Comscore Tracker

Kamu Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Daging Ayam dan Bebek

Cek tekstur dan aromanya terlebih dahulu, ya

Daging ayam dan bebek paling sering dijadikan menu sehari-hari. Rasanya enak dan cara memasaknya mudah. 

Namun, kadang kita susah membedakannya, baik yang masih mentah atau sudah matang. Biar gak salah pilih, simak beberapa perbedaan daging ayam dan bebek berikut ini!

1. Berbeda dari aroma dan cita rasanya

Kamu Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Daging Ayam dan Bebekistockphoto.com

Saat membeli, kedua daging ini sekilas terlihat serupa. Namun, kamu bisa mengetahui perbedaannya dari aroma dan cita rasanya. Untuk daging bebek, aromanya agak amis seperti seafood.

Namun, saat sudah dimasak dan diolah dengan benar, bau tersebut akan hilang. Rasa daging bebek lebih gurih, karena kadar lemaknya lebih banyak dari ayam.

Sedangkan, daging ayam cenderung tidak berbau dan rasanya bergantung dari cara mengolahnya. Hal ini berlaku untuk ayam biasa atau ayam kampung.

2. Perbedaan dari segi penampilannya

Kamu Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Daging Ayam dan Bebekpetfoodprocessing.net

Ketika masih dalam keadaan mentah, tampilan kedua daging ini cukup berbeda. Bebek cenderung memiliki daging yang lebih kurus atau lebih kecil. Cobalah sandingkan dengan daging ayam, bakal terlihat lebih kecil.

Namun, yang agak susah membedakan adalah daging bebek dengan daging ayam kampung. Keduanya berukuran serupa, ramping, dan kecil. Cara paling mudah membedakannya melalui bagian kulitnya.

Kulit daging bebek cenderung lebih berminyak daripada daging ayam kampung. Itu sebabnya saat digoreng kering, kulit bebek jauh lebih krispi, karena lemaknya cukup banyak. Berbeda dengan daging ayam kampung yang kulitnya terasa halus.

Baca Juga: Beda Pancake dan Waffle yang Sering Dianggap Sama, Kamu Sudah Tahu?

3. Kandungan gizi yang ternyata tak sama

Kamu Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Daging Ayam dan Bebeksiliconprairienews.com

Kedua daging ini bisa memenuhi kebutuhan harianmu, mulai dari mengandung zat besi, fosfor, dan vitamin. Maka dari itu, kita selalu dianjurkan mengonsumsi dua jenis protein ini.

Dalam satu ons daging ayam segar terdapat sebanyak 172 kalori. Kadar lemaknya pun tak terlalu tinggi, hanya sekitar 9 gram saja. Sedangkan, lemak jenuh salam satu porsi daging ayam hanya mencapai 2,7 gram saja.

Kamu Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Daging Ayam dan Bebekchicagowholesalemeats.com

Sementara itu, kadar kalori daging bebek lebih tinggi, yakni sekitar 211 kkal. Begitu pula dengan lemaknya, mencapai 15 gram. Selain itu, lemak jenuh dalam satu porsi daging bebek bisa mencapai 5 gram.

Dengan begitu, daging bebek bisa menimbulkan kolesterol jika terlalu banyak mengonsumsinya. Namun, mineral daging bebek bisa memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan zat besi harianmu, lho. Tak selamanya daging bebek itu gak baik.

4. Tekstur kedua daging yang berbeda

Kamu Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Daging Ayam dan Bebekfreeimages.co.uk

Setelah kedua daging ini diolah dengan baik, kamu bisa menemukan perbedaan dari teksturnya. Daging ayam memiliki daging yang lebih tebal dari daging bebek. Bahkan, lebih juicy dan cenderung tidak susah saat dipotong.

Sedangkan, kapasitas daging bebek tak sebanyak daging ayam. Kalau salah mengolah, teksturnya bisa langsung berubah jadi seperti karet. Hal ini disebabkan karena daging bebek memiliki otot yang lebih kuat dan banyak.

Itulah beberapa perbedaan dari daging ayam dan bebek yang perlu kamu ketahui, biar gak salah beli. Mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: Beda Kepiting dan Rajungan yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Beli

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya