Comscore Tracker

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Ini

Gak cukup hanya pakai sunscreen!

Kerutan pada wajah umumnya muncul ketika berusia 30 tahun. Semakin bertambahnya umur, elastisitas kulit akan berkurang karena penurunan produksi lemak dan kolagen. Hal ini yang menyebabkan kulit keriput.

Namun masalah keriput juga terjadi pada orang yang berusia muda, atau sekitar 20-an. Berbeda dengan keriput pada usia tua, keriput dini dikarenakan pola hidup atau kebiasaan yang salah. Berikut 10 langkah untuk mencegah kerutan pada wajah menurut Marie Claire dan Best Life Online.

1. Menyesuaikan produk perawatan dengan kebutuhan kulit

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Iniangelalanter.com

Tidak semua produk perawatan kulit yang dijual di pasaran bisa diterima oleh kulit. Beberapa produk tertentu hanya dibuat untuk kulit kering, berminyak, hingga kulit berjerawat dan sensitif. Kandungan dalam produk tersebut, bertujuan untuk mengatasi kondisi kulit yang berbeda-beda.

Sebelum membeli, akan lebih baik jika kamu memahami apa yang menjadi kebutuhan kulitmu. Jangan asal membeli produk karena harga atau kemasannya yang menarik. Belilah produk yang dapat melembapkan kulit jika kamu memiliki kulit wajah yang kering!

2. Rutin melakukan facial

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah IniPexels.com/@john-tekeridis

Kamu boleh melakukan facial di usia 20-an. Facial bisa dibilang sebagai pembersihan mendalam pada kulit wajah. Facial dapat menghilangkan noda yang sulit dijangkau, komedo, dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Lakukan facial secara rutin, kira-kira sebulan sekali. Tidak harus pergi ke salon untuk melakukannya, cukup facial sendiri di rumah.

3. Kurangi stres

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Inipexels.com/Andrea Piacquadio

Keriput juga bisa disebabkan oleh stres. Hormon kortisol yang muncul dalam tubuh akibat stres, dapat mempercepat terjadinya keriput. Hormon ini mampu memecah kolagen dan elastin pada kulit. Padahal, kolagen dan elastin sangat berperan untuk kesehatan kulit.

Stres juga disertai perilaku buruk seperti murung, menangis, marah, enggan untuk makan serta minum, atau kurang tidur. Ini semakin mempercepat munculnya kulit yang keriput.

4. Kontrol amarahmu!

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah IniPexels.com/Engin Akyurt

Pernah mendengar kalimat, "Jangan marah-marah, nanti cepat tua"? Dulu, kamu mungkin tidak memahami maksud dari kalimat ini. Sekarang kamu pasti tahu jika sering marah akan menyebabkan kulit menjadi keriput sehingga terlihat tua.

Gerakan berulang pada otot wajah akan menciptakan kerutan. Sebenarnya, ini sama halnya ketika kamu terlalu sering tersenyum. Akan tetapi daripada marah-marah, lebih baik kamu memiliki garis keriput yang tersenyum kan nantinya?

5. Minum air putih secara cukup

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah IniIDN Times/Anjani Eka Lestari

Ini adalah cara paling sederhana, namun wajib untuk dilakukan. Terutama, jika kamu ingin memiliki kulit yang elastis, lembap, dan sehat. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada tubuh, seperti sakit kepala atau diabetes.

Dampak untuk kulit juga tidak main-main, yaitu menjadi kusam dan kering. Kulit yang kering akan memicu keriput untuk datang lebih cepat karena kurangnya cadangan air. Konsumsilah delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan hidrasi dalam tubuh!

Baca Juga: Gak Mudah Keriput? Ini 6 Mitos Kulit Berminyak yang Banyak Dipercaya

6. Tidur cukup dengan posisi yang benar

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah IniEconomics Times

Tidur cukup akan membuat badan menjadi segar karena tubuh dapat memperbaiki kualitas kulit. Kurangnya waktu tidur tentu akan mengganggu proses perbaikan ini, sehingga malah menyebabkan masalah kulit seperti keriput.

Tak hanya durasi tidur, posisi tidur juga harus diperhatikan. Posisi tidur yang menyamping atau tengkurap kurang disarankan. Posisi ini akan membuat wajah menempel di sarung bantal dan menyebabkan wajah tertekan.

Tekanan ini akan membuat garis kerut di dahi dan pipi. Lebih baik, tidurlah dalam posisi telentang!

7. Mencoba krim mata untuk mengurangi dampak

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Inigetitgirlstyle.com

Mulailah gunakan krim khusus untuk mata. Krim ini bertujuan untuk menjaga kulit di area sekitar mata. Kulit di sekitar mata sangatlah halus, sehingga mampu menyebabkan kerutan dengan mudah meski dengan sedikit tekanan atau gerakan.

Sebelum terlambat, krim mata juga mampu menghilangkan garis halus yang akan menjadi cikal bakal kulit keriput. Ada banyak produk eye cream yang bisa kamu pilih di pasaran. Cobalah salah satunya!

8. Konsumsi makanan yang sehat

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Iniunsplash.com/Libby Penner

Junk food memiliki lemak jenuh yang tidak sehat bagi tubuhmu. Selain menyebabkan obesitas, mengonsumsi lemak yang tidak sehat mampu merusak jaringan kulit. Kerusakan inilah yang akan memudahkan timbulnya bintik-bintik, garis halus, dan keriput.

Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang kaya antioksidan. Konsumsi buah-buahan seperti beri, alpukat, atau delima. Jika ingin ngemil, konsumsilah kacang-kacangan seperti almond yang tinggi serat, rendah lemak jenuh, dan punya vitamin yang diperlukan tubuh.

9. Bersihkan wajah dengan gerakan yang lembut

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Inireequil.com

Menghilangkan riasan wajah setelah bepergian atau sebelum tidur, mampu mencegah munculnya keriput dini. Sayangnya, ini tidak berlaku apabila kamu melakukannya dengan kurang tepat. Misalnya, dengan gerakan atau gosokan yang kasar.

Gerakan menggosok dengan keras, akan menarik kulit sehingga menyebabkan keriput. Berhati-hatilah ketika kamu ingin membersihkan produk kosmetik mata seperti eyeliner atau eyeshadow. Kulit di area mata sangat halus sehingga bisa rusak dengan mudah.

10. Hindari produk anti-aging di usia muda

Cegah Kerutan Dini di Usia Muda, Rutin Lakukan 10 Langkah Inifreepik.com/user11472009

Munculnya keriput cukup membuat banyak orang khawatir. Namun bukan berarti produk anti-aging bisa langsung digunakan, khususnya di usia yang tergolong muda. Produk ini diformulasikan dengan kandungan untuk kondisi dan permasalahan kulit orang tua.

Usia 30 tahun adalah waktu tepat untuk mulai memakainya. Mengaplikasikan terlalu dini, justru akan dapat menimbulkan masalah pada kulit. Kandungan dalam produk anti-aging belum cocok dengan kondisi kulit usia muda yang masih baik.

Nah, tidak sulit untuk mencegah keriput pada wajah kan? Cukup lakukan hal baik di atas secara rutin. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Masalah Kulit Berdasarkan Usia, dari Jerawat sampai Keriput!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya