Comscore Tracker

Waspada, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

Makanan yang enak-enak justru berdampak buruk buat sperma

Beberapa makanan sehat diklaim dapat meningkatkan kualitas sperma. Tapi beberapa makanan yang terasa lezat justru berdampak buruk bagi kesehatan sperma. Kualitas sperma yang buruk membuat proses pembuahan menjadi terganggu.

Bagi pasangan suami istri yang tak sabar memiliki momongan, tentu harus memilih makanan apa saja yang patut dikonsumsi dan perlu dihindari. Berikut lima jenis makanan yang dapat menurunkan kualitas sperma.

1. Makanan yang terpapar pestisida dan bisphenol A (BPA)

Waspada, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Spermaemirates247.com

Dalam dunia pertanian dan perkebunan modern, penggunaan pestisida dan obat-obatan kimia antihama sudah biasa dilakukan. Beberapa metode penggunaan pestisida yang dianggap aman seperti pestisida alami (organik/nabati). Penggunaan pestisida nabati diklaim lebih aman dibandingkan dengan pestisida sintesis.

Dikutip dari laman NCBI (National Center for Biotechnology Information) yang menulis tentang studi dampak buruk pestisida sintesis dan senyawa bisphenol A (BPA), di antaranya bisa menurunkan kualitas sperma laki-laki, dan bahkan dapat membunuhnya.

Kandungan zat berbahaya dapat dijumpai pada buah dan sayur-sayuran segar. Untuk meminimalkan dampak buruk pestisida dan zat kimia lain yang berbahaya, biasakan mencuci buah atau sayur sebelum diolah maupun dimakan langsung.

Baca Juga: Kenali 7 Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

2. Produk atau olahan kacang kedelai

Waspada, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Spermamidwestfarmreport.com

Kacang kedelai dan berbagai macam olahannya ternyata dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma, seperti ditulis dalam ABC News. Meski kandungan nutrisi dan gizi dalam kacang kedelai sangat bagus buat kesehatan, tapi hanya dalam takaran tertentu, kacang kedelai justru membuat sperma menjadi buruk atau bahkan mati.

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli, kedelai meningkatkan aktivitas kadar estrogen dalam tubuh. Peningkatan ini dapat mengganggu kerja tubuh karena sistem hormonal yang terganggu.

Para ahli juga berpendapat, pria gemuk yang suka menyantap olahan kedelai memiliki tingkat ketidaksuburan sperma lebih tinggi, jika dibandingkan dengan pria yang tak menyantap kedelai secara teratur.

Baca Juga: Pahami Cara Berolahraga Menggunakan Masker 

3. Susu tinggi lemak

Waspada, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Spermaversionweekly.com

Semua orang tahu manfaat baik dari susu, tapi ternyata tidak bagi sperma. Susu yang tinggi lemak dan segala macam olahannya, ternyata membuat kualitas sperma bisa memburuk.

Berdasarkan laman Dairy Reporter, mengonsumsi susu tinggi lemak dan segala macam olahannya setiap harinya bisa menurunkan kualitas dan produksi sperma sebesar 2,7 persen.

Para ahli menyarankan, pasangan suami istri yang ingin menjalankan program kehamilan harus membatasi konsumsi susu tinggi lemak, khususnya bagi para suami. Sebaiknya, susu tinggi lemak tidak dikonsumsi setiap hari demi menjaga produksi sperma tetap terjaga.

4. Daging olahan

Waspada, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Spermaneoskosmos.com

Mengonsumsi daging murni lebih baik dan menyehatkan ketimbang daging olahan. Selain tidak baik bagi kesehatan jantung dan ginjal, ternyata daging olahan juga berdampak buruk terhadap sperma.

Wiley Libary dalam laman resminya mencatat, salah satu penyebab turunnya kesuburan pria adalah salah dalam pola makan, yakni mengonsumsi makanan tidak sehat seperti daging olahan.

Mengonsumsi daging olahan dalam jumlah sedikit memang tidak akan mengganggu jumlah sperma secara masif, namun patut diwaspadai jika jumlah konsumsi daging olahan yang konstan setiap hari memperburuk kualitas sperma.

Baca Juga: Seperti Campak, COVID-19 Tak Akan Hilang di Kehidupan Manusia

5. Segala makanan yang mengandung lemak trans

Waspada, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Spermanewsweekespanol.com

Lemak trans atau trans fat, merupakan minyak berbentuk cair yang berubah menjadi padat. Lemak ini sangat jahat bagi tubuh manusia. Sebagian besar kasus-kasus penyakit fatal di dunia bisa diakibatkan oleh tingginya lemak trans dalam tubuh.

Lemak trans alami biasanya terdapat pada usus hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, ayam, dan babi. Sedangkan lemak trans buatan, banyak terdapat di dalam makanan cepat saji.

Laman Medis Heart menjelaskan, lemak trans menjadi penyebab berbagai penyakit berat seperti jantung, diabetes, gagal ginjal, obesitas, stroke, dan kemandulan. 

Demikian lima jenis makanan yang bisa menurunkan kualitas sperma hingga memengaruhi tingkat keseburan, khususnya bagi para suami. Jika kamu ingin selalu subur, sebaiknya jaga pola makan segera.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Menjaga Kualitas Sperma Tetap Subur di Musim Penghujan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dahli Anggara di IDN Times Community dengan judul Kamu Harus Tahu, 5 Jenis Makanan yang Dapat Menurunkan Kualitas Sperma

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya