Comscore Tracker

Sangat Penting untuk Kesuksesan! Ini 5 Hal yang Tak Membutuhkan Bakat

Yuk terapkan!

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kita untuk meraih kesuksesan. Namun banyak orang beranggapan bakat menjadi penentu besar seseorang bisa meraih kesuksesan. Hal ini gak sepenuhnya salah, namun sesungguhnya ada banyak hal lain kok yang juga menentukan kesuksesan selain bakat. 

Berikut merupakan hal-hal yang sering kali disepelekan padahal sangat penting untuk kesuksesan kita selain bakat. Yuk kita cek!

1. Tepat waktu

Sangat Penting untuk Kesuksesan! Ini 5 Hal yang Tak Membutuhkan Bakatpixabay/webandi

Tepat waktu adalah hal sederhana tapi sulit banget buat dilakukan banyak orang. Masyarakat Indonesia terkenal dengan budaya "ngaret" atau "molor waktu". Hal ini karena kita merasa orang lain juga melakukan hal yang sama, jadi tidak apa-apa untuk datang telat.

Padahal, membiasakan diri tepat waktu itu sangat penting untuk kesuksesan. Hal ini yang diterapkan di Jepang, sehingga banyak banget orang Jepang tumbuh sukses. Kalau kita terbiasa molor, kita sama saja gak menghargai orang lain dan diri kita sendiri.

2. Mampu menerima kritik

Sangat Penting untuk Kesuksesan! Ini 5 Hal yang Tak Membutuhkan BakatPexels/Jopwell

Setiap dari kita pasti memiliki kelemahan. Namun, kelemahan tersebut sering kali gak kita sadari. Kita butuh bantuan orang lain untuk melihatnya. Sayangnya, banyak orang cenderung gak mampu menerima kritik. Akhirnya, bukannya menyadari kelemahannya, kita malah merasa kesal dengan mereka yang mengkritik kita.

Sikap legowo dalam menerima kritik adalah sikap yang penting banget untuk kesuksesan. Ketika kita mampu menyadari kelemahan kita, tentu kita perlahan-lahan akan mulai memperbaiki diri agar bisa menjadi lebih baik. Makanya, mulai sekarang yuk coba lapang dada dalam menerima kritik!

3. Mau belajar dan bekerja keras

Sangat Penting untuk Kesuksesan! Ini 5 Hal yang Tak Membutuhkan BakatPexels/Christina Morillo

Selain mampu menerima kritik, kita juga perlu punya kemauan belajar dan bekerja keras yang tinggi. Mereka yang sudah memiliki kemampuan dan jam terbang tinggi, cenderung menjadi arogan. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana, ia malah menyalahkan keadaan daripada berusaha menyesuaikan situasi.

Sikap ini biasanya didapatkan oleh para fresh graduate ketika mencari kerja. Makanya, banyak HRD yang senang dengan fresh graduate yang sedang giat dan semangat-semangatnya bekerja. Pada akhirnya, mereka yang terus menjaga sikap ini akan sukses di tempat kerjanya. 

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Sifat Overthinking Punya Dampak Baik Bagimu

4. Bersikap positif

Sangat Penting untuk Kesuksesan! Ini 5 Hal yang Tak Membutuhkan Bakatunsplash/Brooke Cagle

Ketika hari terasa berat, banyak masalah, dan kerjaan menumpuk, tentu kita ingin sosok pencerah yang mampu menyemangati keadaan. Oleh karena itu, bersikap positif juga menjadi kunci untuk meraih kesuksesan. Mereka yang mampu melihat hal baik di setiap tantangan dan kesulitan yang mereka hadapi, akan menjadi orang yang gak pernah lelah untuk mencapai tujuan.

Selain itu, dengan berpikir positif kita juga bisa menarik hal-hal baik dalam hidup kita. Istilah ini disebut law of attraction atau hukum tarik menarik. Energi yang kamu pancarkan ke dunia ini, akan terpoyeksikan ke dalam keseharian kita. Makanya, kalau kita selalu berpikiran positif, hal-hal positif pun juga akan datang ke hidup kita!

5. Selalu menggunakan bahasa tubuh yang baik

Sangat Penting untuk Kesuksesan! Ini 5 Hal yang Tak Membutuhkan BakatUnsplash/ann_van_

Bahasa tubuh seperti ekspresi wajah, pandangan mata, hingga gestur lainnya adalah hal yang sepele namun dapat berdampak banget untuk kesuksesan kita. Bahkan banyak orang yang lebih mempercayai bahasa tubuh daripada bahasa verbal kita. 

Penting dari kita untuk selalu menampilkan bahasa tubuh yang baik. Misalnya, ketika seseorang bercerita, tunjukkan ekspresi senyum, khawatir, hingga sedih agar mereka merasa benar-benar merasa didengarkan. Lalu, sangat penting juga untuk menjaga kontak mata dengan lawan bicara kita.

Kalau kita selalu menggunakan bahasa tubuh yang benar, kita bisa membangun relasi yang baik sehingga makin sukses dalam pekerjaan kita.

Demikian hal-hal sepele selain bakat yang penting banget untuk kesuksesanmu. Memang hal ini terlihat sederhana, tapi gak mudah untuk benar-benar disiplin menjalankan. Namun, kalau kamu selalu menerapkannya sehari-hari, lama-lama hal-hal ini akan menjadi kebiasaanmu, kok!

Baca Juga: Perbedaan Jelas Antara Karakter Orang Sukses Vs Orang Gak Sukses!

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya