Comscore Tracker

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Ini

Kontrol menu makanan saat lebaran, ya!

Kebanyakan orang memakan semua hidangan saat lebaran. Aksi "balas dendam" dilakukan setelah 30 hari berpuasa, menyantap apa saja tanpa memikirkan risiko kolestrol. Apalagi umumnya menu lebaran erat dengan santan dan berminyak yang sarat tinggi lemak maupun kalori.

 IDN Times punya jurus jitu untuk agar lemak tak semakin menumpuk. Mengonsumsi tujuh makanan di bawah diyakini bisa menormalkan kembali jumlah kolesterol dalam tubuh.

1. Teh hitam

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Inityposthes.gr

Penelitian yang dilakukan United States Department of Agriculture (USDA), menjelaskan konsumsi teh hitam selama tiga pekan bisa mengurangi kandungan lipid hingga 10 persen.

Selain kaya antioksidan penangkal kanker, teh hitam juga dapat menghindarkan tubuh dari risiko kenaikan kolesterol jahat. 

2. Yoghurt

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Inihellosehat.com

University of McGill di Kanada melakukan penelitian terkait konsumsi rutin yoghurt. Hasilnya, menyantap dua dosis probiotik dalam sehari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kadar HDL alias kolesterol baik dalam tubuh juga akan meningkat.

3. Oatmeal

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Inithekitchn.com

Sebuah studi membuktikan jika kadar LDL atau kolesterol jahat, bisa turun hingga 5,3 persen dengan mengonsumsi oat rutin selama enam pekan. Serat larut dalam oatmeal sangat tinggi, sehingga mudah dicerna dan menyerap kolesterol jahat. 

4. Okra

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Iniparkseed.com

Okra punya kandungan senyawa flavonoid kuersetin yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Meski dapat dimasak dan diolah menjadi makanan, tapi proses pemanasan akan menghilangkan sebagian besar senyawa di dalamnya.

Kamu bisa merendam 50 gram okra yang telah dipotong kecil ke dalam 50 miligram air (suhu ruang) selama satu jam. Setelah air berubah jadi agak berlendir, minum air rendamannya seperti biasa.

Baca Juga: 7 Makanan Praktis Ini Bisa Dibawa Saat Liburan di Bulan Ramadan, Enak!

5. Alpukat

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Initaste.com.au

Buah alpukat selama ini dikenal sebagai sumber terbaik lemak tak jenuh. Jenis lemak ini tak hanya menyehatkan jantung, tapi juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menekan LDL (kolesterol jahat) berkat kandungan beta-sitosterol di dalamnya.

Mengonsumsi alpukat bisa dipadukan dengan makanan lain, seperti Yoghurt atau kacang-kacangan.

6. Cokelat

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Inividasana.sv

American Journal of Clinical Nutrition (AJCN) menerbitkan studi tentang manfaat bubuk cokelat pada 2007 silam. Peserta yang rutin mengonsumsi bubuk cokelat selama 12 pekan, ternyata mengalami peningkatan kadar HDL atau kolesterol baik hingga 24 persen. Dark choco pahit yang minim gula merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi.

7. Bayam

Lebaran Penuh Kolesterol dan Berlemak, Atasi dengan 7 Makanan Inifoodnetwork.com

Bayam mengandung lutein yang berfungsi mencegah penyumbatan di dinding arteri serta mengontrol kadar kolesterol. Mengonsumsi daun bayam secara rutin bisa mengurangi risiko kolesterol dan penyakit jantung.

Gimana, makanan di atas mudah didapat dan praktis dikonsumsi. Selain pasti menyehatkan, makanan tersebut bisa mengurangi dampak akibat kebanyakan mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak selama Lebaran. Selamat berlebaran dengan tetap menjaga jarak ya!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya