Comscore Tracker

Anggota TNI Sedih Lihat Bendera Merah Putih Lusuh Viral

Anggota TNI itu miris ada dana desa Rp1 miliar

Jakarta, IDN Times - Sebuah video seorang anggota TNI melihat bendera merah putih berkibar dalam kondisi lusuh dan sobek, mendadak viral di dunia maya. Anggota TNI yang diduga berpangkat Danramil itu, juga memarahi seorang kepala desa karena diduga membiarkan bendera merah putih tidak terawat.

"La ilahaillah, kenapa bisa bendera seperti ini, pelecehan ini. Ratusan juta dana desa, 100 ribu pun tidak bisa dia beli. Hancur ini. Dana desa Rp1 M. Nyata, ini nyata. Allahu Akbar. Bukan saya provokator, saya TNI ini. Paling harganya (bendera) Rp100 ribu," ujar dia, dalam video yang diunggah akun Instagram @infokomando, Minggu (12/7/2020).

1. TNI menangis lihat kondisi bendera

Anggota TNI Sedih Lihat Bendera Merah Putih Lusuh ViralViral TNI Marahi Kades Gara-gara Bendera Merah Putih Koyak Tak Diganti (Instagram.com/infokomando/)

Sambil melihat-lihat dan membolak-balikkan bendera, anggota TNI itu hampir menangis melihat kondisi sang saka merah putih. Ia juga sempat memperhatikan tiang bendera yang mulai rapuh.

"Ini paling tiangnya Rp200 ribu, benderanya Rp100 ribu. Semuanya Rp300 ribu, 74 tahun kita merdeka masih kayak gini. Allahu Akbar. Sini kalau tidak mampu bilang saya belikan. Masih banyak uangku. Bukan saya pamer. Mau menangis saya lihat begini," kata dia merogoh lembaran uang di dompetnya.

Baca Juga: Wiranto: Pengibaran Bendera Selain Merah Putih Itu Ilegal

2. TNI ingatkan kepala desa tentang perjuangan pahlawan

Anggota TNI Sedih Lihat Bendera Merah Putih Lusuh ViralViral TNI Marahi Kades Gara-gara Bendera Merah Putih Koyak Tak Diganti (Instagram.com/infokomando/)

Anggota TNI tersebut mengingatkan sang kepala desa setempat tentang perjuangan para pahlawan. Ia menyebut, pahlawan terdahulu telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Tolong ini diganti, ya. Ini pertama dan terakhir saya lihat," kata dia.

3. Warganet ikut kesal dana desa Rp1 miliar tapi tidak mampu membeli bendera Rp100 ribu

Anggota TNI Sedih Lihat Bendera Merah Putih Lusuh ViralSuasana pertemuan kades yang membahas tentang dana desa. (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Video itu menuai ragam komentar dari waganet. Sepertu akun @reynand yang meminta diadakan wajib militer untuk pejabat, agar benar-benar bisa mengabdi pada negara dan melayani masyarakat.

"Wajib militer kayaknya setiap kepala desa dan pejabat agar benar-benar mengabdi pada negara, dan mengayomi rakyat," tulis akun @reynand di kolom komentar.

"Dana desa Rp1 M mengangarkan bendera yg harganya 100 ribu gak mampu," timpal akun Instagram @yeninanino.

Sejauh ini belum terkonfirmasi di mana lokasi kejadian tersebut berlangsung, namun dari komentar dan logat serta aksen yang terdengar, diduga berada di wilayah Indonesia bagian timur.

Baca Juga: 12 Fakta Unik Sejarah Bendera Merah Putih Indonesia

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya