Comscore Tracker

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini 

#RamadanDiRumah Gak cuma air putih doang, lho

Menjaga cairan tubuh saat berpuasa sangat penting, sebab selama 13 jam penuh tubuh menjadi dehidrasi. Cairan sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama berpuasa.

Sumber cairan yang disarankan adalah air putih. Tapi ada beberapa alternatif lain agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang puasa. Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa menghidrasi tubuh selama berpuasa. 

1. Semangka

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini healthline.com

Buah semangka mengandung 92 persen air. Ada juga sejumlah mineral, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut berfungsi menghidrasi tubuh. Sehingga, buah ini bisa menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa. 

2. Susu segar

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini foodnavigator.com

Susu segar bisa menjadi sumber menyelesaikan dehidrasi. Susu mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium dan mineral. Kamu bisa mengonsumsinya saat sahur, atau buka puasa. Misalnya dikonsumsi dengan semangkuk sereal. 

3. Smoothie

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini foodnetwork.com

Sumber hidrasi tubuh lain adalah smoothie. Gunakan beberapa buah yang mengandung tinggi air seperti semangka, melon, atau jeruk. Minuman ini akan membuat kamu terhidrasi selama berpuasa. 

Selain buah, kamu juga bisa menggunakan sayuran hijau, seperti selada dan tomat, yang bisa diolah menjadi smoothie. 

4. Sup

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini foodnetwork.com

Makanan yang hangat dan berkuah seperti sup, sangat membantu tubuh terhidrasi saat berpuasa. Disarankan konsumsi sup bening dibanding sup krim. Sup dengan aneka sayuran seperti wortel, seledri, dan buncis, menjadi pilihak enak. Lengkapi dengan daging ayam atau sapi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Minuman Manis dan Segar untuk Buka Puasa

5. Air kelapa

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini shape.com

Air kelapa sangat bermanfaat menghidrasi tubuh karena kandungan sodium yang tinggi namun rendah karbohidrat. Air dari buah kelapa sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka, ion tubuh yang hilang setelah berpuasa bisa tergantikan.

6. Blewah

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini instagram.com/gofruit.id

Saat Ramadan, buah ini menjadi incaran banyak orang. Selain rasanya enak dan segar, blewah bisa mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa.

Buah ini mengandung air sebanyak 90 persen serta tinggi vitamin A dan C. Buah ini juga dapat melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan.

7. Timun

Tubuh Kamu Dehidrasi Saat Puasa? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini womenshealt.com

Sama seperti semangka, timun juga mengandung 95 persen air. Timun tinggi vitamin C, vitamin K, dan kalium, untuk membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang puasa. Timun juga bisa dikonsumsi bagi kamu yang melaksanakan program diet, mengingat kandungannya yang rendah kalori. 

Demikian makanan dan minuman yang bisa membantu kamu menghindari dehidrasi saat berpuasa. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Makanan yang Bikin Cepat Lapar, Sebaiknya Hindari Saat Sahur

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya