Comscore Tracker

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya 

Bisa kerja di banyak bidang lho..

Peluang kerja merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan sebelum pada akhirnya kamu  memutuskan jurusan kuliah. Ini juga berlaku jika kamu ingin memilih jurusan ilmu komunikasi.

Pasalnya dengan berbagai media komunikasi yang sangat berkembang saat ini, lulusan ilmu komunikasi mampu menyediakan peluang kerja yang beragam. Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Penyiar radio

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya instagram.com/kennydjafar

Berdasarkan studi yang dipelajari, lulusan ilmu komunikasi biasanya memiliki keterampilan dalam bercakap dan berkomunikasi. Ini membuat mereka sangat cocok menjadi penyiar radio, yang bertugas menyampaikan informasi kepada para pendengarnya.

2. Master of ceremonies (MC)

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya pexels/ICSA

Master of ceremonies atau yang lebih dikenal dengan sebutan MC merupakan profesi di mana yang bertanggung jawab untuk memandu kegiatan atau acara. Dengan keterampilan berbicara, lulusan ilmu komunikasi juga cocok dengan pekerjaan yang satu ini.

3. Pengusaha

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya Pixabay/StartupStockPhotos

Lulusan ilmu komunikasi juga dapat menjalankan bisnis dan menjadi pengusaha. Hanya saja, dalam menjalankannya mereka harus berani mencoba dan tidak takut mengalami kegagalan. 

4. Desainer grafis

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya instagram.com/tubikstudio

Selain teknik berbicara yang baik, lulusan ilmu komunikasi juga diajarkan untuk menguasai media penyiaran. Dengan masuknya era digital, salah satu yang dipelajari adalah ilmu desain dan grafis. Oleh karena itu, biasanya lulusan dalam bidang ini yang memiliki keterampilan menggambar dapat menjadi desainer grafis.

5. Business analyst

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya Unsplash.com/Sebastian Herrmann

Business analyst merupakan profesi yang bertugas untuk melakukan analisis terhadap pasar, mengukur efektivitas produk, dan menyiapkan data sesuai kebutuhan bisnis. Jadi, jika kamu bisa mengomunikasikan data dan paham mengenai bidang finansial dan teknologi, pekerjaan yang satu ini bisa lho menjadi pilihan ketika lulus nanti.

6. Reporter

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya pexels/@redrecords-1281784

Profesi yang satu ini merupakan pekerjaan dengan peluang terbesar yang bisa digeluti oleh lulusan ilmu komunikasi. Sebab, dalam prodi ilmu komunikasi biasanya tersedia jurusan jurnalistik.

Baca Juga: 5 Peluang Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat, Ternyata Banyak Dicari!

7. Produser

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya Instagram.com/grudgemovie

Meskipun produser lebih condong terhadap lulusan perfilman, akan tetapi profesi ini juga bisa digeluti oleh lulusan ilmu komunikasi lho. Ini karena pekerjaan ini masih sama-sama berada di bidang media. Tugasnya pun mengawasi tahapan proses pembuatan film, dari ide, pengembangan, bahkan publikasi film tersebut.

8. Program director

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya IDN Times/ Helmi Shemi

Program director adalah orang yang bertugas untuk memimpin sebuah acara program televisi baik ketika sedang siaran langsung maupun siaran ulang. Karena masih bekerja dalam bidang media, lulusan ilmu komunikasi juga berpeluang dalam bekerja sebagai program director.

9. Copywriter

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya freepik/apichon_tee

Bagi lulusan ilmu komunikasi yang gemar menulis, maka pekerjaan yang satu ini sangat cocok untuk digeluti. Sebab, copywriter merupakan seseorang yang bekerja untuk memasarkan dan mempromosikan sebuah barang atau jasa dalam tulisan.

10. Juru bicara

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Juru bicara merupakan pekerjaan yang sangat menarik bagi lulusan ilmu komunikasi. Sebab, seorang juru bicara biasanya bertugas untuk mewakili seseorang atau suatu kelompok dalam menyampaikan keterangan resmi dari suatu kondisi yang sedang terjadi. Tertarik menjadi jubir?

11. Marketing Communication

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya pexels/The Coach Space

Sebagai bagian dari bidang pemasaran, maka lulusan ilmu komunikasi yang bekerja sebagai marcom diharapkan untuk menyusun dan merancang strategi-strategi komunikasi pemasaran yang baik. Sehingga pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dapat menjadi lebih efektif dan menarik.

12. Praktisi periklanan

Lulusan Ilmu Komunikasi Tak Hanya Jadi PR Lho! Ini Peluang Lainnya pexels/EVG photos

Lulusan ilmu komunikasi ternyata juga bisa menjadi orang-orang yang bekerja di balik berbagai iklan yang ada. Dengan begitu, mereka dituntut untuk memengaruhi masyarakat dengan pesan-pesan produk secara unik dan kreatif. Ini penting untuk membuat pembeli tertarik untuk membeli, menggunakan, dan mempercayai produk yang dijual oleh perusahaan yang bersangkutan.

Nah, itu dia beberapa peluang kerja lulusan ilmu komunikasi yang perlu kamu tahu. Apakah kamu tertarik dengan jurusan ini?

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 7 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Sejarah, Bisa ke Perfilman Juga Lho

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya