Comscore Tracker

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!

Cocok buat lomba tumpeng saat Tujuh Belasan nanti

Tumpeng termasuk sajian khas masyarakat Indonesia saat ritual atau syukuran. Tumpeng juga sudah hadir sejak zaman kerajaan Hindu di Indonesia. Makanan tumpeng dikenal karena berbagai lauk pauk yang disajikan mengelilingi nasi kuning berbentuk kerucut. Terkadang nasi kuning di tumpeng bisa digantikan oleh nasi putih biasa atau nasi uduk.

Bukan hanya lauk pauk yang tersusun rapi, tapi tak ketinggalan sayuran juga menghiasi sajian tumpeng. Agar sayuran menjadi garnish yang menarik, kiranya diperlukan dekorasi dengan membentuknya sebagai sebuah seni atau yang biasa disebut carving vegetables. Dengan begitu, nilai estetis dan harga jual tumpeng makin meningkat.

1. Kelopak mawar dari kulit tomat

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/herningskitchen

Untuk membuat bunga mawar dari kulit tomat, pastikan sudah dicuci hingga bersih. Setelah itu, kupas kulit tomat dengan pisau secara melingkar, sehingga menjadi lembaran tipis.

Gunakan pisau tajam dan jangan sampai terputus. Selanjutnya, gulung kulit tomat hingga membentuk bunga mawar. Kamu bisa menyusunnya di sekeliling tumpeng. 

2. Bunga mawar dari wortel

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/connydiasty

Bersihkan wortel, lalu iris bulat tipis. Setelah itu, rendam dalam air garam selama 5-10 menit agar wortel layu. Setelah direndam, tiriskan dan keringkan wortel dengan tisu. Susun irisan wortel secara memanjang, lalu gulung ke arah dalam dari ujung ke ujung secara perlahan.

Tusuk bagian samping depan hingga belakang dengan lidi, kemudian tusuk bagian samping kanan hingga kiri. Lalu buka kelopak satu per satu hingga menjadi bentuk bunga yang mekar. 

Baca Juga: Tak Sembarang, Ternyata 10 Bagian Tumpeng Punya Filosofi dan Bermakna

3. Kelopak bunga dari cabai merah

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/yummy

Untuk membuat kelopak bunga yang bagus, gunakan cabai merah besar dan panjang. Sebaiknya pilih cabai yang masih bertangkai, kemudian belah menjadi dua bagian. 

Robek dengan ujung pisau dari bagian bawah cabai hingga ke atas, tetapi jangan sampai putus. Gunting sisi lainnya secara bergantian.

Ulangi terus hingga membentuk kelopak bunga. Untuk bijinya, kamu bisa membuangnya dengan cara direndam sebentar di dalam air biar lebih cantik. 

4. Bunga dari timun

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/cinderalascatering

Cuci timun hingga bersih lalu potong menjadi dua bagian. Selanjutnya, buat potongan tipis dari bagian atas hingga bagian dasar timun.

Kemudian belah menjadi bentuk kelopak bunga yang mekar. Potong bagian tengah yang berisi biji timun. Terakhir, sempurnakan bentuk kelopak dengan dipotong secara diagonal.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Enak, Bikin Acara Makin Meriah

5. Kipas dari timun

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/КулинарныеФантазии

Setelah timun dibersihkan, potong memanjang menjadi dua bagian. Ambil sepotong timun, lalu kupas sedikit bagian permukaan kulitnya. Setelah itu, iris-iris tipis dengan posisi miring.

Selanjutnya, ambil timun yang sudah diiris, lalu tumpuk dan potong menjadi dua bagian. Terakhir, lebarkan irisan tersebut hingga membentuk seperti kipas tangan. 

6. Bunga dari lobak

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/nophykitchen

Siapkan lobak yang sudah dibersihkan. Setelah itu, kerat-kerat secara melingkar bagian atas lobak dengan pisau kecil, jangan sampai putus. Kerat-kerat hingga dasar, kemudian lepaskan dari lobak.

Selanjutnya, rendam beberapa menit supaya tetap segar. Lakukan hal yang sama hingga lobak habis. Kemudian, keringkan bunga lobak, lalu warnai bagian tengah bunga dengan pewarna makanan sesuai selera. 

7. Bunga dari pakcoy

7 Inspirasi Carving Sayuran untuk Hiasan Tumpeng, Makin Estetis Lho!youtube.com/kulinerasikpurwokerto

Siapkan pakcoy yang sudah dibersihkan, lalu potong bagian bawah batangnya. Karena setelah dipotong sudah berbentuk seperti kuncup bunga, selanjutnya tinggal dikerat-kerat untuk membentuk kelopak yang bagus.

Lakukan mulai dari lapisan luar hingga lapisan dalam batangnya. Setelah selesai, lebarkan setiap kelopak hingga membentuk menjadi bunga. 

Nah, itu dia inspirasi membuat hiasan tumpeng yang unik dan menarik dengan metode carving vegetables. Setelah nilai estetis tumpeng bertambah, tentunya harganya juga makin meningkat bagi yang berniat menjualnya kembali. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Memasak Tumpeng yang Enak, Beserta Tips Menghiasnya

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya