Comscore Tracker

Udah Tahu Belum? 5 Tanaman Media Air Indoor Hits Banget Saat Ini

Semuanya kece buat dekorasi ruangan #IDNTimesLife

Banyak tren yang hadir di era pandemik. Tren itu rata-rata hobi lama yang kini hits kembali. Satu di antaranya adalah tanaman hias.

Hobi itu dipilih tak hanya menyejukkan, tanaman dalam ruangan juga bikin kamu merasa rileks. Jika mau lebih praktis, kamu pun bisa merawat tanaman tertentu dengan media air aja, lho! 

Kali ini kami akan bagikan beberapa jenis tanaman indoor media air yang bisa jadi pilihan untuk kamu koleksi. Apa saja? Intip di bawah deh!

1. Monstera Deliciosa

Udah Tahu Belum? 5 Tanaman Media Air Indoor Hits Banget Saat IniMonstera Deliciosa carmeonhamilton.com

Menjadi tanaman idola pada tahun 2020, Monstera Deliciosa tampil menawan dengan daunnya yang cukup lebar dan ciri khas lubang di bagian samping. Tanaman yang berasal dari Meksiko ini akan semakin cantik jika kamu taruh di pot tawon putih. Selain itu, kamu juga bisa merawatnya hanya dengan media tanam air saja.

Monstera Deliciosa dapat merambat dan menyerap air serta nutrisi agar mampu bertumbuh. Orang Tiongkok bahkan percaya bahwa keberadaannya di rumah merupakan simbol kesehatan dan kemakmuran. 

2. Sirih Gading

Udah Tahu Belum? 5 Tanaman Media Air Indoor Hits Banget Saat IniSirih Gading cityofsisterlylove.com

Bentuk daunnya yang menyerupai jantung hati membuat Sirih Gading mendapat tempat tersendiri bagi pencinta tanaman. Memiliki nama lain sebagai Devil's Ivy, Sirih Gading tumbuh dengan warna daun hijau bergaris putih.

Apabila kamu tertarik untuk merawatnya di rumah, kamu bisa gunakan botol kaca dan menanamnya dengan media air. Tanpa perlu kamu beri pupuk, Sirih Gading bisa tumbuh subur asal ditempatkan di area dengan cahaya matahari cukup. Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman yang mampu menyerap racun, lho!

3. Bambu Rezeki

Udah Tahu Belum? 5 Tanaman Media Air Indoor Hits Banget Saat Iniwesmoss.com

Seperti namanya Bambu Rejeki, konon keberadaannya mampu membawa keberuntungan bagi si pemilik. Tak ayal kenapa banyak orang merawat tanaman yang berasal dari Kamerun, Benua Afrika ini. Penampilan Bambu Rejeki seperti miniatur pohon bambu, dengan batang agak lentur dan daun yang memanjang berwarna hijau. 

Tanaman yang digemari di dataran Asia Timur ini tergolong cukup mudah perawatannya, bahkan bisa ditanam dengan cara hidroponik atau dengan media tanam air. Satu catatan saja, jika kamu ingin merawat maka jangan biarkan Bambu Rejeki sampai kehabisan air ya!

Baca Juga: Ragam Koleksi Tanaman Ayudia Bing Slamet, Lily sampai Calathea Lutea

4. Pegagan Air

Udah Tahu Belum? 5 Tanaman Media Air Indoor Hits Banget Saat Inicarousell.sg

Kamu barangkali pernah mendengar Centella Asiatica, senyawa alami untuk menutrisi kulit, yang biasanya jadi bahan pembuatan produk perawatan wajah. Nah, tanaman yang bernama Pegagan Air ini adalah Centella Asiatica, yang sangat populer di dunia skincare-an itu.

Pegagan Air memiliki batang yang tipis dengan bentuk daun pipih bulat. Biasa ditanam dengan media air, tanaman dengan nama lain Pennywort India ini berasal dari Samudra Hindia. Kamu bisa tempatkan di area dengan cahaya cukup seperti teras atau jendela ruangan jika ingin mengoleksinya.

5. Tradescantia Zebrina

Udah Tahu Belum? 5 Tanaman Media Air Indoor Hits Banget Saat Inithespruce.com

Dikenal dengan nama lain Wandering Jew, Tradescantia Zebrina memiliki daun berwarna ungu kombinasi silver. Bentuk batangnya yang menjalar membuat tanaman yang berasal dari Meksiko Selatan dan Guatemala ini cocok dijadikan tanaman gantung. 

Kamu bisa tempatkan pada area dengan cahaya tidak langsung untuk menghindari warna daun yang menguning. Tradescantia Zebrina tergolong tanaman yang mudah perawatan serta cepat pertumbuhannya kok! Jadi gak usah khawatir jika kamu ingin mengoleksinya. 

Itu tadi beberapa tanaman hias paling ngetren dalam ruangan yang bisa tumbuh pada media air. Bagaimana menurutmu, mana yang paling elok nih? 

Baca Juga: 10 Ide Tanaman Hias ala Nadine Chandrawinata, Ada Begonia Polkadot!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya