Comscore Tracker

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini 

Bukan cuma urusan lambung dan terlambat makan!

Memang sulit untuk menebak ketika muncul rasa sakit pada bagian kiri atas perut. Tapi, kebanyakan perkiraan orang akan lebih mengarah pada ada gangguan pencernaan atau maag.

Beberapa penyebab paling umum antara lain masalah pada sistem pencernaan dan cedera yang berefek pada beberapa organ di bagian kiri atas tubuh.

Tulang rusuk sendiri melindungi cukup banyak organ vital seperti jantung, paru-paru, limpa, ginjal, pankreas, dan lambung. Namun selengkapnya tentang berbagai kemungkinan penyebab sakit perut pada bagian kiri atas yang kamu alami, berikut ulasannya dilansir dari medicalnewstoday.

1. Patah atau memar pada tulang rusuk

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini thehealthy.com

Bila cedera menyebabkan kerusakan atau memar pada tulang rusuk, kamu biasanya akan mengalami rasa sakit di area tersebut dan nyeri di dada saat bernapas. Jika parah, kamu mungkin juga akan mendengar bunyi patahan pada saat cedera terjadi. 

Mengingat tulang yang patah juga dapat menusuk organ di sekitar, kamu bisa saja mengalami beberapa gejala lainnya seperti rasa sakit di dada yang kian memburuk, napas jadi pendek, rasa nyeri di bagian bahu, hingga batuk berdarah. Proses penyembuhannya pun tergantung setiap individu, tetapi biasanya berkisar antara 3 sampai 6 minggu.

2. Pankreatitis

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini thehealthy.com

Peradangan pada pankreas ini dapat bersifat kronis dan akut. Gejala yang dialami antara lain demam, mual, pembengkakan di area perut, jantung berdebar lebih cepat, dan rasa sakit di bagian perut yang dapat menjalar hingga ke belakang. 

Pankreatitis yang parah biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala lain seperti diare dan muntah. Perawatan yang diberikan pun akan bergantung dari seberapa parah peradangan yang dialami dan dapat mencakup pemberian pereda nyeri, infus, istirahat, dan operasi.

3. Gastritis

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini medicalnewstoday.com

Gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lambung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti konsumsi alkohol dan obat-obatan di luar batas, infeksi bakteri, paparan radiasi, dan respons stres tubuh terhadap operasi maupun penyakit atau cedera yang parah.

Peradangan ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian perut atas sisi kiri. Selain itu, kamu juga bisa mengalami mual dan muntah. Untuk penanganannya, dokter akan memberikanmu obat-obatan untuk membantu mengurangi kadar asam lambung yang bergejolak.

Baca Juga: Ini 7 Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan, Bisa Kamu Coba di Rumah

4. Sindrom iritasi usus besar

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini independent.co.uk

Biasa juga disebut IBS (Irritable Bowel Syndrome), iritasi usus besar biasanya ditandai dengan kram perut, diare, konstipasi, perubahan pada pergerakan usus besar, kembung, rasa lelah, dan lendir putih pada tinja. Penyebab kondisi ini ada banyak, antara lain depresi, stres, infeksi bakteri atau ketidakseimbangan flora di usus, dan intoleransi pada jenis makanan tertentu.

Kalau mengalami ini, kamu perlu melakukan beberapa perubahan dalam kebiasaan sehari-hari. Selain mulai mengonsumsi probiotik, kamu juga perlu untuk lebih banyak dan rajin berolahraga, menambah asupan serat, mengurangi stres, dan istirahat (termasuk tidur) dengan cukup.

5. Radang usus

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini thehealthy.com

Radang usus merupakan istilah yang cukup luas untuk menggambarkan beberapa kondisi kesehatan yang melibatkan peradangan kronis di saluran pencernaan. Adapun jenis peradangan usus yang paling umum dialami oleh masyarakat adalah kolitis ulserativa dan penyakit Crohn.

Gejala umum dari radang usus adalah rasa sakit di bagian perut, diare terus menerus, adanya darah pada tinja, kelelahan, dan penurunan berat badan yang tak disengaja. Selain itu, sistem imun yang buruk juga bisa menyebabkan penyakit ini dan dapat ditangani menggunakan beberapa jenis obat.

6. Kostokondritis

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini rd.com

Kostokondritis adalah peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada. Rasa sakit biasanya akan semakin parah sat menarik napas panjang atau saat sedang melakukan aktivitas fisik.

Pereda nyeri dan mengaplikasikan sesuatu yang hangat di area tersebut dapat membantu meredakan sakit. Namun jika kamu juga mengalami napas pendek, demam, atau mual, segera cari bantuan medis.

7. Perikarditis

Tak Hanya Maag! Kenali 7 Penyebab Sakit Bagian Kiri Atas Perut Ini thehealthy.com

Perikarditis merupakan peradangan pada perikardium, yakni lapisan tipis seperti kantong yang berfungsi untuk melapisi jantung. Peradangan ini umumnya menimbulkan gejala lain di samping nyeri seperti batuk, demam, kelelahan, dan palpitasi jantung. Adapun rasa sakit pada dada yang dialami sering terasa sama seperti serangan jantung.

Seringnya, perikarditis merupakan hasil dari infeksi virus. Perawatan yang dapat dilakukan adalah pemberian antibiotik, obat-obatan antiradang, dan banyak istirahat.

Selain tujuh hal di atas, rasa sakit yang kamu rasakan pada perut bagian kiri atas juga bisa merupakan gejala dari pembengkakan limpa, batu ginjal, maupun infeksi ginjal. Agar tak semakin berkembang jadi kondisi yang lebih serius, jangan abaikan rasa sakit dan kejanggalan lain yang dialami, ya!

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You