Comscore Tracker

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini 

Racun jangan disimpan terus guys...

Paru-paru merupakan organ vital yang berfungsi untuk bernapas dan biasanya menjadi organ yang paling sering diabaikan kesehatannya. Hal ini karena saat kita bernapas dalam keadaan apapun paru-paru kita juga akan mengisap elemen berbahaya yang terkandung di udara. Selain itu, terdapat juga orang yang merokok, yang jelas-jelas mengendapkan racun pada paru-parunya.

Jika sudah demikian, kamu perlu membersihkannya secara teratur agar organ vital yang satu ini dapat berfungsi kembali dengan baik. Dilansir medicalnewstoday.com, berikut ini 7 cara alami membersihkan paru-paru dari nikotin dan racun yang dapat kamu coba.

1. Minum teh hijau

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini health.harvard.edu

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari seribu orang dewasa di Korea menemukan fakta jika orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

Hal ini karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya menghirup asap.

2. Terapi uap

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini fgb.com.au

Terapi uap atau inhalasi uap dapat bermanfaat untuk membuka saluran udara dan membantu mengeringkan lendir pada paru-paru. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah penelitian yang menyatakan terapi masker uap dapat membuat detak jantung dan pernapasan secara signifikan menjadi lebih rendah dibandingkan orang yang tidak melakukannya.

Mungkin saja terapi ini merupakan solusi sementara yang efektif untuk kondisi tersebut. Hanya saja, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat sesungguhnya terapi uap pada kesehatan paru-paru.

3. Konsumsi bayam

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini healtheatingfood.com

Bayam merupakan salah sayur yang menjadi sumber asam folat dan tinggi vitamin. Tentunya, kandungan-kandung tersebut, seperti vitamin A dan flavonoid dikenal sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru. Selain itu, bayam juga kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. 

Tidak hanya itu, Free Radical Biology & Medicine berhasil melakukan penelitian dan menemukan fakta mengejutkan bahwa memakan sejumlah natrium nitrat yang ditemukan dalam 100-300g bayam selama dua hari secara signifikan dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

Baca Juga: 7 Gejala Paru-paru Basah Ini Sering Luput dari Pengawasan, Kenali Ya!

4. Konsumsi jagung

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini fastnewsmile.com

Jagung ternyata memiliki kandungan beta-cryptoxanthin atau beta-karoten yang berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru. Beta-karoten yang masuk ke dalam tubuh akan dikonversi menjadi vitamin A, dan sisanya akan bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit kanker dan jantung.

Selain itu, mengonsumsi jagung secara rutin dapat mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 37 persen.

5. Minum air rebusan jahe

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini medicalnewstoday.com

Jahe merupakan salah satu bahan untuk membuat ramuan Cina kuno yang telah digunakan sebagai obat herbal selama lebih dari 2.500 tahun. Nyatanya, meminum air hasil rebusan sepotong jahe dapat membantu melebarkan paru-paru dan melonggarkan dahak sehingga memudahkan kamu bernapas.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dengan menghilangkan asap tembakau, polusi udara, dan zat lainnya yang berbahaya seperti nikotin dan racun yang ada dalam paru-paru. Ini akan mengurangi risiko terkena penyakit paru-paru kronis.

6. Minum air hangat dengan perasan jeruk nipis

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini foodmatters.com

Jeruk nipis merupakan sumber vitamin C dan antioksidan tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas dan menghambat kerja enzim yang mengaktifkan sel kanker, termasuk kanker paru-paru.

Selain itu, berdasarkan hasil analisis, air jeruk nipis juga ampuh mengurangi kadar nikotin pada paru-paru hingga 70 persen. Jika kamu berniat mengonsumsinya, sebaiknya minumlah setelah bangun tidur agar khasiatnya lebih terasa.

7. Konsumsi kedelai

Paru-paru Kotor Akibat Rokok & Racun, Bersihkan dengan Cara Alami Ini smallfootprintfamily.com

Kandungan flavonoid pada kedelai dapat berperan sebagai anti peradangan pada paru-paru sekaligus pencegah kanker yang disebabkan oleh nikotin. Selain itu, mengonsumsi kedelai secara rutin dapat membantu kamu dalam memperbaiki fungsi paru-paru yang telah rusak akibat bahaya nikotin.

Kita tidak pernah mengetahui zat-zat apa saja yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan. Terlebih jika kita kerap menjadi perokok pasif dan menerima sambutan dari asap-asap perkotaan. Untuk itu, yuk coba lakukan 7 cara di atas agar paru-paru kita selalu bersih.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya