Comscore Tracker

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan 

Bisa jadi, kamu mengalami salah satu di antaranya!

Pernah mengalami kehilangan nafsu makan, tapi tidak tahu penyebabnya? Padahal, makanan yang disajikan di depan mata adalah makanan favorit kita, tetapi mengapa kita malas untuk menyentuhnya? Ada banyak alasan di balik hilangnya nafsu makan dan setiap kondisi ditangani dengan cara yang berbeda-beda.

Lantas, apa penyebab hilangnya nafsu makan dan apakah ada hubungannya dengan masalah kesehatan tertentu? Ketahui jawabannya di bawah ini!

1. Mengalami ketidakseimbangan hormon

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan rockymountainwomenshealthcenter.com

Rupanya, ketidakseimbangan hormon bisa membuat kita kehilangan nafsu makan. Contohnya, hipertiroidisme ialah kelainan endokrin di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon. Hormon yang tak seimbang akan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Hipertiroidisme lebih banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki.

Perempuan yang mengalami hipertiroidisme akan mengalami kehilangan nafsu makan diiringi dengan gejala-gejala lain seperti periode menstruasi tidak teratur, peningkatan keringat dan sering buang air besar. Kenali gejala ini dan segera melakukan tes darah untuk mengetahui kadar hormon tiroidmu, ya!

2. Mengalami kekurangan gizi

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan kristenwattfoundation.org

Selain perlu mengonsumsi karbohidrat, protein dan lemak setiap hari, kebutuhan vitamin dan mineral kita juga harus tercukupi. Ada banyak peran vitamin dan mineral, seperti menyembuhkan luka, memperkuat tulang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin B12 (folat) bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Tak hanya itu, kekurangan vitamin D mengakibatkan kehilangan selera makan. Gejala lain yang bisa dirasakan adalah sakit kepala, jantung berdebar-debar, tubuh yang jadi lemah, kram perut, mual dan muntah, ungkap laman The Self Improvement. That's why, kamu perlu makan makanan bergizi tinggi!

3. Mengalami anemia defisiensi besi

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan todaysrdh.com

Secara global, anemia memengaruhi lebih dari 1,62 juta orang di seluruh dunia, jelas laman World Health Organization. Anemia terjadi ketika seseorang mengalami penurunan jumlah hemoglobin alias sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Perannya cukup vital!

Apa gejala anemia defisiensi besi? Di antaranya adalah kehilangan nafsu makan, berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi, sering merasa kelelahan hingga rambut rontok. Ketika kamu didiagnosis anemia dan selera makan jadi menurun, kamu perlu mengonsumsi obat dan multivitamin penambah darah. Jangan diremehkan, ya!

4. Berkaitan dengan stres

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan upmc.com

Stres memicu tubuh untuk memproduksi hormon kortisol. Padahal, kortisol dan hormon stres lain seperti CRF (corticotrophin-releasing factor) akan bekerja bersama-sama untuk mengurangi nafsu makan dan menekan sistem pencernaan. Selain itu, kortisol bisa meningkatkan asam lambung serta menciptakan sensasi kenyang atau penuh di perut.

Menurut penelitian, orang-orang yang menderita stres berkepanjangan akan membuat produksi hormon kortisol meningkat. Stres kronis bisa mengakibatkan penekanan nafsu makan yang berkepanjangan, jelas laman The Self Improvement. Perempuan akan lebih mungkin mengalami penurunan nafsu makan dibanding laki-laki.

Baca Juga: Jangan Stres Jika Nafsu Seks Menurun,  Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya

5. Memiliki masalah pencernaan

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan utopiasilver.com

Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh masalah pencernaan, seperti sembelit, asam lambung dan gangguan pada lambung. Masalah pencernaan lain yang bisa menurunkan selera makan adalah penyakit Crohn, penyakit celiac hingga kolitis ulserativa, terang laman The Self Improvement.

Gejala lain yang turut mengikuti adalah defisiensi nutrisi dan penurunan sistem imun. Jika kamu kehilangan nafsu makan dan mengalami rasa sakit pada perut bagian kiri bawah, bisa jadi disebabkan oleh divertikulitis. Ini merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada kantung-kantung di saluran pencernaan.

6. Mengidap hepatitis A

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan americannursetoday.com

Diperkirakan, ada 1,4 juta kasus hepatitis A secara global setiap tahun. Hepatitis A adalah penyakit yang bisa merenggut nyawa, meski hepatitis C lebih ganas dari jenis hepatitis lain. Tanda-tanda awal kamu terkena hepatitis A ialah mengalami kelelahan yang luar biasa, penurunan selera makan serta mengalami mual dan muntah, jelas laman Web MD.

Setelahnya, organ hati kita akan mulai mengalami gangguan. Gejalanya adalah urin yang berwarna gelap, bagian putih mata yang menguning, kulit menjadi gatal dan timbul rasa sakit di bagian kanan atas perut. Bukan hanya itu, gejala lain yang turut mengikuti adalah batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

7. Bisa juga disebabkan oleh depresi

Cermati Ya! Mungkin Masalah Ini Penyebab Kamu Kehilangan Nafsu Makan scmp.com

The last one, bukan hanya penyakit fisik yang bisa menurunkan selera makan. Tetapi juga masalah mental seperti depresi! Ini karena depresi bisa membuat kita kehilangan energi, minat dan membuat kita kehilangan nafsu makan. Selain itu, depresi bisa membuat kita merasa kelelahan secara berlebihan dan merasakan kesedihan yang mendalam. 

Namun, depresi tak selalu menurunkan selera makan. Depresi juga bisa membuat kita makan berlebihan sebagai bentuk pelarian. Menurut Debra J. Johnston, RD dalam laman Everyday Health, depresi bisa memicu emotional eating di mana makanan yang kita makan tidak disebabkan oleh rasa lapar secara fisik.

Nah, itulah 7 masalah kesehatan yang bisa membuat kita kehilangan nafsu makan. Semoga informasi singkat ini bisa membantu, ya!

Baca Juga: Ikut Tes Penyakit Menular Seksual untuk Pertama Kali? Ini 7 Tipnya!

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya