Comscore Tracker

Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir Nyamuk

Jauh deh dari bentol-bentol!

Kedatangan nyamuk memang menyebalkan. Suara dengungan dan gigitannya yang gatal bikin ganggu waktu santai akhir pekan. Apalagi nyamuk-nyamuk makin bertambah banyak ketika musim hujan. 

Mengatasi nyamuk tak hanya dengan semprot anti serangga, ternyata ada tanaman alami yang mampu menghalau nyamuk lho! Apa saja? Yuk, simak tanaman berikut ini!

1. Rosemary

Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir Nyamukunsplash.com/Luigi Pozzoli

Rosemary biasa digunakan untuk penyedap makanan, khususnya pada daging dan ikan. Wanginya yang khas, menambah cita rasa menjadi semakin kaya. Tak hanya itu, tanaman ini juga mampu mengusir nyamuk dan kutu.

2. Lavender

Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir NyamukPixabay/StockSnap

Semua orang pasti tahu khasitas lavender selama berabad-abad sebagai wewangian, dan menjadi salah satu aroma yang sangat disukai hingga sekarang. Aroma lavender juga mampu mengusir nyamuk, lalat, dan kutu.

Kamu bisa menanam lavender di pekarangan. Agar serangga tak memasuki hunian, letakkan pot berisi tanaman ini di dalam rumahmu.

3. Peppermint

Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir NyamukPinterest/Gardeningknowhow

Tanaman ini memiliki aroma khas yang kuat. Namun, aroma peppermint yang menyegarkan bagi manusia, ternyata dibenci oleh nyamuk, lalat, dan laba-laba. 

Selain dapat menghalau serangga, bonusnya kamu juga bisa menggunakan peppermint sebagai campuran untuk minuman segar. Nikmat, kan?

Baca Juga: Bikin Ruangan Lebih Estetik, 5 Tanaman Gantung Ini Wajib Kamu Punya!

4. Basil

Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir Nyamukthespruce.com

Tanaman basil juga ampuh mengusur lalat maupun nyamuk di dalam rumah. Letakkan basil di dekat pintu rumah, dan di area outdoor yang biasa dijadikan untuk area relaksasi!

Basil segar pun bisa dibuat menjadi spray penangkal serangga. Caranya, campurkan beberapa daun basil dengan air mendidih. Diamkan beberapa jam. Peras daun dan keluarkan dari cairan. Jadilah spray anti serangga yang murah meriah.

5. Marigold

Selain Lavender, 4 Tanaman Ini Ampuh Usir NyamukPexels.com/Pixabay

Bunga marigold tak hanya indah, tapi mampu mengusir serangga yang membandel. Aroma dari bunga ini sangat dibenci oleh kutu daun dan nyamuk. Bahkan, petani pun biasa menggunakan akar dari marigold untuk mengusir nematoda, cacing gilig atau cacing gelang.

Itulah lima tanaman yang bisa mengusir nyamuk maupun serangga lain. Selain menambah keindahan di dalam rumah, ternyata khasiatnya dibutuhkan manusia, lho. Kamu pilih tanaman untuk mengusir nyamuk?

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Pengisi Ruang yang Bisa Jadi Background Foto Unik

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya