TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Universitas Terbaik di Korea Utara, Berminat?

Korea Utara memiliki beberapa universitas yang berkualitas

Mahasiswa Kim Il Sung University (GoogleMaps/KWEN KWEN)

Intinya Sih...

  • Kim Il Sung University merupakan universitas terbaik di Korea Utara, berdiri selama 78 tahun dan menerima mahasiswa asing dari lebih dari 30 negara.
  • Kim Chaek University of Technology memiliki program-program reguler untuk lebih dari 40 mata kuliah utama dan lebih dari 100 mata kuliah pendukung.
  • Pyongyang University of Science and Technology (PUST) adalah universitas swasta pertama dan satu-satunya di DPRK saat ini, dengan lebih dari 60 fakultas asing berasal dari Tiongkok, Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, dan bagian lain di Eropa.

Pernah terpikir untuk melanjutkan studi di Korea Utara? Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini memang kerap menjadi sorotan global, namun ternyata universitas di Korea Utara juga memiliki daya tarik tersendiri dalam hal pendidikan. Meski terkenal sebagai negara yang tertutup, beberapa universitas di Korea Utara menawarkan kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan negara lain.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri, terutama di Korea Utara, berikut adalah tiga universitas terbaik yang layak dipertimbangkan menurut Edurank 2024:

1. Kim Il Sung University

Kim Il Sung University berada di peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Korea Utara. Kim Il Sung University terletak di Ryongnam-Dong, Taesong District, Pyongyang, DPRK, telah berdiri teguh selama 78 tahun sejak pendiriannya pada tahun 1946. Sejak tahun 1955, Universitas Kim Il Sung telah membuka pintunya bagi mahasiswa asing dari lebih dari 30 negara. Dengan lebih dari 5.000 mahasiswa dan magang asing, universitas ini menarik minat dari berbagai belahan dunia, termasuk China, Rusia, Vietnam, Palestina, Iran, Indonesia dan banyak lagi.

Saat ini, kursus bahasa Korea menjadi fokus utama bagi mahasiswa asing. Namun, baru-baru ini, beberapa departemen, seperti Ilmu Komputer, Fisika Modern, dan Matematika Modern, telah mempersiapkan diri sepenuhnya untuk memberikan pendidikan yang memuaskan bagi mahasiswa internasional. Studi di Universitas Kim Il Sung, mahasiswa dan magang asing tidak hanya dapat memperoleh bahasa Korea tetapi juga memahami lebih baik sejarah yang berusia lama dan realitas yang mendebarkan di Korea.

Mereka juga dapat memperoleh pengetahuan umum tentang bidang terkait Korea dan pengetahuan dasar yang melimpah tentang berbagai bidang. Setelah lulus, mereka dapat sepenuhnya berkualifikasi sebagai ahli yang kompeten dalam melakukan penelitian dan pertukaran dengan Korea di berbagai bidang politik, ekonomi, dan budaya, serta mampu mengajar, menerjemahkan, dan menginterpretasikan bahasa Korea sendiri. Pendidikan bahasa Korea saat ini untuk mahasiswa asing bertujuan untuk melatih mereka menjadi ahli yang dapat memberikan pengajaran, terjemahan, dan pekerjaan interpretasi bahasa Korea yang memuaskan, dan memiliki kurikulum selama empat tahun.

Mahasiswa asing yang belajar di Universitas Kim Il Sung menikmati berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler seperti wisata ke bangunan-bangunan arsitektur terkenal, situs wisata, dan situs bersejarah di Korea. Dengan demikian, mereka datang untuk mempelajari budaya, sejarah, dan realitas Korea melalui pengalaman mereka sendiri. Mereka dapat mengunjungi gunung-gunung terkenal di dunia seperti Gunung Kumgang, Gunung Myohyang, serta situs bersejarah seperti situs Kaesong, Nampho, situs Wonsan, dan Mausoleum Raja Tongmyong. Ini memberi mereka kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang sejarah, geografi, dan masyarakat Korea.

2. Kim Chaek University of Technology (KUT)

Kim Chaek University of Technology (KUT) berada di peringkat kedua sebagai universitas terbaik di Korea Utara. Kim Chaek University of Technology terletak di Kyogu-dong, Central District, Yonggwang Street, Pyongyang, DPRK, telah berdiri teguh selama 76 tahun.

Sejak pendiriannya pada tahun 1948, KUT tumbuh menjadi institusi penting dalam pendidikan ilmiah dan teknis di Korea Utara. Dengan perhatian dan arahan langsung Presiden Kim Il Sung, universitas ini berkembang menjadi lembaga terkemuka untuk pendidikan ilmiah dan teknis di negara itu. Di bawah kepemimpinan Presiden Kim Jong Un, universitas ini terus berkomitmen untuk menghadapi tantangan zaman, melatih tenaga akademis dan praktis untuk ekonomi berbasis pengetahuan. Dengan fokus pada orientasi Juche dan modernisasi, KUT bertekad untuk berkontribusi pada pengembangan sains, pendidikan, dan menjadi kekuatan utama dalam komunitas ilmiah global.

KUT menyelenggarakan program-program reguler untuk lebih dari 40 mata kuliah utama dan lebih dari 100 mata kuliah pendukung.KUT sendiri memiliki beragam fakultas yang menawarkan program-program unggulan di berbagai bidang ilmu, antara lain Fakultas: Ilmu dan Teknologi Mekanik, Teknologi Informasi, Teknologi Material, Rekayasa Sumber Daya, Teknik Pertambangan, Teknik Logam, Ilmu dan Teknologi Panas, Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan, Teknik Elektro, Elektronika, Komunikasi, Rekayasa Kontrol, Matematika Terapan, Teknik Kimia Terapan, Fisika Terapan, dan Manajemen Ekonomi Industri. Dengan berbagai pilihan fakultas dan program studi yang tersedia, KUT menawarkan lingkungan akademik yang beragam dan menyeluruh bagi para mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi terkhusus dibidang teknik.

3. Pyongyang University of Science and Technology (PUST)

PUST (Facebook/PUST)

Pyongyang University of Science and Technology (PUST) berada di peringkat ketiga sebagai universitas terbaik di Korea Utara. PUST terletak di Jonjin-dong, Rangnang District, Pyongyang, DPRK. Pada tahun 2001, Universitas Ilmu dan Teknologi Pyongyang (PUST) disahkan oleh Kementerian Pendidikan DPRK dan didirikan oleh Northeast Asia Foundation for Education and Culture (NAFEC), mengikuti kesuksesan Yanbian University of Science and Technology (YUST) di China. Dr. James Chin-Kyung Kim, pendiri YUST, memimpin inisiatif untuk menciptakan PUST atas permintaan DPRK. Konstruksi dimulai pada tahun 2002, dan pada bulan Oktober 2010, PUST menyambut 50 mahasiswa pascasarjana pertamanya.

Sejak pendiriannya pada tahun 2010, PUST adalah universitas swasta pertama dan satu-satunya di DPRK saat ini. Kini, PUST memiliki 500 mahasiswa sarjana pria dan wanita serta 60 mahasiswa pascasarjana, termasuk 5 lulusan yang belajar Kedokteran Gigi di Divisi Ilmu Kedokteran. PUST merupakan komunitas asing terbesar di DPRK, dengan lebih dari 60 fakultas asing berasal dari Tiongkok, Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, dan bagian lain di Eropa. Fakultas asing mengajar di fakultas-fakultas Pertanian dan Ilmu Kehidupan, Teknik Elektro dan Komputer, Bahasa Asing, serta Keuangan Internasional dan Manajemen. Di antara fakultas asing PUST adalah lulusan dari Universitas Cambridge, ETH, dan MIT serta mantan anggota fakultas di universitas-universitas ternama seperti Universitas Baylor di Amerika Serikat dan Universitas Surrey di Britania Raya. Fakultas ini juga termasuk para akademisi yang telah menerbitkan karya dalam bidang keahlian mereka seperti pemuliaan padi, komputasi awan, statistik, dan ilmu aktuaria.

Tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut? Meski penuh dengan misteri, Korea Utara ternyata memiliki universitas yang siap memberikan pendidikan berkualitas bagi para mahasiswa asing. Siapa tahu, berkuliah di negeri ini bisa membuka peluang karier yang lebih luas!

Verified Writer

Bonaventura Sigit

Sementara lagi hibernasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya