Comscore Tracker

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Ini

Jangan buru-buru minum obat

Gangguan radang tenggorokan bisa muncul karena banyak sebab, seperti virus, bakteri, bahkan alergi. Saat seseorang mengalami radang, sensasi gatal dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, membuat sulit menelan dan tidak nafsu makan.

Jangan buru-buru memakan obat, sebab ada makanan yang bisa meredakan rasa sakit akibat radang tenggorokan serta mengurangi peradangan maupun memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berikut beberapa makanan untuk mengatasi radang tenggorokan.

1. Telur

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Haley Hamilton

Telur menjadi sumber protein yang baik, dan dapat membantu mengurangi iritasi serta peradangan yang umumnya menyertai sakit tenggorokan. Dikutp dari Eat This Not That, makanan terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan seharusnya memenuhi tiga kriteria. Yakni lembut dan mudah ditelan, tidak mengandung asam, serta suhu ruangan atau hangat, dan telur memenuhi ketiga kriteria ini.

2. Ubi jalar tumbuk dengan bubuk kayu manis

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Louis Hansel

Dari laman Health, ubi jalar menyediakan dua nutrisi utama sebagai penunjang kekebalan tubuh, yaitu vitamin A dan C. Ubi jalar juga kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Haluskan ubi jalar agar mampu menenangkan sakit tenggorokan.

Jika dicampur dengan kayu manis, maka fungsinya menambah rasa sekaligus sumber antioksidan potensial, dan mendukung kekebalan dengan membantu melawan virus, bakteri, dan jamur.

3. Smoothie

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Brenda Godinez

Smoothie bisa menjadi makanan lengkap yang cocok bagi penderita radang tenggorokan, karena menyediakan protein sehat, lemak baik, karbohidrat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya.

Jika mengalami penurunan nafsu makan ketika terserang radang tenggorokan, konsumsi satu atau dua porsi smoothie per hari bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi secara keseluruhan, dan sekaligus meredakan sakit tenggorokan.

Campurkan sedikit sayuran hijau dengan bubuk protein nabati, alpukat, susu atau air, buah, akar jahe segar, dan kunyit, agar menambah nutrisi terbaik dalam satu porsi smoothie.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Bisa Mengurangi Anxiety, yang Mana Kesukaanmu?

4. Sup ayam

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Henrique Felix

Radang tenggorokan biasanya disebabkan karena dehidrasi. Menurut laman Women's Health, cairan seperti kaldu dalam sup ayam akan mengisi kembali air yang hilang dari tubuh, sedangkan kandungan garamnya akan membantu menahan cairan di dalam jaringan.

5. Yogurt

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Micheile Henderson

Yogurt juga menjadi sumber protein, karbohidrat, dan lemak baik. Kandungan probiotik dalam yogurt juga bermanfaat untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari kuman berbahaya.

Tekstur yang dimiliki yogurt, dingin dan lembut, menjadikannya makanan lebih mudah untuk ditelan dan menenangkan tenggorokan. Sebab bagi banyak orang, radang tenggorokan menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan makanan.

6. Bawang putih

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Matthew Pilachowski

Menurut laman Health, pendekatan untuk mengatasi radang tenggorokan ada dua bagian, yaitu mengurangi jumlah bakteri dan virus serta mengurangi iritasi lebih lanjut ke tenggorokan. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu meredakan radang tenggorokan dan mengurangi jumlah virus.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menambahkan bawang putih ke dalam sup, kaldu, atau sebagai teh. Minum dalam suhu hangat atau ruang akan membantu menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat radang tenggorokan.

7. Jahe

Atasi Radang Tenggorokan dengan 7 Makanan Iniunsplash.com/Don Shin

Jahe terbukti memiliki sifat analgesik, antioksidan, anti-inflamasi, dan mampu menghambat pertumbuhan strain bakteri berbahaya. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Nutrition Journal, kombinasi jahe dan madu terbukti lebih efektif ketimbang dikonsumsi salah satunya saja.

Radang tenggorokan sering kali disertai dengan postnasal drip atau tetesan di tenggorokan yang dapat mengiritasi perut dan menyebabkan mual. Jahe ampuh mengatasi mual tersebut saat radang tenggorokan.

Selain mengonsumsi makanan di atas, banyak minum air putih hangat juga membantu mempercepat proses penyembuhan akibat radang  tenggorokan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Aman Dikonsumsi Saat Diare, Bikin Cepat Mampat

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul Mudah Ditemukan, Ini 7 Makanan yang Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya