Comscore Tracker

Mencari Pekerjaan, Millennials Harus Menghadapi 5 Tantangan Ini 

Memang gak mudah, tapi kamu pasti bisa!

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, tentu ada beberapa tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi terlebih dahulu. Tidak hanya itu, tantangan di dunia kerja pun semakin berkembang menyesuaikan generasi dari masyarakat yang ada.

Nah, kira-kira tantangan seperti apa yang akan dihadapi oleh millennials saat ini di dunia kerja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Lapangan pekerjaan yang semakin sedikit

Mencari Pekerjaan, Millennials Harus Menghadapi 5 Tantangan Ini pexel/fauxels

Lapangan pekerjaan yang ada saat ini kemungkinan besar tidak sesuai dengan laju pertumbuhan masyarakat di Indonesia. Akibatnya, saat waktunya tiba untuk mencari kerja kamu pun merasa kesulitan dalam mendapatkannya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan diri sejak masih berada di bangku sekolah agar peluang mendapatkan kerja menjadi semakin besar.

2. Kurang pengalaman kerja

Mencari Pekerjaan, Millennials Harus Menghadapi 5 Tantangan Ini freepik/ijeab

Tantangan lain yang harus dihadapi oleh para millennials berada dalam segi pengalaman kerja. Ini karena meskipun beberapa di antara mereka telah lulus dan sudah memulai jenjang kariernya, akan tetapi sebagian besar millennials masih mengemban masa studi. Nah, jika kamu salah seorang yang masih mengemban masa studi, maka cobalah untuk mendapatkan pengalaman kerja melalui kegiatan magang atau volunteer.

3. Terlalu pemilih dalam mencari pekerjaan

Mencari Pekerjaan, Millennials Harus Menghadapi 5 Tantangan Ini unsplash/Sebastian Herrmann

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh millennials adalah keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan. Hal ini bukan berarti buruk. Akan tetapi, dengan mindset tersebut mereka menjadi terlalu pemilih dalam menentukan pekerjaan yang layak, yang bisa membuat mereka menjadi cepat sukses. Padahal, kesuksesan membutuhkan sebuah proses, kan?

Baca Juga: Millennials, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Kamu Sukses di Usia Muda

4. Digital Disruption

Mencari Pekerjaan, Millennials Harus Menghadapi 5 Tantangan Ini unsplash/Andy Kelly

Dilansir laman searchcio.techtarget.com, digital disruption adalah suatu perubahan yang terjadi akibat hadirnya teknologi digital sehingga mempengaruhi proposisi sebuah nilai dari barang dan jasa yang ada. Meski terdengar seperti hal yang bagus, akan tetapi digital disruption juga bisa memberikan dampak yang negatif, seperti mengganti tenaga manusia dengan teknologi. Sehingga, pada akhirnya mesin lah yang akan menduduki dunia kerja.

5. Skill yang terus berkembang

Mencari Pekerjaan, Millennials Harus Menghadapi 5 Tantangan Ini unsplash/@Danial RiCaRoS

Digital disruption juga mengakibatkan munculnya pekerjaan-pekerjaan baru yang berorientasi pada bidang teknologi. Artinya, salah satu tantangan yang harus dihadapi agar millennials bisa berjuang di dunia kerja adalah memiliki skill yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dibutuhkan di dunia kerja pada saat itu. 

Nah, sudah tahu kan tantangan apa saja yang harus kamu hadapi untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Untuk itu, persiapkan dirimu dengan baik agar bisa melewati tantangan tersebut, ya!

Baca Juga: Kiat Buat Millennials untuk Menghadapi Situasi 'Ambyar' di Masa Depan 

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya