Comscore Tracker

Kirim Lamaran Kerja Via Email, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini 

Teliti dulu sebelum pencet tombol send!

Meski saat ini sudah banyak website dan aplikasi yang menyediakan jasa untuk melamar kerja. Akan tetapi, beberapa perusahaan juga masih tetap menggunakan email sebagai sarana utama untuk menerima lamaran kerja.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menulis dan mengirim lamaran dalam email yang menarik dan baik untuk memberikan kesan positif saat melamar kerja. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum mengirimkan lamaran kerja via email. Apa saja itu, yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Sesuaikan subjek atau judul email dengan permintaan perusahaan

Kirim Lamaran Kerja Via Email, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini unsplash/Austin Distel

Biasanya, lowongan pekerjaan yang disebarkan oleh perusahaan akan mencantumkan beberapa ketentuan yang harus ditaati oleh para pelamar. Salah satunya adalah ketentuan mengenai subjek email.

Jika memang ada ketentuan yang diberikan oleh perusahaan yang bersangkutan, maka pastikan kembali subjek email yang ingin kamu kirim sudah memenuhi persyaratan mereka. Jangan lupa juga cantumkan posisi yang ingin kamu lamar.

2. Jangan lupa awali badan email dengan sapaan, nama, dan jabatan orang yang ingin dituju dengan benar

Kirim Lamaran Kerja Via Email, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini unsplash/John Schnobrich

Untuk memberikan kesan pertama yang baik dalam melamar pekerjaan, sebaiknya awali pernyataan kerja yang ingin kamu kirim dengan salam atau sapaan terlebih dahulu. Jangan lupa juga berikan keterangan mengenai nama dan jabatan dari orang yang kamu sapa. Jika kamu tidak mengetahuinya, kamu bisa mengungkapkan sapaan tersebut dengan, "Kepada Bapak/Ibu HRD di tempat".

3. Sebelum menuliskan pernyataan lamaran kerja, kamu harus memperkenalkan diri terlebih dahulu

Kirim Lamaran Kerja Via Email, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini pexels/Startup Stock Photos

Setelah sudah memberikan sapaan, kamu perlu memperkenalkan dirimu terlebih dahulu dengan baik. Tidak perlu terlalu panjang, cukup sebutkan profil singkatmu saja kok.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 5 Waktu Tepat Kirim Surat Lamaran Kerja

4. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang formal

Kirim Lamaran Kerja Via Email, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini pexels/Burst

Sama halnya dengan membuat surat lamaran kerja, dalam mengirimkan lamaran kerja via email juga sangat penting menggunakan bahasa yang formal. Hal ini karena kamu harus memberikan kesan profesional dan menunjukkan jika kamu memang serius melamar pekerjaan.

Biasanya, kemampuanmu dalam menulis lamaran kerja juga dinilai lho oleh pihak perekrut. Jadi, jangan pernah menggunakan bahasa santai jika kamu berniat serius mendapatkan pekerjaan ya!

5. Jangan pernah mengirim lamaran kerja dengan alamat email yang tidak jelas

Kirim Lamaran Kerja Via Email, Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini unsplash/Patrick Amoy

Sebelum benar-benar mengirimkan surat lamaran yang telah kamu buat, pastikan terlebih dahulu alamat email yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu mengirimkan surat lamaran tersebut dengan alamat email yang alay dan tidak jelas. Sebab, hal tersebut bisa langsung membuat lamaranmu ditolak oleh pihak perusahaan.

Nah, sudah tahu kan apa saja yang perlu kamu perhatikan saat mengirim email lamaran kerja? Jangan sampai salah ya. Sebab, hal tersebut bisa berakibat fatal dan membuatmu tidak diterima kerja. 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini 5 Waktu Terbaik untuk Mengirim Surat Lamaran Kerja

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya