Comscore Tracker

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Ini

Mau makan sehat gak harus mahal, kok

Makanan bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar yang seringkali gak kita sadari. Ada makanan utama, camilan, makanan khusus, dan lain-lain.

Belakangan ini semakin banyak orang sadar soal pentingnya makan makanan sehat. Hanya saja, terkendala harganya yang relatif mahal.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan makanan sehat dengan harga murah. Di antaranya seperti beberapa berikut ini.

1. Beli dalam jumlah besar

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Inionegoodthingbyjillee.com

Membeli makanan dalam jumlah besar mungkin terlihat boros di awal. Tapi tahukah kamu,  membeli makanan dalam jumlah besar justru akan menghemat biaya dalam jangka panjang.

Pertimbangkan membeli makanan dalam jumlah besar seperti minyak, susu, beras, gula, garam, dan makanan lainnya yang pasti dibutuhkan. Tak cepat basi pula. 

2. Hindari makanan olahan

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Iniwellandgood.com

Buat kamu yang sering membeli makan di luar rumah, sebaiknya mulai kurangi ya! Meski bertujuan untuk membeli makanan sehat, seperti salad atau makanan beku di suatu tempat, tetapi hal ini justru membuat kita mengeluarkan biaya lebih, lho.

Hindari pula membeli makanan olahan, seperti junk food yang justru akan membahayakan kesehatan dan isi dompetmu. 

3. Beli potongan daging yang lebih murah

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Inirachaelrayshow.com

Makan sehat dengan biaya hemat bukan berarti tidak bisa menikmati daging. Kamu bisa membeli daging dengan memilih potongan yang lebih murah. Misalnya membeli bagian potongan dada, iga pendek, atau dalam bentuk steik.

4. Belanja di pasar tradisional

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Iniflickr.com

Kalau kamu terbiasa membeli stok makanan di supermarket, sebaiknya biasakan untuk berbelanja di pasar tradisional. Harganya lebih terjangkau dan bisa ditawar, jadi lebih hemat, deh. Kualitasnya pun bagus, kok.

5. Manfaatkan sisa makanan

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Ininatashaskitchen.com

Cara baik untuk memanfaatkan sisa makanan, seperti tulang ayam atau sapi, adalah dimasak menjadi kaldu. Selain bisa membuat rasa kaldu lebih kuat, kita juga turut mengurangi sampah di lingkungan.

Membuat kaldu dengan tulang atau sisa potongan ayam dan daging sapi adalah cara yang hemat. Kamu bisa mengumpulkan tulang ayam yang disimpan dalam plastik, lalu masukkan ke dalam freezer untuk digunakan sewaktu-waktu.

6. Membuat makanan sendiri di rumah

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Inimotherbabychild.com

Kalau biasanya jajan di luar atau membeli makanan di restoran, lebih baik jika memasak makanan sendiri di rumah. Selain lebih hemat biaya, memasak makanan di rumah juga akan menghindarkan kita dari zat buatan atau bahan tambahan dalam makanan olahan. 

7. Manfaatkan kupon atau diskon

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Initheinscribermag.com

Bukan berarti kita tak boleh berbelanja di supermarket. Biasanya berbagai supermarket memberikan diskon tertentu di hari-hari tertentu atau dengan metode pembayaran khusus.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan harga yang lebih murah, deh!

8. Menanam sayuran sendiri di halaman rumah

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Iniyourstrulyorganics.com

Punya hobi menanam atau punya lahan kosong di rumah? Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menanam sayuran.

Belilah bibit sayuran, seperti sawi, bayam, selada atau lainnya, yang kamu butuhkan untuk makanan sehari-hari. Selain lebih hemat, menanam sayuran sendiri akan membuat halaman rumah lebih enak dipandang.

Kamu bisa memanfaatkan botol bekas atau kaleng bekas makanan sebagai potnya. Atau menanamnya langsung di tanah yang subur. Lebih hemat dan lebih sehat!

9. Siapkan stok camilan di rumah

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Inieatathomecooks.com

Camilan bisa menjadi salah satu pengeluaran yang membuat keuangan menjadi boros. Daripada membiasakan jajan di luar, lebih baik stok camilan sehat di rumah.

Caranya beli camilan sehat favoritmu dalam jumlah banyak dan bagi ke dalam beberapa stoples makanan. Kamu bisa mengaturnya, stoples mana untuk stok di rumah, di kantor, atau dibawa saat traveling. 

10. Konsumsi makanan bebas daging

Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Inigoodfood.com.au

Terlalu sering membeli daging juga bisa membuat kita lebih boros. Sebaiknya kurangi mengonsumsi daging-dagingan, dan mulailah mengonsumsi sumber nabati yang penuh nutrisi. Kamu bisa membatasi makan daging dalam waktu sepekan sekali. 

Untuk makanan bebas daging, kamu bisa mendapatkan nutrisi dari salad, kacang-kacangan, beras merah, dan lain-lain. Tetap sehat tanpa bikin kantong kering.

Nah, itulah beberapa cara dan tips mengonsumsi makanan sehat dengan lebih hemat. Badan sehat, dompet pun gak sekarat, ya kan?

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 12 Makanan Sehat dan yang Harus Dihindari Berdasarkan Zodiak, Cek Ya!

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You