Comscore Tracker

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidur

Ada yang pernah ngalamin?

Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Setidaknya kita memerlukan tidur sekitar 7-8 jam per hari. Namun, pernah gak sih, ketika sedang terlelap, kita merasakan sensasi terjatuh dan seketika membuat kita bangun? 

Mari berkenalan dengan hypnagogic jerks, atau lebih dikenal dengan hypnic jerks. Ini adalah penyebab utama mengapa kamu mengalami sensasi terjatuh tersebut. Apa saja fakta seputar hypnic jerks? Simak baik-baik, yuk!

Merasa Sensasi Terjatuh Saat Tidur? Kenali 7 Fakta Hypnic Jerks, Yuk!

Yuk Cermati Penyebabnya! Hypnic Jerks, Fakta Seolah Terjatuh Saat Tertidur

1. Apa itu hypnic jerks?

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidurtrendingposts.net

Hypnic jerks merupakan kontraksi yang tiba-tiba muncul pada sebagian besar otot tubuh (terutama otot aksial dan proksimal), yang terjadi pada individu selama tidur tenang. Hypnic jerks sering dikaitkan dengan sensasi tersandung, jatuh melalui ruang atau terasa seperti sengatan listrik. Fenomena ini mengacu pada kondisi hypnagogic, periode transisi antara tidur dan terjaga.

2. Kira-kira, apakah penyebab hypnic jerks?

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidurmedicalnewstoday.com

Penyebab hypnic jerks sangat beragam. Berbagai faktor seperti stres, terlalu banyak kafein dari kopi, berolahraga larut malam, keletihan, kecemasan hingga kegelisahan dianggap menjadi pemicunya.

Namun, hypnic jerks tak hanya menghinggapi orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur yang buruk. Bahkan, orang-orang yang menjalani gaya hidup sehat juga dilaporkan mengalami hypnic jerks ketika mereka tertidur.

Kejang otot saat tidur juga dapat dipengaruhi faktor lain, misalnya terpengaruh oleh suara, sentuhan, cahaya dan rangsangan eksternal lainnya. Beberapa orang dilaporkan tersentak dan disertai dengan halusinasi, sensasi jatuh, cahaya terang atau suara keras dalam kepala.

3. Dialami 60-70 persen orang, merupakan kejadian yang umum

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidurprocaffenation.com

Hypnic jerks bukan hal yang langka. Sekitar 60-70 persen orang mengalaminya, seperti yang dikutip dalam laman Live Science. Ada yang langsung terbangun ketika mengalami hypnic jerks, namun ada juga yang tetap tertidur. Hypnic jerks dapat dialami baik pria dan wanita dalam segala kategori usia.

Menurut Michelle Drerup, psikolog dan spesialis perilaku tidur dari Cleveland Clinic Sleep Disorder Center di Ohio, hypnic jerks merupakan hal yang normal dan gak perlu dikhawatirkan. Namun, jika hal ini sering terjadi dan mengganggu kualitas tidur kita, ada baiknya untuk dikonsultasikan langsung ke dokter, ya!

4. Gejala-gejala apa saja yang dialami?

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidurvaterumfrage.org

Selain tersentak atau merasakan sensasi terjatuh, orang-orang yang mengalami hypnic jerks juga dilaporkan mengalami gejala-gejala lain. Seperti misalnya detak jantung yang meningkat, pernapasan yang cepat atau memburu, berkeringat hingga mengalami mimpi tentang jatuh. Namun, gak perlu khawatir karena gejala-gejala ini tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius kok!

Baca Juga: 5 Penyebab Terjadinya Sleep Paralysis atau Ketindihan Saat Tidur

5. Hindari empat hal ini jika tak ingin mengalami hypnic jerks!

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidursleepsugar.com

Mari kita simak lebih detail mengenai faktor-faktor pemicu hypnic jerks. Berdasarkan laman Medical News Today, setidaknya ada empat penyebab, di antaranya exercise (latihan), stimultan, stres dan anxiety serta poor sleep habits (kebiasaan tidur yang buruk). Kita bahas satu per satu, yuk!

Berolahraga, khususnya yang dilakukan sebelum tidur, dapat memicu munculnya hypnic jerks. Karena merangsang tubuh, berolahraga akan menyebabkan tubuh sulit untuk rileks. Lalu, adanya stimultan seperti kafein, nikotin, pengaruh obat-obatan akan membuat kita sulit tidur dan meningkatkan frekuensi hypnic jerks.

Stres dan kecemasan juga turut memengaruhi, karena membuat otak kita sulit santai. Hal ini membuat kita lebih mudah terkejut dan lebih mudah terbangun ketika mengalami hypnic jerks. Dan yang terakhir, pola tidur tidak teratur, kurang tidur atau gangguan tidur bisa memperbesar potensi terjadinya hypnic jerks.

6. Ternyata, alkohol juga berpengaruh!

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidurmedicalnewstoday.com

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat memengaruhi kualitas tidur kita. Alkohol sendiri memiliki fungsi sebagai stimultan dan depresan. Artinya, alkohol dapat memengaruhi susunan kimia yang ada di otak dan membuat kita sulit terlelap dengan relaks. Gak heran, jika tiba-tiba kita mengalami hypnic jerks saat tertidur.

7. Bukan tanda masalah kesehatan yang serius

Yuk Cermati Fakta Hypnic Jerks! Sebuah Sensasi Terjatuh Saat Tidurblogs.discovermagazine.com

Intinya, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami hypnic jerks. Jangan menyamakan hypnic jerks dengan gangguan tidur lain yang lebih berbahaya, misalnya sleep apnea yang menyebabkan saluran pernapasan terhambat karena jaringan dan otot di tenggorokan terlalu rileks. Selain itu, hypnic jerks juga terjadi pada hitungan mikro detik dan tidak berlangsung lama, sehingga tidak terlalu mengganggu tidur.

Nah, itu tadi fakta-fakta seputar hypnic jerks. Bagaimana, apakah kamu pernah mengalaminya?

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 7 Manfaat Kalau Pola Tidurmu Teratur Setiap Hari

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You