Comscore Tracker

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Pelajari Lagi 5 Soft Skill Seperti Ini 

Buat mahasiswa, mari asah soft skills di bawah ini!

Hingga saat ini, masih sangat banyak para lulusan sarjana yang lagi menyiapkan berkas lamaran kerja, belum mengetahui siapa diri mereka yang sesungguhnya. Tak penting disiplin ilmu, apa pun lowongan yang terbuka segera masukkan lamaran.

Padahal, saat dibangku kuliah sudah cukup banyak teori yang dikupas, sebelum kamu masuk dalam bursa pasar kerja. Pendek kata, kamu harus ada hard skill dan soft skill.

Ini karena pihak perusahaan membutuhkan orang-orang yang dapat menunjang diri dan meningkatkan cara kerjanya.

Soft skill merupakan kemampuan seseorang di luar yang berhubungan dengan masalah teknis. Lantas, ia berhubungan dengan emosional serta kepribadian seseorang. Berikut merupakan lima soft skill yang perlu kamu asah sebelum memasuki dunia kerja.

1. Kemampuan berkomunikasi dapat meningkatkan nilai dirimu

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Pelajari Lagi 5 Soft Skill Seperti Ini dictio.id

Kemampuan berkomunikasi sangat penting dimiliki setiap orang dalam dunia kerja. Pada awalnya saja, kita sudah dihadapkan dengan wawancara kerja yang sangat menguji kemampuan berkomunikasi. Komunikasi yang baik pun, sangat penting untuk membangun hubungan yang baik antar rekan kerja atau atasan.

Komunikasi merupakan kegiatan yang berjalan dua arah. Pentingnya mengasah kemampuan berkomunikasi adalah memudahkan koordinasi dengan siapa pun di tempat kerja. Selain itu, kamu juga membiasakan diri menjadi pendengar yang baik.

Soft skill bisa diasah dalam kehidupan sehari-hari. Seperti presentasi di kelas, mengobrol dengan penjual makanan, berbincang dengan supir taxi online, atau berkomunikasi dengan teman. Kamu juga bisa belajar, bagaimana cara menghadapi dosen atau guru untuk bekalmu menghadapi bos di tempat kerja kelak.

2. Bekerja sama dalam tim membawamu ke dalam dunia kerja yang asyik

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Pelajari Lagi 5 Soft Skill Seperti Ini Pexels.com/Pixabay

Setelah berkomunikasi, kemampuan selanjutnya adalah dapat bekerja sama dengan tim. Hal ini dapat dibangun jika memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja. Bekerja sama dalam tim bukan hanya perkara jalur komunikasi yang baik, tetapi bagaimana kamu dapat memahami mereka. 

Ketika bekerja sama dalam tim, kamu harus menjadi orang yang terbuka dan mau menerima kritik. Soft skill ini dapat dilatih dalam kelompok kecil di kampus, saat mengerjakan tugas kelompok. Kemampuan ini akan sangat menunjang kariermu ke depannya.

Orang pintar belum tentu memiliki kemampuan bekerja sama yang baik. Akan tetapi, perusahaan pasti lebih membutuhkan orang yang dapat bekerja sama dalam tim. Ini karena koordinasi sangat dibutuhkan. Jika tidak memiliki kemampuan ini, kamu akan terhambat dalam menghadapi dunia kerja. 

3. Pemikiran kreatif dan inovatif membuat dirimu lebih menarik di mata perusahaan

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Pelajari Lagi 5 Soft Skill Seperti Ini videoblocks.com

Kelak, soft skill akan menjadi pelengkapmu. Perusahaan masa kini menginginkan pemikiran pekerja yang lebih segar. Jika punya jiwa kreatif dan inovatif, kamu akan lebih mudah mengeluarkan ide-ide baru untuk perusahaan.

Latihlah kemampuan ini dalam dunia organisasi kampus! Caranya adalah dengan berani memberikan ide atau pemikiran-pemikiran baru. Lewat keberanian dalam dunia organisasi tersebut, kamu akan terbantu dalam mengasah pola pikir kreatif dan inovatif.

Baca Juga: 9 Hal ini Bikin Kamu Banjir Ide Kreatif, Bukan Sekadar Sok Tahu

4. Memiliki kemampuan menganalisis sesuatu untuk mendapatkan solusi yang tepat

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Pelajari Lagi 5 Soft Skill Seperti Ini Pexels/Christina Morillo

Sebelum kamu bisa berpikir kreatif dan inovatif, pastikan kamu memiliki kemampuan analisis! Kemampuan ini dapat membawamu lebih mudah menyelesaikan sebuah masalah dengan baik dengan menemukan solusi yang tepat.

Jadilah orang yang memiliki rasa ingin tahu dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Selalu analisis setiap persoalan yang didapat dari berbagai sisi. Lalu, temukan solusi permasalahannya. Kemampuan ini dapat kamu latih dalam kehidupan sehari-hari. Cobalah menganalisis setiap masalah yang ada di sekitarmu atau pada organisasi di kampusmu. 

5. Dapat mengatur waktu dengan baik, menjadi kemampuan pelengkap dalam dirimu

Sebelum Masuk Dunia Kerja, Pelajari Lagi 5 Soft Skill Seperti Ini Pexels/Garry Mordor

Yang terakhir adalah kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik. Dalam dunia kerja, pasti bukan satu atau dua pekerjaan saja yang ditangani. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur jadwal dan tugas dengan rapi sehingga seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Cobalah mengambil beberapa organisasi di lingkungan perkuliahan. Ini akan melatihmu mengatur waktu. Selalu tuliskan jadwalmu dalam planner atau cantumkan di dalam gadget sebagai pengingat sehari-hari. 

Itulah soft skill yang perlu kamu asah sebelum menginjak dunia kerja. Kira-kira, kemampuan mana yang sudah kamu latih?

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Lihai Mengatur Waktu, Jangan Sampai Menyesal Belakangan

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You