Comscore Tracker

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini 

Biar kamu sadar bahwa gak ada alasan untuk gak minum

Pada dasarnya air putih (matang) tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau dan sifatnya jernih. Semakin ke sini, orang-orang terbiasa untuk lebih banyak mengonsumsi minuman lainnya seperti kopi atau teh manis daripada air putih. Pola makan inilah yang membuat kesehatan masyarakat dari waktu ke waktu semakin menurun.

Kamu perlu tahu bahwa air putih sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Berikut 8 manfaat penting yang akan kamu rasakan jika berhasil rutin minum air putih yang banyak!

1. Menambah tenaga

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini unsplash.com/Artem Bali

Lelah dirasakan ketika tubuh merasa kehabisan tenaga sehingga mengalami dehidrasi. Dengan minum banyak air putih, tubuh dapat terhindar dari dehidrasi dan tubuh memiliki banyak tenaga. Selanjutnya, aktivitas dapat dilakukan dengan semangat dan senang.

2. Menyeimbangkan tubuh dan meningkatkan konsentrasi

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini eleapsoftware.com

Dehidrasi dapat menurunkan kinerja jantung, paru-paru, dan organ lainnya. Menurunnya fungsi organ-organ dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit.

Dehidrasi juga membuat otak sulit untuk berkonsentrasi. Dengan minum air putih yang banyak, aliran oksigen ke otak menjadi lancar dan otak bisa untuk berkonsentrasi.

3. Sebagai pereda stres

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini sandibitenc.com

Kurangnya cairan dalam tubuh membuat tubuh dan pikiran mengalami stres. Agar emosi terkontrol dan tidak mudah stres, sebaiknya konsumsi air putih yang banyak, setidaknya 1 liter sehari.

Baca Juga: 5 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih Demi Manfaat Optimal

4. Melancarkan sistem pencernaan

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini pancreaticcanceraction.org

Banyak minum air putih akan sangat menguntungkan tubuh, salah satunya sistem pencernaan. Tubuh akan dapat menyerap nutrisi-nutrisi dengan lebih cepat dan banyak.

5. Melembabkan kulit dan mencegah keriput

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini standard.co.uk

Air putih mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga regenerasi sel karena sel-sel kulit mati dapat dihilangkan dan kulit menjadi lembap. Konsumsi air putih yang banyak bisa mengatasi kulit kering dan keriput.

6. Menyehatkan jantung

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini unmukt-festival.com

Konsumsi air putih yang banyak bermanfaat juga bagi kesehatan jantung. Aliran darah ke jantung akan semakin lancar sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit jantung.

7. Meningkatkan metabolisme dan menyeimbangkan berat badan

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini gymjunkies.com

Salah satu manfaat banyak konsumsi air putih adalah meningkatkan metabolisme. Tubuh akan merasa kenyang lebih lama, sehingga risiko untuk makan dengan porsi berlebih dapat dihindari dan berat badan dapat terjaga.

8. Menyehatkan ginjal dan usus

Mengapa Kamu Harus Banyak Minum Air Putih? Baca 8 Alasan Penting Ini hips.hearstapps.com

Ginjal dan usus juga terkena dampak baiknya, lho. Sebenarnya tubuh lebih dapat menerima air putih daripada minuman dengan pemanis atau soda. Minum air putih yang cukup akan membersihkan ginjal dari kotoran, kemudian selanjutnya kotoran pada usus akan dikeluarkan dengan lancar.

Nah, sudah jelas kan bagaimana pentingnya air putih bagi kesehatan tubuh? Mulai sekarang perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi minuman lainnya yang belum tentu menyehatkan, ya!

Baca Juga: Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya