Comscore Tracker

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspada

Bisa jadi pertanda adanya penyakit berbahaya lho...

Anda mungkin pernah merasakan dan banyak bertanya sendiri, kok tiba-tiba jadwal bulan menstruasi terlambat.

Rasa kekhawatiran pun muncul. Apakah ini pertanda sedang hamil atau ada gangguan-gangguan lain. Karena, jika menstruasi itu telat, maka kondisi tersebut ada salah satu atau lebih siklus menstruasi yang terlewat.

Sebab, siklus menstruasi yang tidak teratur ini sebenarnya merupakan kondisi normal yang sering terjadi ketika wanita baru pertama mengalami menstruasi atau ketika mereka akan memasuki masa menopause. Lalu, apa saja hal yang bisa menyebabkan menstruasi terlambat? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Masalah berat badan

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadamagzter.com

Berat badan ternyata dapat memengaruhi hipotalamus, yaitu kelenjar di dalam otak yang memiliki peranan untuk mengatur berbagai proses dalam tubuh, termasuk siklus menstruasi setiap bulannya. Oleh karena itu, penurunan berat badan yang drastis dapat menghambat produksi hormon estrogen.

Tidak hanya itu, mengalami kelebihan berat badan juga akan membuat produksi hormon estrogen bertambah banyak dan memengaruhi proses ovulasi. Akibatnya, siklus menstruasi setiap bulannya akan mengalami gangguan.

2. Stres

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadalivescience.com

Selain tanda kehamilan, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab kamu mengalami keterlambatan menstruasi. Hal ini karena tubuh yang sedang stres akan memproduksi hormon kortisol berlebihan. Akibatnya, bagian otak yang berperan untuk mengatur menstruasi akan terpengaruh dan menyebabkan siklus menstruasi menjadi terlambat, menyakitkan, lebih awal, atau tidak terjadi sama sekali.

3. PCOS

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadaacpinternist.org

PCOS atau Polycystic Ovary Symptom adalah kondisi di mana tubuh mengalami kelainan hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur mengalami gangguan. Meski penyebab dari kondisi ini belum diketahui secara pasti, akan tetapi PCOS bisa menjadi salah satu penyebab menstruasi terlambat atau bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali. Selain itu, PCOS juga dapat memengaruhi tingkat kesuburan wanita.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Membuatmu Merasa Lebih Baik saat Menstruasi

4. Minum pil KB

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadaflo.health

Minum pil KB secara rutin ternyata dapat memengaruhi perubahan siklus menstruasi. Hal ini karena pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang mencegah indung telur menghasilkan sel telur. Selain itu, meskipun tidak meminumnya secara rutin pil KB juga masih tetap memengaruhi perubahan siklus menstruasi. 

5. Adanya masalah pada tiroid

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadafamilydoctor.org

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif maupun tidak aktif dapat menjadi salah satu penyebab kamu mengalami terlambat menstruasi. Hal ini karena tiroid berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme tubuh, sehingga kadar hormon juga dapat terpengaruh. Meski begitu, masalah tiroid ini dapat diatasi dengan pengobatan yang rutin.

6. Diabetes

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadaconsumeraffairs.com

Jika kamu mengalami diabetes dan terlambat datang bulan, bisa jadi hal tersebut menjadi penyebabnya lho. Hal ini karena gula darah yang tidak stabil memiliki kaitan erat dengan perubahan hormon. Oleh karena itu, diabetes yang tidak terkendali dengan baik dapat mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

7. Adanya penyakit celiac

Telat Haid Bukan karena Hamil, Kenali 7 Penyebab Ini dan Tetap Waspadadraxe.com

Sama halnya dengan diabetes, celiac merupakan penyakit autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten. Kondisi ini dapat mengakibatkan tubuh tidak dapat menyerap berbagai nutrisi penting karena proses metabolisme terganggu akibat adanya kerusakan pada bagian usus halus. Nah, terganggunya proses penyerapan nutrisi ini bisa menjadi salah satu penyebab kamu telat menstruasi.

Itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu telat menstruasi. Meski bukan karena hamil ataupun menopause, beberapa hal di atas termasuk adanya penyakit berbahaya perlu kamu waspadai. Mulai dari sekarang lebih perhatikan pola hidup serta siklus menstruasi kamu ya!

Baca Juga: Selalu Sediakan, Ini 7 Obat-obatan yang Bisa Meredakan Nyeri Haid Kamu

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya