Comscore Tracker

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujan

Jangan sampai langganan mengalaminya setiap tahun

Biasanya saat musim hujan tiba, anak-anak akan ngomong pada ibu atau ayahnya agar diizinkan untuk bermain dan mandi hujan. Menang, menurut berbagai pandangan, bagi anak-anak yang biasa mandi hujan, maka kekebalan tubuhnya akan meningkat.  

Tapi, saat hujan tersebut, umumnya akan terjadi perubahan kondisi lingkungan, dan ini akan sering menyebabkan tubuhmu merasa tidak enak. Entah itu pegal-pegal, demam ataupun lainnya. Belum lagi jika terjadi banjir.

Kasus itu akan makin memberikanmu banyak risiko penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang umum diderita ketika musim penghujan di kawasan Asia Tenggara!

1. Demam dan batuk

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujanmedicalnewstoday.com

Umumnya disebabkan oleh rhinovirus, demam ini akan menyebabkan radang tenggorokan dan juga hidung meler. Jika hal tersebutkan lebih lama, selain dapat menyebabkan batuk, juga dapat menyebabkan sinusitis dan bronchitis. Pastikan dirimu minum air yang banyak dan konsumsi vitamin C.

2. Influenza

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujandettol.co.in

Ditemani demam, sakit kepala dan pegal-pegal di badan, penyakit ini dikarenakan virus flu. Virus ini menyerang sistem pernapasan, jadi sangat penting untuk menghubungi dokter jika kamu merasakan gejala yang lebih parah dan sebelum terjadi komplikasi.

3. Demam berdarah

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujanillawarramercury.com.au

Air hujan mampu menggenangi sampah-sampah di dekat rumahmu dan menjadikannya sarang nyamuk, termasuk bagi nyamuk Aedes aegypti betina. Ia membawa virus demam berdarah.

Penyakit ini dapat menjadi sangat parah. Jika kamu mengalami demam lebih dari tiga hari dan gejala lain, segera lakukan konsultasi dengan dokter atau melakukan tes darah sebelum terlambat.

Baca Juga: Penghangat Alami di Musim Hujan, Sup Khas Rusia Ini Bisa Jadi Pilihan

4. Scabies

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujandrscabies.com

Ketimbang penyakit yang datang karena virus, scabies lebih dikarenakan karena adanya tungau atau parasit Sarcoptes scabiei yang bersarang di tubuhmu. Rasanya akan sangat gatal dan memiliki ruam di kulit.

Membiarkan penyakit ini akan menjadikan lapisan kulit terluarmu menjadi sarang tungau itu. Terdapat salep yang mampu menyembuhkan hal itu.

5. Jamur kaki

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujanhowtorelief.com

Banjir sering menyebabkan kakimu terendam air dan membuatnya lembap hingga menjadi sarang jamur. Infeksi ini menyebabkan kulit kaki pecah-pecah, bau kaki hingga peradangan. Solusinya adalah dengan pemberian salep antijamur terhadap kaki.

6. Leptospirosis

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujanpetfocus.ca

Bakteri yang datang kotoran tikus yang terbawa akibat banjir mampu menyebabkan leptospirosis. Kasus ini sering terjadi bagi mereka yang memiliki luka terbuka. Leptospirosis memiliki gejala demam tinggi, menggigil, sakit otot, muntah-muntah dan diare. Gejala ini mirip dengan penyakit lain, jadi menghubungi dokter adalah satu-satunya cara.

7. Kolera

Segera Antisipasi, 7 Penyakit Ini Kerap Muncul Saat Musim Hujanusatoday.com

Untuk penyakit satu ini disebabkan oleh bakteria Vibrio cholerae. Kamu bisa terkena penyakit ini jika memakan atau meminum apapun yang terkontaminasi.

Diare, muntah-muntah, serta dehidrasi adalah contoh gejalanya. Untuk penyembuhan awal, kamu perlu memenuhi kandungan cairan di tubuhmu yang terbuang melalui diare dan muntah-muntah dengan cara meminum air yang cukup banyak dan sering.

Kamu perlu benar-benar menjaga tubuhmu agar tetap fit untuk menghindari penyakit-penyakit ini. Hindari kelelahan yang berlebihan dan pastikan tempat tinggalmu untuk selalu bersih setiap saat.

Baca Juga: 6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rindu

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You