Comscore Tracker

Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses Ini

Jangan mikirin gaji besar dulu!

Perusahaan asuransi itu termasuk satu pekerjaan yang pendapatan gajinya cukup besar. Walau masih melihat perusahaannya, namun biasanya perusahaan asuransi ini memberikan fasilitas bonus dan yang lainnya.

Tapi perlu diingat, kamu harus bisa survive dan membutuhkan perjuangan yang lebih tinggi juga. Nah, bagi kamu yang baru akan menjajalnya, yuk simak tips sukses berkarier di perusahaan asuransi berikut!

1. Saat melamar di perusahaan asuransi, pastikan minatmu sesuai dengan lowongan yang tersedia. Jangan lamar posisi hanya karena coba-coba!

Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses IniPexels/Christina Morillo

"Jangan coba-coba. Banyak yang ditanya kenapa cari kerja di asuransi dan dijawab karena coba-coba, itu pasti tidak akan kita terima," ungkap ke Oke Putra Jaya, Bancassurance Recruitment & Development BNI Life. Baginya peminat pelamar kerja harus sesuai dengan apa yang dilamar.

Untuk posisi telemarketing, misalnya. Seseorang harus punya minat di bidang pemasaran. Untuk menjadi admin, mereka juga berminat di dunia itu. 

2. Cari tahu posisi yang kamu lamar. Jangan sampai tidak tahu tugasnya saat ditanya dan justru menggagalkan langkahmu!

Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses IniPexels/Caio Resende

Bukan hanya merugikanmu saat proses rekrutmen saja. Seandainya kamu diterima bekerja dan masih tidak tahu tugasmu, kamu akan merasakan shock jika pekerjaan tidak sesuai. Ujungnya, bisa jadi kamu tidak betah, pekerjaan tidak maksimal, serta ingin segera resign.

"Misalnya, ingin melamar telemarketing. Tapi, mereka tidak tahu telemarketing itu apa. Lebih baik, searching dulu sebelum berangkat tes," ungkap Oke. Ya, kecanggihan teknologi bernama internet sudah seharusnya kamu manfaatkan untuk mengetahui tentang perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar, sehingga bermanfaat untuk masa depanmu.

3. Pahami perusahaan yang kamu lamar, bukan sekadar tergiur nama besar induk perusahaannya saja

Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses IniPexels/Expect Best

Pernah tertarik kerja di sebuah perusahaan karena ada embel-embel nama perusahaan besar? Sebaiknya, ini segera dihindari karena menandakan kamu tidak mengetahui betul perusahaan yang akan dilamar. Sejatinya, induk perusahaan yang sukses mungkin saja melahirkan anak perusahaan yang berbeda bidang. Jika kamu lemah dalam memahami ini, perjuanganmu bakal sia-sia.

"Pelamar harus tahu apa yang mereka apply dan di mana mereka apply. Banyak nih yang melamar BNI Life, asuransi dari BNI. Mereka tahunya hanya BNI saja, tidak tahu BNI Life itu apa," ungkap Oke. 

Baca Juga: Ini 5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Agar Terlihat Profesional

4. Kalau kamu sudah diterima kerja, jangan menyerah meskipun melalui banyak penolakan. Dengan ditolak, semakin belajar seseorang

Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses IniPexels/rawpixel.com

Bekerja di perusahaan asuransi, khususnya di bagian marketing, tidak dimungkiri membutuhkan mental baja. Dengan target sedemikian rupa, kamu jadi berlomba-lomba mencari orang yang hendak menikmati produk perusahaanmu. Tentunya, tidak semuanya menerima dan tidak semua orang memberi respons menyenangkan.

"Jangan menyerah. Awal-awal jadi marketing, pasti akan ada banyak penolakan. Tapi semakin ditolak, semakin berhasil karena pembelajarannya semakin banyak," tambah laki-laki berkacamata ini. Dari penolakan ini, lambat laun orang akan menemukan formula yang tepat untuk mencapai targetnya.

5. Jangan berpikir soal gaji besar dulu. Carilah cara mengembangkan kemampuan dengan mempelajari karakter orang

Pilih Berkarier di Perusahaan Asuransi, Baca 5 Tips Sukses IniPexels/Startup Stock Photos

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, penolakan pasti menjadi dominan di awal-awal menjadi marketing di perusahaan asuransi. Karena itu, kamu jangan membayangkan gaji yang besar terlebih dahulu. Sebenarnya, investasimu di perusahaan asuransi adalah proses dan pengalaman memenangkan hati nasabah.

"Marketing asuransi itu gak selamanya menawarkan produk atau uang. Yang penting, dia bisa tahu nasabahnya itu seperti apa, itu lebih bagus. Karena penyampaian nasabah A dan nasabah B itu bisa berbeda-beda. Ada yang belum ditawarin, sudah menolak. Ada yang kita gak ngapa-ngapain, dia sudah tanya-tanya," ungkapnya mengakhiri wawancara.

Itu dia tips sukses berkarier di perusahaan asuransi. Menarik dan menantang, bukan? Walaupun harus berjuang demi target dan menghadapi beragam penolakan, dijamin kamu akan memiliki skill yang membanggakan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tak Profesional yang Bikin Rekan Kerja Jadi Ilfil Denganmu

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya