Comscore Tracker

Perhatikan 5 Ciri Awal Penderita Diabetes

Sadari ya!

Diabetes memang bukan penyakit pembunuh yang berada di urutan teratas. Tapi tetap saja diabetes menjadi penyakit yang membahayakan dan merupakan silent killer. Penyakit ini perlu diketahui sejak dini agar bisa antisipasi lewat pola hidup yang seimbang.

Meski penderita diabetes umumnya bisa bertahan hidup, tapi pembiaran diabetes terus berkembang bisa menjalar ke organ lain dan menyebabkan komplikasi. Berikut lima ciri awal diabetes.

1. Pengelihatan buram

Perhatikan 5 Ciri Awal Penderita DiabetesPexels/Skitterphoto

Penderita diabetes bisa dicirikan dengan pengelihatan yang menjadi buram. Hal ini disebabkan cairan yang menumpuk pada mata seiring naiknya gula darah. Menjaga kadar gula darah selalu tetap stabil bisa mencegah cairan mengganggu pengelihatan.

2. Nafas bau

Perhatikan 5 Ciri Awal Penderita DiabetesPexels/Frans A

Saat memiliki diabetes seseorang biasanya lebih sering meludah. Saat kamu meludah, bakteri penyebab bau mulut akan tetap bersarang di mulut sehingga menyebabkan bau. Selain itu, penderita diabetes juga sering mengalami proses ketosis, yaitu penguraian energi dari lemak bukan glukosa. Sehingga tak jarang menyebabkan mulut menjadi bau.

3. Mudah haus dan sering buang air

Perhatikan 5 Ciri Awal Penderita DiabetesPexels/Pixabay

Gula darah yang tinggi sangat berbahaya bila tidak segera dibuang. Salah satu alternatif membuang gula dengan mengeluarkannya lewat urin. Urin yang dibuang ini mengandung gula dengan intensitas sering.

Hal ini menyebabkan tubuh cepat mengalami dehidrasi yang biasanya diikuti dengan haus berlebihan karena banyak cairan tubuh yang keluar. Namun beberapa orang tak sadar sudah menderita diabetes, sehingga mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minuman mengandung gula dan soda.

Baca Juga: 5 Minuman Buka Puasa untuk Penderita Diabetes, Bukan Es Campur Ya

4. Berat badan turun drastis

Perhatikan 5 Ciri Awal Penderita DiabetesPexels/Public Domain Pictures

Gula darah yang tinggi tidak bisa diubah jadi energi akibat tidak adanya insulin dan reseptor insulin rusak. Oleh karena itu biasanya lemak yang ada dalam tubuh sering dijadikan alternatif untuk pengganti energi. Oleh sebab itu penderita diabetes sering mengalami penurunan berat badan drastis karena cadangan lemak dalam tubuh dipakai untuk metabolisme tubuh menggantikan gula yang terdapat dalam darah.

5. Luka yang sulit sembuh

Perhatikan 5 Ciri Awal Penderita DiabetesPexels/Rawpixel

Kadar gula yang tinggi akan menyuburkan bakteri. Sebab bakteri butuh gula untuk metabolismenya. Hal ini pula yang menyebabkan penderita diabetes sulit sembuh saat mengalami luka atau memar. Kadar gula yang tinggi pun bisa melemahkan sistem imun, sehingga bukan hanya luka tapi berbagai penyakit pun bisa dengan mudah menyerang tubuh.

Itulah beberapa ciri awal penderita diabetes. Semakin cepat diketahui, maka semakin besar juga peluang untuk diobati. Yuk terapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: 9 Penyebab Diabetes yang Bisa Dialami Semua Orang, Cegah dari Sekarang

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Indah Shaliha di IDN Times Community dengan judul 5 Ciri-ciri Awal Kamu Mengidap Diabetes, Jangan Terlewatkan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya