Comscore Tracker

Ini 5 Manfaat Saat Jadi Volunteer, Tak Sekadar Aksi Sosial Lho!

Yuk, mulai cari kegiatan volunteer yang menarik!

Istilah volunteer atau relawan adalah sebutan bagi orang yang memberikan bantuan tenaga dan pikiran secara gratis. Bantuan yang diberikan pun biasanya sebagai berhubungan misi sosial, seperti dalam keadaan bencana alam, penyuluhan sosial, ataupun acara-acara tertentu seperti Asian Games, dan sebagainya.

Meski tidak dibayar, ternyata menjadi seorang volunteer dapat memberikan manfaat, lho. Gak percaya? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Memperluas networking

Ini 5 Manfaat Saat Jadi Volunteer, Tak Sekadar Aksi Sosial Lho!Unsplash/Cristi Tohatan

Dengan menjadi relawan baik di organisasi atau komunitas tertentu, tentu kamu akan bisa berkenalan dengan banyak orang baru. Tidak hanya sesama pelajar, tetapi ada juga pengusaha atau pekerja yang mengikuti kegiatan tersebut. Jadi, lumayan untuk menambah networking untuk mencari kerja usai lulus, kan?

2. Menambah pengalaman

Ini 5 Manfaat Saat Jadi Volunteer, Tak Sekadar Aksi Sosial Lho!unsplash/Roman Synkevych

Beberapa organisasi dan komunitas menyediakan jabatan tertentu yang bisa diemban oleh seorang volunteer. Misalnya, fotografer, desain grafis, PR, hingga social media marketing. Nah, ketika kamu tergabung ke dalam salah satu jabatan itu, jelas saat lulus nanti kamu bisa menyelipkannya di CV sebagai sebuah pengalaman.

3. Memberikan kontribusi sosial

Ini 5 Manfaat Saat Jadi Volunteer, Tak Sekadar Aksi Sosial Lho!unsplash/Anna Earl

Hal yang satu ini merupakan manfaat paling umum yang biasa didapat ketika kamu menjadi seorang volunteer. Meski kadang kamu berpikir ini adalah hal yang sepele, akan tetapi bisa jadi perbuatan kecil kamu menjadi inspirasi bagi orang lain.

Baca Juga: Jangan Asal, Lakukan 5 Tips Berikut Ketika Memilih Jadi Volunteer!

4. Dapat lebih bersyukur

Ini 5 Manfaat Saat Jadi Volunteer, Tak Sekadar Aksi Sosial Lho!Unsplash/Debby Hudson

Ketika kamu menjadi seorang volunteer dan menjalankan kegiatan sosial, kamu bisa lebih memperhatikan orang lain. Selain itu, dengan pengalaman tersebut kamu juga bisa lebih mensyukuri kehidupan yang kamu jalani. 

5. Memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan

Ini 5 Manfaat Saat Jadi Volunteer, Tak Sekadar Aksi Sosial Lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengalaman menjadi volunteer bisa kamu masukkan ke dalam CV sehingga memperbesar peluangmu mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, perusahaan akan memiliki pandangan bahwa kamu sudah terbiasa berinteraksi dengan orang lain dan memiliki bakat di bidang tertentu. Sehingga, latar belakang tersebut bisa mendukung dirimu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Itu dia beberapa manfaat yang akan kamu rasakan saat menjadi seorang volunteer. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10 Pelajaran Hidup yang Bakal Kamu Dapatkan Setelah Menjadi Volunteer

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya