Comscore Tracker

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Ini

Ada yang warnanya hitam, lho

Buat kamu yang belum tahu, ternyata makanan tradisional khas Indonesia, yakni onde-onde, ada juga lho di beberapa negara lain di dunia ini. Nah, hebatnya lagi, onde-onde terpilih sebagai "World's 50 Best Desserts" versi CNN Travel.

Awalnya, onde-onde sudah ada sejak zaman dinasti Tang di Xian, Tiongkok. Akhirnya pendatang di sana membawa kudapan tersebut hingga berkembang ke berbagai negara di Asia.

Makanya selain Indonesia, ada banyak variasi onde-onde di seluruh dunia. Seperti beberapa di bawah ini.

1. Tiongkok

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Inichicken.ca

Di negara asalnya, onde-onde lebih dikenal sebagai sesame balls. Salah satu daerah terbaik untuk menemukannya terletak di Jian Dui. Di sana, sesame balls kerap dihadirkan untuk memeriahkan acara spesial, seperti Imlek.

Bagi mereka, onde-onde merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak makna. Bentuknya yang bulat melambangkan keutuhan, persatuan, dan harmonisasi keluarga. Selain itu, onde-onde juga melambangkan keseimbangan alam, yakni yin dan yang.

Secara umum, cara pembuatannya pun sama saja seperti yang kita tahu di Indonesia. Terbuat dari tepung beras dengan beberapa macam isian, seperti cokelat, kacang, dan semacamnya.

2. Indonesia

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Iniid.tastemade.com

Di Indonesia sendiri, onde-onde sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit. Salah satu kota yang terkenal dengan onde-ondenya adalah Mojekerto. Di sana, kamu bisa menemukan onde-onde gandum dengan permukaan berwana-warni.

Gak sulit menemukan onde-onde, terutama di berbagai pasar. Bahkan dulu sebelum maraknya kuliner kekinian, banyak orang berjualan onde-onde keliling.

Pada umumnya, onde-onde di Indonesia berisi kacang hijau, keju, dan kacang tanah. Ada onde-onde kering, ada pula yang basah.

3. India

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Ini.kannammacooks.com

Di India, onde-onde tampak seperti bola tanah liat, karena berwarna cokelat. Namanya cukup unik, yakni ellu urundai atau ellurundai yang berarti bola wijen.

Meski demikian, bahan pembuatannya tak berbeda jauh, yakni biji wijen, kacang, jaggery, dan kelapa parut segar. Pembedanya terdapat pada pilihan biji wijennya yang menggunakan warna hitam. Ellu urundai terkenal sangat manis dengan beragam isian seperti jaggery, gula, atau sirup glukosa.

4. Malaysia

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Iniasa.my

Selain nama, sekilas tak ada yang berbeda dengan onde-onde di Malaysia. Mereka menyebutnya dengan kuih bom, agak ngeri ya kalau diartikan dalam bahasa kita? Cara membuatnya mirip, yakni menggunakan tepung gandum.

Adanya pengaruh etnis India membuat onde-onde hitam khas mereka juga populer di sini. Siapa yang sudah pernah mencoba kuih bom di Malaysia?

Baca Juga: Dianggap Asal Singapura, Ini Lho Sejarah Cendol Khas Indonesia

5. Vietnam

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Inithuysvietkitchen.com

Bánh cam atau onde-onde khas Vietnam ini cukup spesial karena menggunakan gula. Setelah selesai digoreng, mereka menambahkan lapisan gula (karamel) pada permukaannya. Namun, bentuknya tidak bulat, melainkan pipih.

Isian bánh cam cukup variatif, seperti daging cincang, bihun, ubi, jamur, dan makanan khas Vietnam lainnya. Orang Vietnam biasa menyantap bánh cam bersama sayuran dan saus celup.

6. Filipina

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Iniangsarap.net

Banyaknya masyarakat Tionghoa yang berada di Filipina membuat pemukiman sendiri. Gak heran kalau ada onde-onde khas Filipina yang biasa disebut butsi  atau buchi. Uniknya, butsi menggunakan isian dari bunga teratai dan ubi ungu.

7. Jepang

Enak Mana? Selain di Indonesia, Ada Juga Lho Onde-onde di 7 Negara Iniflickr.com/yummyinthetummyblog

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan sebutan dango di Jepang? Sebuah kue berbentuk bola kecil yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Nah, untuk onde-onde sendiri, mereka menyebutnya dengan goma dango.

Goma dango merupakan perpaduan onde-onde khas Tiongkok dan India. Isiannya juga beragam, seperti keju, cokelat, kacang hijau, dan sebagainya.

Itulah beragam onde-onde dari seluruh dunia. Unik-unik dan semuanya tampak menggiurkan, kan? Mana saja yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia, Ada Onde-onde dan Cendol Lho

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya