Comscore Tracker

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! 

Biar tidak hanya menjadi angan!

Semua orang memiliki impian, namun tidak semuanya mampu mewujudkannya. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi kegagalan dalam meraih impian.

Salah satunya adalah pengambilan langkah yang kurang tepat. Terinspirasi dari berbagai sumber, inilah 8 tips supaya kamu bisa lebih mudah meraih impianmu!

1. Buatlah tujuanmu menjadi lebih spesifik supaya memudahkanmu untuk melangkah!

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! pexels/picjumbo-com

Ketika kamu ingin terkenal, cobalah persempit kembali! Terkenal yang kamu maksudkan bisa jadi sebagai penyanyi, aktor, atau presenter. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Cobalah bandingkan dengan hanya menulis "aku ingin terkenal"! Selain terlalu luas, kamu akan melakukan segala cara untuk menjadi terkenal meskipun bidang yang kamu jalani tidak membuatmu nyaman.

2. Selaraskan energi, pola pikir, dan kemampuanmu dengan tujuan yang ingin kamu raih

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! plushmarketingagency.com

Salah satu tips untuk meraih impian adalah menyelaraskan pola pikir, energi, dan kemampuan. Jika kamu ingin menjadi seorang Make up artist (MUA) yang terkenal, cobalah untuk berpikir bahwa kamu bisa dan mampu mewujudkan itu.

Kamu bisa mulai membuat portofolio untuk hasil makeup. Sematkanlah sesuatu yang positif seperti "Amazing MUA". Supaya lebih dikenal khalayak, kamu bisa mengikuti perlombaan.

Jika kamu memenangkannya, namamu akan semakin melambung tinggi. Kamu juga bisa menambah ilmu dengan mengikuti kursus makeup. Intinya, kerahkan semua energimu untuk fokus menimba ilmu dan berkarya.

3. Temuilah seseorang yang ahli atau berada di bidang yang kamu inginkan!

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! pexels.com/mentatdgt

Ketika memutuskan terjun dalam suatu bidang, kamu harus memiliki ilmu yang melandasinya. Ilmu ini bisa didapat dari pendidikan, internet, atau bertemu dengan ahlinya. Tujuannya, tentu supaya kamu memiliki gambaran mengenai impianmu.

Jika ingin berbisnis bakery, tak ada salahnya kamu mengikuti seminar bisnis atau bertemu seorang baker. Mereka akan membagikan ilmu yang akan sangat berguna, sekaligus bisa memperluas relasimu. Bahkan bisa saja mereka akan membantu atau mau bekerja sama.

4. Bicarakan mengenai mimpimu kepada orang lain yang kamu percayai

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! Unsplash/Yuvraj Singh

Beberapa orang enggan mengutarakan rencana atau impiannya kepada orang lain. Ini karena mereka takut merasa dihakimi dan lantas, harapannya terputus. Padahal, mereka bisa saja menjadi bala bantuan untuk mewujudkan impianmu itu, lho! 

Mereka bisa membantu dalam berbagai wujud seperti mencari informasi mengenai kursus untuk pendalaman kemampuanmu atau membantu dari segi finansial.

Jika tidak ingin salah dalam menceritakan impianmu, kamu harus selektif untuk memilih sasarannya. Solusinya, berceritalah kepada orang yang kamu percayai seperti keluarga, sahabat, atau pacar! Kalau kamu tidak bilang, bagaimana mereka bisa tahu?

Baca Juga: Kisah Putri Ariani, Mengubah Keterbatasan Jadi Bakat untuk Raih Impian

5. Tidak perlu gegabah, lakukanlah langkah kecil namun pasti!

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! Pixabay/Fotorech

Kamu boleh merancang impian setinggi mungkin. Akan tetapi, kamu perlu kesabaran dalam meraihnya. Mulailah dari langkah kecil, namun terus konsisten hingga tercapai impianmu.

Kamu mungkin menginginkan perjalanan yang instan dan singkat untuk meraihnya. Namun, tidak semuanya bisa dicapai dengan cepat.

Perjalanan yang perlahan juga akan memberikanmu pelajaran dan membentuk sebuah kebiasaan untuk berlatih. Jika kamu mendapatkan kesempatan besar di tengah langkahmu, ambilah! Siapa tahu, itu mampu membuatmu berjalan lebih cepat?

6. Katakan tidak pada prokrastinasi alias menunda-nunda pekerjaan!

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! pexels/andrea piacquadio

Prokrastinasi adalah kebiasaan menunda sesuatu yang penting demi hal lain yang tidak lebih penting. Tidak perlu menunggu tahun depan untuk membuat langkah pertamamu. Langkah pertamamu bisa dilakukan kapan saja, entah esok hari atau bahkan saat ini juga.

Kamu boleh saja mengendurkan ritme karena ada hal yang lebih penting dan darurat untuk diselesaikan dahulu. Kamu juga boleh rehat sejenak dan menikmati waktu. Tapi, ingatlah untuk tetap berjalan meniti kesuksesan kembali. Ingatlah, waktu itu berharga!

7. Hindari keinginan untuk menjadikan semua pilihanmu sempurna

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! Unsplash/John Schnobrich

Sebagai manusia, kamu pasti ingin perjalanan meniti impian akan mulus. Sayangnya, ada jatuh bangun yang harus dilalui. Kamu tak bisa menghindari risiko karena setiap pilihan memiliki dampak. Pilihlah risiko yang mampu kamu tanggung dan ambil pelajaran darinya.

Menjadi perfeksionis akan membuatmu terlalu fokus pada hal detail dan melupakan gambaran besarnya. Langkah untuk maju bisa terhenti karena kamu merasa ada detail kecil yang mengganggu perjalanan, seperti sebuah kegagalan.

Detail itu memang penting. Namun, ada kalanya kamu harus mementingkan gambaran besar dan memaafkan detail yang tidak sempurna itu.

8. Jangan terjebak pada masa lalumu!

Agar Kamu Mudah Meraih Impian, Pelajari 8 Tips Ini, Dijamin Berhasil! unsplash/stefan spassov

Kamu mungkin mengalami kegagalan dalam perjalanan meraih impianmu. Entah gagal dalam berkompetisi, mengalami kerugian, atau mendapatkan cemooh dari orang-orang di sekitar. Ini memang akan terasa sangat menyakitkan dan membuatmu ingin menyerah.

Kamu boleh menangis dan bersedih, namun jangan biarkan berlarut-larut! Lihatlah ke kalender dan kamu masih memiliki waktu untuk memperbaikinya! Jangan terlalu fokus pada masa lalu dan jadikan itu sebagai pengalamanmu.

Terlalu fokus pada masa lalu, akan menghambatmu untuk terus berjalan. Kamu akan menjadi ragu, tidak percaya diri, dan tidak berani melangkah kembali. Evaluasi kegagalanmu lalu rancang kembali langkahmu selanjutnya!

Cobalah untuk mempraktikkan tips di atas, ya! Selamat meraih impian, pemenang!

Baca Juga: 6 Motivasi untuk Kamu yang Berjuang Mencari Pekerjaan Impian

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya