Comscore Tracker

Camilan Lezat untuk Teman Ngeteh! Ini Resep Bikin Sus Kering Green Tea

Langsung lumer dalam sekali gigitan, lho

Kue sus merupakan warisan dari Belanda yang cukup diminati banyak orang. Ukurannya beragam, dari yang kecil hingga besar, dengan tekstur lembut dan creamy saat dimakan.

Salah satu yang disukai adalah isian green tea. Kalau kamu terbiasa beli di luar, sudah saatnya untuk bikin sendiri di rumah. Simak resepnya berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Camilan Lezat untuk Teman Ngeteh! Ini Resep Bikin Sus Kering Green Teatokopedia.com

Bahan utama:

  • 125 gram margarin
  • 150 gram tepung terigu
  • 150 ml air
  • 1 kuning telur
  • 2 butir telur
  • Garam secukupnya

Bahan krim green tea:

  • 400 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm bubuk green tea
  • 2 sdt tepung terigu
  • 1/2 sdt rum

2. Aduk tepung terigu bersama kocokan telur

Camilan Lezat untuk Teman Ngeteh! Ini Resep Bikin Sus Kering Green Teafreepik.com

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang air secukupnya. Panaskan hingga mendidih, bumbui dengan garam. Masukkan margarin, tunggu hingga meleleh dan mendidih bersama airnya. Tambahkan tepung terigu, lalu aduk hingga halus. Dinginkan adonannya.

Kemudian, ketika sudah dingin pindahkan adonan ke dalam wadah. Masukkan telur satu per satu, kocok hingga adonan tercampur menjadi satu.

Pastikan tak ada adonan yang menggumpal. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam pipping bag atau plastik segitiga.

Baca Juga: Resep Bikin Kue Sus Kering Isi Cokelat untuk Camilan di Rumah

3. Panggang adonan kue sus hingga kering dan matang

Camilan Lezat untuk Teman Ngeteh! Ini Resep Bikin Sus Kering Green Teanytimes.com

Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan baking paper dan beri sedikit olesan mentega. Kemudian, lubangi ujung plastik adonan dan semprotkan adonan tersebut di atas loyang. Bentuklah adonan sedemikian rupa hingga terlihat seperti kue sus.

Panaskan oven hingga bersuhu 150 derajat Celsius. Setelah itu, masukkan loyang yang sudah terisi adonan kue dan panggang selama 30 menit. Jika kue sus sudah terlihat kecokelatan dan kering sempurna, kamu sudah boleh mengangkatnya.

4. Isikan krim green tea ke dalam kue sus kering

Camilan Lezat untuk Teman Ngeteh! Ini Resep Bikin Sus Kering Green Teajoyfoodsunshine.com

Sambil menunggu kue sus mendingin, buatlah isian krim green tea. Siapkan sebuah wadah, lalu campurkan tepung maizena dengan susu hingga merata. Masukkan sisa susu, gula, rum, bubuk green tea, dan tepung terigu ke dalam panci. Masak hingga mengental.

Selanjutnya, campurkan adonan tepung maizena tadi ke dalamnya. Aduk-aduk hingga berubah warna menjadi hijau dan mengental seperti krim. Jika sudah, angkat dan dinginkan sebentar.

Jika kue sus dan krim green tea sudah dingin, masukkan krim ke dalam pipping bag. Lubangi bagian bawah sus, tapi jangan terlalu lebar.

Semprotkan krim green tea ke dalam sus hingga penuh, lakukan hingga sus dan krimnya habis. Sus kering green tea sudah bisa kamu nikmati, lho.

Nah, kalau sudah tahu cara bikinnya, kamu gak perlu lagi beli camilan lagi di luar. Kue sus kering buatanmu sendiri dijamin renyah dan lumer dalam sekali gigitan. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Kue Kering Keju ala Yummy, Cocok buat Camilan Keluarga di Rumah

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya