Comscore Tracker

Viral, YouTuber Indonesia Rias Nenek 60 Tahun Menjadi Gadis 20 Tahun

Video viral dua minggu ditonton 1,6 juta kali di YouTube

Bandar Lampung, IDN TimesMake Up Artist (MUA) asal Lampung, Ari Izam Suharto, mengunggah video saat merias seorang nenek berusia 60 tahun menjadi tampak seperti perempuan berusia 20 tahun. Lewat akun YouTube miliknya, unggahan Ari pada 6 Juli 2020 lalu menjadi viral. Hingga Selasa (22/7/2020), video miliknya itu  sudah ditonton lebih dari 1,62 juta kali.

Ari saat dihubungi IDN Times, mengaku tak menduga video make up bertema akad nikah pengantin yang diunggahnya itu menjadi perbincangan warganet.  Apalagi dalam rentang dua pekan sudah ditonton jutaan orang.

Ga nyangka bakal viral, baru sebentar sudah banyak yang nonton. Ada beberapa video sebelumnya yang nonton lebih banyak tapi belum diangkat media. Ada juga video angkat model lansia, jumlahnya ga sebesar yang ini,” jelasnya.

1. Sering bikin tutorial make up transformasi

Viral, YouTuber Indonesia Rias Nenek 60 Tahun Menjadi Gadis 20 TahunDok Ari Izam

Ari mengaku sering membuat konten YouTube bertema tutorial make up transformasi. Menurutnya, tema itu rata-rata diusung MUA, YouTuber, beauty vlogger dan menyasar model perempuan lanjut usia. Ia tertarik membuat video perubahan lansia 60 tahun menjadi terlihat seperti gadis, sebab  dua pekan lalu ia mendapat tantangan dari netizen.

“Ini jadi tantangan, untuk lansia itu problem-ya di wajah sudah kendor. Pas ada challenge dari netizen, kepikiran bikin konten itu. Model dapat dari jaringan relasi. Aslinya dua jam merias. Tapi karena untuk konten jadinya sekitar 21 menit. Memang ada teknik untuk menyamarkan kulit keriput model ini agar tampak awet muda,” ujarnya.

Ari memakai lem kertas toxic free untuk menutupi tekstur alis asli. Lem kertas itu diaplikasikan sebelum makeup. Trik lainnya adalah menggunakan makeup correcting base untuk menutupi flek hitam di wajah. Selain itu, memakai Vaseline petroleum jelly agar kulit tidak kering.

Kemudian ia mencampur beberapa jenis foundation untuk digunakan menutupi kerutan pada kulit. Trik lain disampaikannya adalah tidak berlebihan menggunakan highlighter dan contour, sehingga wajah tidak terlihat makin tua.

Terkait mengatasi kelopak mata yang turun, ia mengaku menggunakan double eyelid tape untuk membuat kelopak mata ganda, memilih eyeshadow berwarna matte, serta memakai dua lapis bulu mata.

Ari mengungkapkan, ia menghindari warna gelap di bawah mata karena bisa membuat seseorang terlihat lebih tua. Pada area bibir, ia mengoleskan lip cream warna nude ketimbang warna cerah untuk tampilan awet muda.

Baca Juga: Tak Cuma Billy Syahputra, 5 Pria Ini Pernah Dekat dengan Amanda Manopo

2. Ari menanggapi santai komentar pro-kontra oleh netizen

Viral, YouTuber Indonesia Rias Nenek 60 Tahun Menjadi Gadis 20 TahunIlustrasi media sosial (Sukma Shakti/IDN Times)

Ari Izam menjelaskan, eksis di media sosial (medsos) berarti harus bersiap menerima ragam komentar dari netizen. Apalagi video berjudul "NENEK VIRAL!! Umur 60 TAHUN Jadi PENGANTIN (SUPER CANTIK) Umur 20 Tahun!" yang ditonton jutaan orang tak luput dari pro-kontra.

“Komentar negatif ada, tanggapin santai aja. Saya bikin video kedua (diunggah 17 Juli 2020), saya jelasin bagaimana proses transformasi area wajah hingga tangan si nenek yang  jadi model video seperti gadis usia 20 tahun,” jelas pria kelahiran Bandar Lampung, 23 Juli 1992 ini.

Ari menyatakan, ia bakal bakal terus membuat konten-konten video make up transformasi perempuan lansia ke depan. Tapi dengan tema berbeda. Ia juga mengaku tertarik ingin merias anak-anak.

“Ada tantangan misal ingin merias anak-anak. Misal usia 10 tahun. Tentunya cari kosmetik kids friendly jika ingin membuat konten,” ujarnya.

3. Bermula bantu dadakan bisnis salon keluarga

Viral, YouTuber Indonesia Rias Nenek 60 Tahun Menjadi Gadis 20 TahunDok Ari Izam

Karir Ari Izam baru menekuni dunia MUA pada 2010 lalu. Kala itu, ia hanya diminta membantu keluarga  yang memiliki bisnis salon. “Sebelum tekuni makeup, saya kuliah jurusan Teknik Informatika, sambal jalan kuliah, jadi penyiar radio juga, MC, dan menyanyi,” ujarnya.

“Keluarga memang ada bisnis salon. Nah, pertama kali bantu make up itu 2010 jam tiga subuh, salon milik keluarga mendapat order make up. Kebetulan ada karyawan salon yang cuti, pas kebetulan butuh orang untuk bantu-bantu. Saya cuma diajarin singkat cara foundation dan sebagainya. Untungnya cepat nangkap,” kenangnya.

Ari menyatakan, penghasilan mula-mula menekuni dunia tata rias saat 2010 lalu menurutnya cukup menggiurkan sekitar Rp300 ribu. “Itu hitungannya dari jam tiga subuh, setengah enam (pagi) sudah kelar dapat 300 ribu. Saya MC seharian dapat 200 ribu. Dari situ lah mutuskan untuk terjun (MUA). Kalau sudah terjun, harus fokus. Saya kursus ke Jakarta, ikut workshop dan sebagainya,” urainya.

4. Bekal pendidikan kuliah jadi modal bikin konten video

Viral, YouTuber Indonesia Rias Nenek 60 Tahun Menjadi Gadis 20 TahunDok Ari Izam

Ari sudah memiliki akun YouTube: ARI IZAM sejak 2014. Ia sempat mendapat adsense dari Google. “Tapi sempat keputus (adsense). Baru 2017 dapat lagi, waktu itu masih di bawah 100 ribu subscribers. 2018 awal baru dapat silver play button,” jelasnya.

Terkait alasannya menjadi konten creator, menurut Ari basic pendidikan kuliah Teknik Informartika. “Ada basic editing (video) dan lain-lain,” jelasnya

Saat ini akun YouTube @ARI IZHAM memiliki lebih dari 558 ribu subscribers. Rata-rata ia menerima pemasukan dari adsense Rp10 juta-Rp15 juta per bulan. Ia tak mengelak, saat pandemik COVID-19 pemasukannya sempat turun di bawah Rp5 juta.

5. Imbas COVID-19 kehilangan 100 klien

Viral, YouTuber Indonesia Rias Nenek 60 Tahun Menjadi Gadis 20 TahunIlustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Pandemik COVID-19 juga berimbas ke sektor informal seperti MUA. Ari Izam menyatakan, saat kondisi normal sebelum pandemik, melayani jasa rias wajah untuk wedding empat sampai lima klien per minggu. Itu di luar jasa makeup pesta, dan sebagainya. Penghasilan diterimanya kisaran Rp50 juta per bulan (hanya makeup).

“Sekarang ini job (merias) bukan sepi lagi namanya, tapi ga ada.  Hilang 100 job, klien batalin, (acara) wedding belum ada, re-schedule (klien) ga jelas juga. Kalau ga ada pandemik, banyak terima workshop, beauty class dan event organizer,” paparnya.

Ari mengatakan, imbas tidak ada layanan jasa merias, ada rekan MUA lainnya di Bandar Lampung dan sekitarnya “banting stir” jadi pedagang dadakan menjual produk makanan dan sebagainya.  “Saat ini memang ada yang langsungkan pernikahan, tapi cuma akad dan mau tarifnya murah, dari sisi pengeluaran kami, tidak sebanding,” kata Ari.

Merujuk hal itu, Ari saat ini lebih fokus membuat konten YouTube. Ia juga berkolaborasi dengan sepupunya yang juga MUA JS Dirangga (Rangga Juans) dan sang paman yang memiliki bisnis salon Bastian Hendra.

https://www.youtube.com/embed/QJRUG-WZ3SI

Baca Juga: MUA Kesayangan, 10 Potret Kedekatan Bubah Alfian dengan Para Artis

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya