Comscore Tracker

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! 

Yuk pahami caranya biar gak mudah tertipu!

Durian merupakan buah yang bisa ditemukan di semua daerah tropis di Asia Tenggara. Durian juga dikenal sebagai raja dari segala buah, atau King of Fruit. Banyak orang yang membenci karena bau yang menyengat.

Namun bagi orang-orang yang menyukai durian, buah satu ini memang menggoda untuk disantap. Apalagi beberapa hari terakhir banyak bermunculan pedagang durian di pinggir jalan.

Sebelum membeli durian dan membawanya pulang ke rumah, kamu harus memahami cara memilih dengan benar agar tak tertipu. Setelahnya, cari tahu juga cara membelah durian yang aman dan praktis.

1. Cium aroma durian

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! forbes.com

Hal pertama yang paling terasa adalah aromanya. Durian matang punya aroma yang harum meski kulitnya masih tertutup rapat.

Jauhkan dulu buah yang kamu pilih dari tumpukan durian supaya tidak tertipu. Kalau aroma manisnya tetap terasa, sudah dipastikan durianmu itu matang.

2. Perhatikan dengan seksama bentuk durian

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! ricemedia.co

Sekilas durian punya banyak warna seperti kuning, hijau, oranye, cokelat, dan sebagainya. Warna tersebut tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan durian matang. Cara paling ampuh adalah melihat bentuk buahnya.

Usahakan memilih durian yang bulat, bukan lonjong. Buah berbentuk bulat menandakan dagingnya pasti melimpah. Sedangkan durian yang berbentuknya lonjong cenderung memiliki isi daging yang lebih sedikit.

3. Lihat tangkai durian

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! benimmulku.com

Durian matang di pohon atau tidak bisa dibedakan dari tangkainya. Kalau ada tanda bekas potongan, durian tersebut berarti tidak masak pohon. Meski sama-sama lezat, durian masak pohon lebih terasa ketimbang proses pengeraman.

Tangkai durian bisa menunjukkan kualitas daging di dalamnya. Sebaiknya pilih tangkai yang tebal dan pendek. Biasanya daging duriannya tebal dan banyak. Atau, coba cicipi ujung tangkai durian. Jika terasa manis, dipastikan durian tersebut sudah matang dan siap disantap.

4. Duri menentukan tingkat kematangan

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! Youtube.com/jasontown

Bentuk fisik yang bisa diperhatikan selanjutnya adalah duri. Buah durian yang manis memiliki duri pendek dan jarang. Kalau masih rapat, itu tanda buah belum matang.

Baca Juga: 10 Jenis Durian Paling Populer Ini Wajib Masuk List Kulineranmu

5. Ketuk dan dengar bunyi durian

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! matadornetwork.com

Mungkin kita heran ketika penjual mengetuk durian dengan pisaunya. Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan untuk menguji durian sudah matang atau belum. 

Jika suaranya terdengar nyaring, jangan mau membelah durian tersebut. Karena kalau sudah matang, bunyinya akan sedikit teredam.

6. Jangan pilih durian yang sudah terbelah

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! geographical.co.uk

Hal lain yang diperhatikan adalah kulit durian apakah sudah terbelah atau belum. Walaupun sudah pasti manis, dagingnya tidak akan sesegar yang masih tertutup rapat. Sebab, dagingnya sudah terkontaminasi debu atau udara kotor. 

7. Tips membelah durian

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! washingtonpost.com

Bagi kalian yang membeli durian untuk dibawa pulang biasanya kesulitan untuk membuka. Ada beberapa cara untuk melakukannya dengan mudah. Pertama, letakkan durian di lantai yang sudah diberi alas kain. Lalu, goreskan pisau tajam pada kulit durian dengan mengikuti bagian seratnya.

Tidak perlu dalam-dalam memotongnya, cukup sekitar 10 inci saja. Tahan durian agar tidak goyang dengan telapak tangan atau dengkul. Disarankan menggunakan sarung tangan atau kain tebal agar tak terluka.

Cara Memilih Durian dan Teknik Membelahnya, Lagi Musim Nih! fall.li

Saat kulit durian sudah terbuka, gunakan kedua jari tangan kanan dan kiri untuk menarik bagian luarnya. Gunakan pisaumu untuk membuka bagian daging buah yang tersembunyi. Kamu juga bisa menggunakan telapak tangan dengan mendorong bagian seratnya ke bawah.

Itulah cara mudah memilih dan membelah durian. Semoga tips di atas membantu kalian menikmati King of Fruits tanpa harus kesulitan terlebih dulu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Memotong dan Makan Durian yang Benar, Rasanya Aneh kalau Salah

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya