Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Pagar Alam Sumsel Ini Unik dan Lezat!

Pagar Alam dikenal memiliki Gunung Dempo, lho #LokalIDN

Sumatra Selatan (Sumsel) tak cuma dikenal karena memiliki Pempek, sebab 17 kabupaten dan kota di Sumsel memiliki kuliner khas yang berbeda-beda. Seperti Kota Pagar Alam, wilayah Barat Daya Sumsel ini juga memiliki berbagai makanan yang lezat dan unik.

Makanan khas ini cocok disantap setelah mengunjungi destinasi wisata di kota yang memiliki Gunung Dempo. Seperti Air Terjun Lematang Indah, Air Terjun Besemah Mingkik, Air Terjun Embun, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Gulai pindang

5 Kuliner Khas Pagar Alam Sumsel Ini Unik dan Lezat!Gulai pindang (instagram.com/nameisprivate1)

Bahan yang digunakan tak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya, yaitu ikan pindang, santan, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, gula, jahe, lengkuas, dan daun salam.

Semua bumbu dimasukkan ke dalam air yang mendidih, lalu masukkan ikan dan masak hingga matang. Gulai pindang memiliki cita rasa gurih yang sangat lezat.

Baca Juga: Resep Malbi Lauk Khas Palembang; Manis, Gurih, dan Empuk

2. Kelicok

5 Kuliner Khas Pagar Alam Sumsel Ini Unik dan Lezat!Kelicok (instagram.com/familydimar)

Kelicok dibuat dari pisang dan ketan yang dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Kudapan ini memiliki cita rasa manis legit dan gurih.

Selain bisa dibuat sendiri, kelicok bisa dengan mudah didapatkan dari pasar-pasar tradisional di Pagar Alam dengan harga terjangkau.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!

3. Ikan Semah

5 Kuliner Khas Pagar Alam Sumsel Ini Unik dan Lezat!Ikan semah (instagram.com/dorisgawan)

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat hidangan ini terdiri dari bawang putih, cabai merah, kunyit, jahe, laos, kemiri, tomat, sereh, dan daun salam. Semua bahan tersebut ditumbuk hingga halus lalu dioleskan pada ikan.

Kemudian bungkus ikan menggunakan daun pisang dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Selanjutnya masak hingga matang.

Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan aroma yang sangat wangi. Rasanya akan semakin nikmat saat disantap bersama dengan nasi hangat.

4. Pindang Kuah Kuning

5 Kuliner Khas Pagar Alam Sumsel Ini Unik dan Lezat!Pindang kuah kuning (instagram.com/blessinkitch)

Bahan yang diperlukan untuk membuat pindang kuah kuning terdiri dari ikan patin atau bisa juga menggunakan ikan gabus. Lalu tomat, kunyit, cabai merah, jahe, laos dan serai.

Soal rasa, pindang kuah kuning tak perlu diragukan lagi. Makanan ini kaya akan kandungan rempah-rempah yang membuatnya terasa gurih dengan tekstur daging ikan nan lembut.

5. Nasi Ibat

5 Kuliner Khas Pagar Alam Sumsel Ini Unik dan Lezat!Nasi ibat (instagram.com/i.am.ayrck)

Nasi ibat merupakan salah satu jenis olahan beras yang dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Nasi ini memiliki aroma khas dan tekstur yang sangat lembut.

Nasi ibat paling cocok disantap dengan pindang kuah kuning. Hidangan ini juga kerap disajikan saat ada acara adat atau acara keluarga.

Itulah beberapa makanan khas Kota Pagar Alam. Bagi kalian yang ingin menyempatkan waktu ke daerah tersebut, luangkan waktu lebih untuk menikmati keindahan alamnya.

Baca Juga: 10 Makanan Berkuah Khas Indonesia Paling Favorit, Gurihnya Juara!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sinta Listiyana di IDN Times Community dengan judul 5 Kuliner Khas Pagar Alam yang Menggugah Selera, Unik dan Lezat! 

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya