Comscore Tracker

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetik

Bisa karena penumpukan cairan

Kantung mata pada dasarnya bukan menjadi hal yang membahayakan. Namun jika dibiarkan, kantung mata bisa sangat mengganggu penampilan. Sebelum melakukan perawatan untuk mengatasinya, ada baiknya memahami penyebab munculnya kantung mata.

Penyebab kantung mata bisa terjadi karena banyak hal, tak hanya kurang tidur tapi faktor usia juga menjadi pemicu terciptanya kantung mata. Berikut beberapa penyebab kantung mata.

1. Kurang tidur

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetikunsplash.com/Kinga Cichewicz

Kurangnya waktu istirahat menjadi satu di antara banyak penyebab munculnya kantung mata pada wajah. Hal ini terjadi karena kurang tidur membuat cairan yang ada di dalam tubuh menjadi kurang seimbang.

Tubuh yang cukup beristirahat biasanya memiliki sistem peredaran darah yang lancar. Sedangkan tubuh yang kekurangan tidur, memiliki sistem peredaran darah dan sistem metabolisme yang terganggu.

2. Adanya penumpukan cairan

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetikpexels.com/Craig Adderley

Terganggunya produksi cairan ketika kurang beristirahat, juga bisa terjadi karena hal lain seperti perubahan cuaca yang ekstrem, gangguan hormon, dan makanan asin. Ketiga hal itu berpengaruh tak langsung pada produksi cairan di dalam tubuh, serta meningkatkan kelembapan di area mata.

Akibatnya ubuh yang memiliki sirkulasi cairan kurang lancar, membuat area bawah mata menjadi lebih gelap dan kendur. Ini adalah reaksi akibat area mata menyimpan cairan yang berlebihan.

3. Alergi

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetikpexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika mengalami alergi tertentu, tubuh akan memproduksi senyawa kimia yang dapat menyebabkan pembengkakan area mata. Selain itu, tidak jarang pula saat seseorang alergi, mata mereka akan berubah menjadi kemerahan.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Kantung Mata 

4. Berkurangnya elastisitas mata

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetikpexels.com/Andrea Piacquadio

Berkurangnya elastisitas mata biasanya terjadi akibat lapisan lemak yang berada di bawah mata, mengalami penurunan. Karenanya, kulit di bawah mata pun seolah tertarik ke bawah mengikuti gaya gravitasi.

Saat itu terjadi, artinya kulit di bawah mata telah mengalami kerusakan pada lapisan kulitnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung unsur kafein.

5. Usia yang terus bertambah

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetikunsplash.com/LOGAN WEAVER

Selain kurang istirahat, usia yang terus bertambah juga menjadi faktor umum yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Hal ini karena ketika semakin tua, otot dan struktur jaringan kulit di sekitar mata pun secara otomatis akan melemah.

Akibatnya, kulit di area bawah mata pun akan mengendur. Maka, terbentuklah kantung mata yang kerap kali disertai dengan kerutan.

6. Faktor genetik

6 Fakta Penyebab Kantung Mata, Penumpukan Cairan Hingga Genetikunsplash.com/Walter Gadea

Kantung mata bisa saja muncul karena faktor genetik. Coba amati, apakah orangtuamu memiliki bentuk kantung mata yang juga sama besar?

Sayangnya meski bukan masalah serius, kantung mata akibat faktor keturunan ini, biasanya tak dapat diatasi atau dicegah oleh obat apa pun.

Itulah beberapa penyebab terbentuknya kantung mata pada wajah. Jika ingin mencegahnya, ada baiknya dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat serta memberi porsi tidur yang cukup.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak karena Alergi

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya