Comscore Tracker

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikuti

Tubuhmu tidak bisa melawan waktu

Tak ada yang abadi di dunia ini. Ketampanan, kecantikan, keseksian dari bodi yang oke, semua akan turut berubah seiring dengan bertambahnya usiamu.

Bukan hanya bagian luar saja yang ikut mengiringi umur kamu, tapi  juga mempengaruhi gigi hingga jantungmu. Penuaan dikarakteristikkan dengan kerusakan sel pada tubuh yang menyebabkan terganggunya fungsi tubuh. Hal ini dirasakan oleh semua manusia.

Akan tetapi di dalam laporan World Health Organization (WHO) dalam buku World Report on Ageing and Health, penuaan pada tiap orang berbeda-beda. Beberapa orang yang berumur 70 tahun bisa sehat walafiat dan mampu bergerak tanpa butuh bantuan, yang lainnya bisa memerlukan alat-alat tertentu. Apapun itu, penuaan tidak bisa dihindari. Berikut ini adalah bagian-bagian tubuhmu yang berubah karena mengalami penuaan.

1. Mata

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutivisioneyeinstitute.com.au

Salah satu hal paling umum. Kamu akan merasa matamu semakin kering dan membuatmu gatal serta warna yang kamu lihat semakin tidak terang. Jika tidak diperiksakan, kebutaan bisa terjadi pada saat umurmu 55 tahun.

2. Telinga

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutinakedsecurity.sophos.com

Canadian Hearing Society melakukan survei kepada masyarakatnya dan menemukan fakta jika 60 persen warganya yang berumur di atas 65 tahun telah kehilangan kemampuan mendengarnya. Hal ini perlu diperiksakan untuk mengetahui apakah memang kemampuan mendengarmu menurun karena masalah umur ataukah yang lain.

3. Gigi

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutihealthline.com

Biasanya akan ditandai dengan gusi yang bermasalah serta gigi sensitif. Bahkan mulutmu juga mudah mengering. Perlu diingat untuk kasus mulut yang kering bisa disebabkan karena obat-obatan yang kamu minum, jadi perhatikan baik-baik dan konsultasilah ke dokter.

4. Kulit

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutithebodyshop.com

Semakin kamu menua, kulitmu akan semakin menipis dan keelastisannya berkurang. Tak hanya itu, sedikit gesekan saja bisa langsung melukainya. Untuk menghindari hal macam ini, berbagai artikel menyarankan untuk menggunakan body lotion yang melembapkan kulitmu serta mandi menggunakan air hangat.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!

5. Kaki

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutimuscleandfitness.com

Telapak kakimu tidak akan lagi empuk dikarenakan adanya pengurangan produksi kolagen pada tubuh. Bahkan kamu bisa menderita radang sendi di area persendian kakimu. Bagi mereka yang sering menggunakan hak tinggi, bisa jadi kamu akan mendapatkan hammertoes (kaki palu), kondisi abnormal pada jempol kaki.

6. Alat kelamin

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutinypost.com

Alat kelamin akan semakin kurang elastis. Hal ini menyebabkan kamu susah menahan buang air dan lebih sering kencing. Masalah ini bisa dipersulit dengan kondisi tubuh yang kelebihan berat badan, mendapat penyakit diabetes, seringnya konsumsi alkohol dan kafein serta penggunaan obat-obatan.

7. Otot

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutiglobalvegetarian.ca

Penuaan membuat ototmu kehilangan tenaganya, membuat fleksibilitas berkurang. Ini akan mempengaruhi gerak hingga keseimbangan tubuhmu. Untuk menjauhi pengurangan massa otot yang sangat drastis, baiknya kamu memulai kegiatan fisik setiap hari. Seperti jogging, melakukan tenis dan sebagainya.

8. Tulang

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutialive.com

Layaknya otot, tulang pun turut mengecil dan kepadatannya berkurang. Kamu menjadi lebih mudah mengalami patah tulang. Memenuhi kebutuhan kalsium di masa muda adalah hal paling jitu untuk mengatasi masalah ini. he National Academy of Science, Engineering, and Medicine merekomendasikan untuk mengonsumsi 1.000 miligram kalsium tiap harinya untuk orang dewasa.

9. Jantung

Ketika Usiamu Menua, 9 Bagian Tubuh Ini akan Turut Mengikutinews.stanford.edu

Kondisi ini berhubungan dengan aliran darah yang semakin menyempit. Kondisi tersebut membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Alhasil otot jantung berubah dan kondisi tekanan darah tinggi bisa didapat.

Segala kondisi penuaan ini bisa kamu kurangi asalkan kamu hidup sehat dan sering berolahraga. Jika kamu tidak mempersiapkan diri dari sekarang, efeknya akan terjadi di masa tua. Kamu tidak mau hal itu terjadi kan?

Baca Juga: 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dini Tanpa Kamu Sadari

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You