Comscore Tracker

Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging Merah

Konsumsi daging merah bikin terhindar dari penyakit!

Daging merah menjadi sumber protein tinggi yang sangat penting untuk tubuh karena kandungan zinc, zat besi, hingga selenium, yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Kualitas daging yang baik, membuat nutrisi di dalamnya tetap terjaga seperti daging Australia yang diberi standar khusus soal peternakan hingga pengolahannya. 

Melalui kampanye #BeefUp dengan tagline "Saat kehidupan terasa berat, beef up" yang hadir di Indonesia selama Juli 2020-2021, Meat and Livestock Australia (MLA) mengenalkan kualitas, kesegaran, dan nilai gizi daging merah asal Negeri Kangguru.

Selain membahas keunikan daging merah Australia, mereka juga mengulas kandungan gizi, tips memasak, hingga cara menyimpan daging merah. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Daging merah Australia cukup unik dan rasanya lebih lezat

Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging MerahMLA Supply Chain Specialist David Carew dalam Peluncuran Kampanye #BeefUp bersama MLA. Dok. IDN Times

Setidaknya tiga hal penting yang menjelaskan keunikan daging merah dari Australia. Yakni ideal home, peace of mind, dan pure enjoyment. Maksud ideal home adalah Australia sebagai rumah yang ideal karena iklimnya cocok dan lahannya luas, sehingga sapi bisa hidup bahagia.

"Udara sejuk, air segar, cahaya matahari, hingga rerumputan hijau yang luas akan membuat sapi lebih senang," ujar MLA Supply Chain Specialist David Carew pada pertemuan virtual, Kamis (27/08/2020). 

Ada juga peace of mind yang menekankan standar keamanan pangan bermutu tinggi. Ada sistem identifikasi peternakan nasional (NLIS), sistem jaminan produksi ternak (LPA) yang telah diaudit sesuai standar, hingga kepastian halal produk dari MUI.

Terakhir, pure enjoyment yang menerangkan aneka jenis daging sehat dan lezat untuk dinikmati. Sapi tak hanya diberi makan rumput hijau, tetapi juga biji-bijian yang menghasilkan marbling atau lemak putih.

2. Pentingnya mengonsumsi daging merah secara rutin

Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging MerahPakar Nutrisi Emilia Achmadi dalam Peluncuran Kampanye #BeefUp bersama MLA (27/8). Dok. IDN Times

Daging merah mengandung omega-3, selenium, zat besi, dan zinc yang berguna untuk tubuh. "Semua kandungan daging merah bisa mencegah penyakit jantung koroner, anemia, meningkatkan hemoglobin, hingga imunitas," kata Pakar Nutrisi Emilia Achmadi. 

Meski demikian, kita tetap dianjurkan mengonsumsinya secara berlebih. Ada porsi standar, yakni hanya diperbolehkan mengonsumsi 300-500 gram daging merah setiap pekan. Sebaiknya diikuti pula dengan menjaga pola makan tetap sehat, ya!

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

3. Tips memilih dan mengolah daging merah biar

Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging MerahChef Chandra Yudasswara Cooking Demo di Peluncuran Kampanye #BeefUp MLA. Dok. IDN Times

Country Manager Indonesia MLA, Valeska, berbagi tips memilih daging merah berkualitas baik. Sebelum memasak, pilihlah daging merah yang masih segar. Jika di supermarket, langsung tanyakan pada butcher, mana daging yang baru dipotong. Selain itu warna daging harus cerah, teksturnya lembut, dan disimpan di suhu penyimpanan yang tepat.  Mengolah daging harus memperhatikan waktu dan suhunya.

"Tak perlu waktu terlalu lama mengolah daging merah, karena ada B12 yang sensitif terhadap suhu tinggi dan bisa menghilangkan nutrisinya," tutur Emilia Achmadi saat ditanya soal pengolahan daging. 

Baca Juga: 9 Ide Menu Olahan dari Sisa Daging di Rumah, Gampang Dibuat!

4. Tips memasak steik ala Chef Chandra Yudasswara

Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging MerahDok. IDN Times

Daging merah Australia sangat pas dijadikan steik. Chef Chandra Yudasswara membagikan tips cara memilih dan mengolah daging merah terbaik. Pertama, pilihlah bagian sirloin atau tenderloin. Bumbui dengan garam, lada putih, dan bubuk cabai. Pastikan daging berada di suhu kecil saat dimasak agar bisa matang merata. 

Lumuri dengan minyak zaitun sebelum dimasak. Saat di atas wajan, tambahkan mentega, bawang merah, dan bawang putih. Sebelum disajikan, resting dahulu selama 1-2 menit biar lebih lezat. 

5. Cara penyimpanan daging merah biar awet

Cara Benar dan Tepat Memilih Hingga Memasak Daging MerahDok. IDN Times

Ada baiknya membeli daging yang cukup untuk sekali masak. Tujuannya, agar kamu tak perlu menyimpan daging terlalu banyak. Kalau terpaksa, kamu bisa menyimpan daging merah di dalam freezer dengan suhu yang benar.

Simpanlah di dalam wadah tertutup, supaya tidak mengalami kontaminasi silang. Setelah dikeluarkan dari freezer, daging harus segera dimasak atau boleh disimpan kembali, karena akan membuat kualitas daging menurun.

Itu dia ringkasan tentang daging merah Australia, cara memilih dan mengolahnya dengan tepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya