Comscore Tracker

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unik

Serius, bersyukurlah dengan kondisi sekarang

Banyak orang di zaman sekarang berkeinginan untuk kembali pada masa dahulu, atau setidaknya sebelum internet dan televisi hadir di tengah-tengah masyarakat. Kembali berkegiatan seperti dulu memang tampak menyenangkan, saat interaksi sosial langsung dilakukan oleh orang-orang.

Tapi perlu diketahui, kegiatan keluar rumah jauh sebelum televisi dan internet diciptakan, kebanyakan orang-orang melakukan hal-hal yang tak pernah terpikirkan sekarang ini. Dilansir berbagai sumber, inilah 10 kegiatan hiburan orang masa lalu.

1. Mendatangi acara bedah dan mutilasi untuk umum

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Uniksidra.org

Dimulai tahun 1300-an, ilmu kedokteran dan kesehatan mulai berkembang dan dikenal masyarakat. Sejak itu juga, mulai banyak pembedahan mayat yang dilakukan di depan umum bahkan sebagai tontonan.

Pelaku pembedahannya adalah dokter atau siswa kedokteran yang melakukan tugas ataupun penelitian. Tiket menontot pun diperjualbelikan, dan harganya didasarkan pada seberapa menariknya mayat yang akan dibedah.

2. Menonton orang memompa balon

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikthesun.co.uk

Pada tahun 1783, menonton balon udara terbang adalah pertunjukan yang cukup populer. Pertunjukan di tahun tersebut bisa menghasilkan penonton terbanyak sepanjang sejarah, yang pernah ada di Eropa. Setidaknya ada minimal 200 ribu penonton setiap pertunjukan. George Washington menjadi salah satu penontonnya di tahun 1793.

3. Menggoda pasien menggunakan tongkat

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikebaumsworld.com

Pada tahun 1800-an, siapa saja bisa mengunjungi rumah sakit jiwa dengan bebas untuk mencari hiburan. Orang-orang diperbolehkan mengunjungi rumah sakit jiwa, dan menggoda para pasien di sana, bahkan menyenggol mereka dengan tongkat.

Pada 1814 saja, sebanyak 96 ribu orang mengunjungi satu rumah sakit jiwa dan setiap dari mereka harus membayar sejumlah uang untuk mendapat hiburan tersebut.

4. Menaiki eskalator (naik dan turun)

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikmentalfloss.com

Eskalator pertama ketika diciptakan cukup mengejutkan orang-orang. Belum pernah ada fasilitas yang serupa sebelumnya. Pada tahun 1892 hingga 1896, eskalator dengan kemiringan 25 derajat sangat ramai dicoba oleh orang-orang. Bahkan orang sampai mengantri untuk menggunakannya.

5. Memandang anak-anak kembar lima

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Uniktoday.com

Sebelum kelahiran Dionne kembar 5 pada tahun 1934 di Ontario, Kanada, tak ada yang mengira bahwa hal itu bisa terjadi. Kehadiran mereka sangat mengejutkan dunia, sampai mereka dikontrak sebagai tontonan di Chicago World's Fair pada tahun 1935.

Kurang dari satu dekade, sebanyak tiga juta orang (sekitar tiga ribu orang per hari) mengunjungi "Quintland", tempat bayi kembar lima dikumpulkan untuk menjadi tontonan.

Bisnis tersebut meningkatkan ekonomi Ontario hanya dalam sembilan tahun. Pada tahun 1943, Quintland ditutup dan semua bayi kembar lima dikembalikan ke orangtuanya.

Baca juga: Jangan Dibuangi! Ini 10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali

6. Melepaskan balutan mumi

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikvice.com

Mesir sejak lama merupakan tujuan wisata yang populer. Pada tahun 1660-an, orang sangat penasaran dengan mumi dan ingin melihatnya langsung. Lama-kelamaan minat mereka berkurang dan diadakanlah pertunjukan baru: melepaskan balutan mumi.

Ternyata pertunjukan ini menarik minat banyak sekali penonton. Bahkan pertunjukan tersebut memuncak menjadi pesta pada tahun 1830-an. Sekali acara, bisa sampai dihadiri 2 ribu orang.

7. Menyaksikan eksekusi publik

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikindependent.co.uk

Pada tahun 1746, hukuman gantung pastur protestan menarik perhatian 40.000 orang. Penggantungan beberapa pria dan wanita di London pada tahun 1849 menarik perhatian 50 ribu penonton.

Penggantungan terakhir di Inggris pada tahun 1824 di Inggris memiliki penonton sejumlah 100 ribu orang. Sebagai perbandingan, rata-rata penonton sepak bola di stadion saat ini sejumlah 80 ribu orang.

8. Menonton pertempuran saat perang

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikwikipedia.org

Kegiatan ini terjadi di negara-negara yang sedang berada di masa peperangan. Banyak orang melihatnya sebagai hiburan dari tempat yang diperkirakan aman. Misalnya di battle of memphis yang berlangsung 90 menit, 10 ribu orang menonton peperangan tersebut dari puncak bukit.

9. Melakukan pengambilan foto x-ray

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikhuffingtonpost.com

Karena pengambilan foto x-ray tergolong murah dan mudah, banyak orang melakukannya karena keasyikan. Pada tahun 1927, sebuah alat bernama "fluoroscope" mulai diperjualbelikan di department store untuk membuat foto x-ray sederhana. Orang-orang pun sangat menyukainya.

10. Mengambil foto selfie

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikhuffingtonpost.com

Beda dengan sekarang yang menggunakan kamera bagian depan ponsel. Selfie di masa lalu hanya bisa menempatkan kamera ke arah diri sendiri dibantu cermin besar.

Selfie sudah menjadi hobi dan tren sejak tahun 1800-an. Bisnis studionya dibuka pertama kali pada tahun 1925 di kota New York.

10 Kegiatan Sebelum Kemunculan TV dan Internet Ini Aneh dan Unikblueprintreview.co.uk

Nah, kebayang kan kalau kita melakukan kegiatan itu semua jika televisi atau internet belum ditemukan? Kita bisa mengambil manfaat positif dari kemajuan atau kemudahan di zaman sekarang. Menurutmu, hal apa yang bakal kalian jika hidup saat itu?

Baca Juga: Ini 10 Rencana Hitler Seandainya Dulu NAZI Menang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya