan pagi dengan sesuatu hal yang positif juga akan mendatangkan pahala dan kebaikan bagi diri kita sendiri. Sebagaimana Ibnu Qayyim rahimullah menjelaskan,

“Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah sholat subuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.”

Dari penjelasan para ulama tersebut, sudah semakin jelas bukan bahwa tidur setelah subuh memang tidak dianjurkan dalam ajaran Islam demi kebaikan diri sendiri.

4. Menyebabkan rasa malas untuk beraktivitas

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Saat kita bangun pagi badan kita terasa lebih segar dan bersemangat karena masih banyak energi yang kita simpan. Namun, saat kita tidur kembali setelah subuh kondisinya sudah berbeda lagi, badan terasa berat, letih dan lesu. sehingga membuat rasa malas untuk beraktifitas dan terkadang juga aktifitas yang kita lakukan menjadi tidak maksimal.

Sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Qayyim rahimahullah yang mengatakan,

“Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan"

Tidur memang diperlukan, tetapi harus tau kapan waktunya tidur dan berapa jam kita harus tidur. Karena tidur dapat menimbulkan rasa malas dan kebiasaan membuang-buang waktu apalagi jika terlalu banyak tidur.

5. Tidur setelah subuh menimbulkan banyak macam penyakit 

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya Unsplash.com/Sharon McCutcheon

Tidak hanya rasa malas yang timbul saat kita tidur selepas subuh, tetapi bisa juga mendatangkan penyakit lainnya. Salah satu penyakit yang bisa timbul akibat tidur selepas subuh adalah lemah syahwat. Hal ini seperti yang dinyatakan oleh Ibnu Qayyim rahimahullah berkata,

"Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan. Tidur pagi juga menyebabkan berbagai penyakit badan di antaranya adalah melemahkan syahwat"

Sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan tubuh kita sendiri, demi kebaikan diri kita sendiri. Karena yang berhak mengatur dan tau kondisi tubuh kita adalah diri sendiri.

6. Tak baik untuk kesehatan

Tidur Usai Salat Subuh Ternyata Dilarang Agama Islam, Ini 6 Alasannya Unsplash.com/National Cancer Institute

Pagi hari merupakan awalan bagi metabolisme tubuh kembali bekerja dan melakukan pemanasan. Namun saat tidur kembali selepas subuh, metabolisme tubuh akan terhambat untuk bekerja yang berakibat pada terganggunya kesehatan tubuh.

Dengan terganggunya sistem metabolisme tubuh akan berakibat lemas dan tidak bersemangat untuk beraktivitas. Seorang ulama bernama Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata:

“Tidur setelah subuh sangat berbahaya bagi badan karena melemahkan dan merusak badan karena sisa-sisa (metabolisme) yang seharusnya diurai dengan berolahraga/beraktifitas.” 

Itu lah enam alasan kenapa agama Islam melarang umatnya tidur setelah menunaikan kewajibannya salat Subuh. Jika tidur selepas subuh sudah menjadi kebiasaan, belajarlah mengubah secara perlahan-lahan.

Banyak hal yang bisa dilakukan agar tetap terjaga setelah salat Subuh. Seperti membaca Al Quran, atau berolahraga ringgan di dalam maupun luar rumah.

Baca Juga: 10 Sikap Ini Harus Ditunjukkan Saat Mencintai Orang Lain Menurut Islam

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nur Kholid di IDN Times Community dengan judul 6 Alasan Mengapa Agama Islam Melarang Tidur setelah Salat Subuh

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya