Comscore Tracker

Atur Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Manajemen Waktu Seperti Ini 

Tahun baru ini, yuk kita atur waktu dengan baik dan benar!

Tidak terasa sudah tahun 2020, ya? Memasuki dekade yang baru ini, tentunya kamu punya berbagai resolusi yang ingin dicapai dong! Di antara banyaknya resolusi tahun baru, mungkin ada di antara kalian yang ingin memperbaiki manajemen waktu pada tahun ini.

Bagi sebagian orang, waktu 24 jam dalam sehari tidaklah cukup untuk menyelesaikan segala macam aktivitas dan pekerjaan yang mereka miliki hari itu. Namun, yang sebenarnya dibutuhkan hanyalah kemauan serta pola pikir positif.

Ini agar kamu dapat mengoptimalkan waktu yang dimiliki. Di bawah ini merupakan cara manajemen waktu sebagai resolusi tahun barumu. Yuk, langsung disimak aja tips-tipsnya!

1. Buatlah daftar prioritas

Atur Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Manajemen Waktu Seperti Ini pexels/suzyhazelwood

Kamu harus mempertimbangkan pekerjaan atau aktivitas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus diambil ialah membuat daftar prioritas.

Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak salah dalam menggunakan waktu yang kamu miliki. Buatlah daftar dari hal-hal yang paling penting hingga yang kurang penting!

2. Buat jadwal harian yang memuat seluruh aktivitasmu pada hari itu

Atur Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Manajemen Waktu Seperti Ini pexels/suzyhazelwood

Hal kedua setelah menentukan daftar prioritas ialah membuat jadwal harian yang berisi seluruh aktivitas kamu pada hari tersebut. Mungkin, ini terkesan rumit sehingga kebanyakan orang malas melakukannya.

Namun sebenarnya, hal ini akan membantumu untuk mendisiplinkan diri. Mau tidak mau, kamu akan belajar untuk mengikuti timeline yang sudah kamu tentukan sendiri.

3. Ikuti jadwal yang telah kamu buat dengan benar

Atur Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Manajemen Waktu Seperti Ini pexels/bichtran

Selanjutnya ialah ikuti jadwal yang telah kamu buat dengan baik dan benar. Kalau sudah repot-repot membuat jadwal harian, maka akan lebih baik lagi jika kamu bisa mengikuti jadwal tersebut bukan?

Apabila kamu berhasil melakukan semua aktivitas sesuai dengan timeline buatanmu, pasti kamu akan merasa bangga dengan dirimu sendiri, deh! Buktikan sendiri!

Baca Juga: 5 Aplikasi Wajib untuk Memulai Resolusi Hidup Lebih Baik di Tahun 2020

4. Evaluasi jadwal yang telah kamu buat dan ikuti setiap minggunya

Atur Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Manajemen Waktu Seperti Ini pexels/craigadderley

Manusia selalu memiliki kecenderungan untuk melakukan kesalahan, termasuk dalam perhitungan waktu. Oleh karena itu, akan lebih baik lagi kalau kamu bisa mengevaluasi kembali jadwal aktivitas harianmu setiap akhir minggu.

Dengan demikian, kamu dapat mengetahui di mana kekurangan jadwal yang kamu buat. Selain itu, kamu bisa meminimalisir kesalahan saat akan membuat jadwal harian yang baru.

5. Apresiasi dirimu untuk setiap perkembangan yang berhasil kamu buat

Atur Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Manajemen Waktu Seperti Ini pexels/donaldtong

Hal yang terakhir ini, juga tidak kalah penting dari semua hal di atas lho! Saat kamu berhasil melakukan sesuatu, tentu akan senang rasanya apabila kesuksesanmu tersebut diberi apresiasi.

Saat memiliki keinginan kuat untuk belajar mengatur waktu, perlahan tapi pasti, kamu akan mengalami perkembangan dan perubahan yang positif. Jika sudah demikian, sah-sah saja untuk mengapresiasi dirimu sendiri agar lebih semangat lagi.

Itulah cara manajemen waktu sebagai resolusi tahun baru kamu. Pada tahun yang baru ini, yuk kita perbaharui juga pola hidup kita!

Baca Juga: Saatnya Resolusi Hati, Ini 5 Cara Logis Membunuh Perasaan pada Mantan

Baca artikel menarik lainnya di IDN Timhttp://onelink.to/s2mwkbes App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya